close

√ Contoh Teks Pidato

Daftar Isi

contoh teks pidato
Pengaruh media sosial terhadap pelajar

Berikut yakni teladan pidato mengenai dampak media umum kepada pelajar:

  Book : Artificial Intelligence Milenial

Salam pembuka

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Selamat siang, ibu & sahabat-sahabat semua.

Pembukaan

Puji syukur kita ucapkan ke hadirat Allah SWT, sebab atas berkat & rahmat-Nya kita mampu diizinkan berkumpul di sekolah tersayang pada pagi hari ini. Salawat & salam pula kita iringkan pada Rasulullah SAW yg telah membimbing kita umatnya menuju jalan kebenaran dr cengkeraman masa-masa jahiliyah.

Yang terhormat Kepala Sekolah Menengan Atas 2. Yang saya hormati, Bapak/Ibu majelis guru & jajaran staf tata usaha. Selanjutnya, sobat-teman, kakak, adik, & rekan seperjuangan yg saya sayangi.

Isi

Zaman sekarang ini rasanya tak ada orang yg tak kenal sosial media. Bangun pagi bukannya beribadah & pribadi mandi, malah scroll sosmed. Di mana-mana selfie, alasannya buat konten sosmed. Saking pentingnya sosmed ini, berguru hingga tertinggal. Biar tak makan, yg penting konten jalan.

Sekali-kali jangan begitu, sahabat-sahabat! Itu yaitu hal yg tak baik untuk dilakukan. Kita sebagai pelajar tak boleh lupa dgn kewajiban kita untuk mencar ilmu. Jangan biarkan sosial media mengalihkan perhatian kita sepenuhnya.

Boleh bikin konten, asal jangan lupa membuatPR. Boleh live Instagram, asal jangan lupa baca Quran. Ingatlah sobat-sobat, bahwa segala sesuatu yg berlebihan itu tak baik & hanya akan membawa hal-hal buruk bagi kita.

Penutup

Begitulah hendaknya kita menggunakan sosial media selaku seorang pelajar. Gunakanlah seperlunya & seperlunya.

Baiklah sobat-sobat, sekian saja pidato yg mampu saya sampaikan. Jika ada kesalahan, saya mohon maaf.

Salam penutup

Akhir kata, wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Pembahasan

Pidato adalah kegiatan mengatakan di depan orang banyak untuk menyampaikan gagasan-gagasan tertentu & mengajak para pendengarnya untuk melaksanakan sesuatu dgn bahasa yg baik.

  Keadaan Sosial Myanmar

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi ihwal pidato singkat dgn tema cowok unggul https://sosiologiku.com/tugas/17194272
  2. Materi perihal tujuan pidato persuasif https://sosiologiku.com/peran/4945634
  3. Materi wacana pidato persuasif perihal kebersihan sekolah https://sosiologiku.com/tugas/12006106

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Pidato

Kode: 7.1.10

#AyoBelajar

(1)Internet sudah banyak menolong manusia dlm segala komponen kehidupan sehingga interne memiliki andil sarat dlm kehidupan social. Dengan adanya internet, apa pun mampu kita kerjakan baik hal aktual maupun hal negative. Sebagai media komunikasi, internet mampu dipakai unuk berkomunikasi dgn pengguna lainnya di seluruh dunia.
(2) Keberadaan internet menunjukkan manfaat faktual bagi dunia keterangan, namun banyak pula dampak negatifnya. Banyak siswa yg menerima ilmu dgn pinjaman internet. Bahkan, peran-peran sekolah pun kini terasa lebih mudah dgn mencarinya di internet. Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan dampak pada pelajar. Ada efek konkret, tetapi ada pula efek negatif internet, bagaikan mata uang dgn dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
(3) Banyak manfaat positif yg mampu diperoleh siswa dr internet kalau dipakai dengan-cara bijak. Namun, tidak sedikit pula efek negatif yg ditimbulkan internet. Berikut ini beberapa berita, baik televisi maupun Koran melansir adanya penculikan anak atau perkara pelarian anak di bawah umur yg berawal dr situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yg gampang percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.
(4) Diharapkan semua pihak, baik orang bau tanah, guru, pemerintah maupun siswa untuk tolong-menolong menghalangi pengaruh -efek negatif yg ditimbulkan dr internet. Pemerintah dibutuhkan dapat lebih mengamati anaknya semoga anak dapat terus terpantau & tak terjerumus ke dlm hal-hal yg tak baik.
7. Teks tersebut termasuk teks…. *
4 poin
a. respon
b. diskusi
c. pidato persuasif
d. narasi

Pertanyaan ini wajib diisi
8. Struktur yg membangun paragraf 1 ialah…. *
4 poin
a. isu
b. argumen mendukung
c. argumen menentang
d. kesimpulan
9. Struktur yg membangun paragraf 3 yakni… *
4 poin
a. isu
b. argumen mendukung
c. argumen menentang
d. kesimpulan
10. Struktur yg membangun paragraf 4 yakni… *
4 poin
a. isu
b. argumen mendukung
c. argumen menentang
d. kesimpulan
11. Saran penulis perihal masalah pekerjaan rumah, yakni… *
4 poin
a. Siswa tak mesti diberi pekerjaan rumah.
b. Pekerjaan rumah harus diberikan pada selesai pekan.
c. Pekerjaan rumah adalah sia-sia.
d. Pekerjaan rumah sangat dibutuhkan.
12. Di segi lain, mereka jujur mengakui bahwa beberapa program televisi dapat membahayakan mental anak. Antonim dr kata jujur yakni… *
4 poin
a. ahli
b. benar
c. curang
d. tulus​

Jawaban:

7.a

8.b

9.b

10.c

11.d

12.b