close

√ Kemukakan Tujuan Jepang Membentuk BPUPKI

kemukakan tujuan jepang membentuk BPUPKI

tujuannya ialah Sebagai realisasi kesepakatan pemberian kemerdekaan pada Indonesia kelak dikemudian hari. Dengan maksud untuk meminimalkan perlwanan rakyat, menawan simpati rakyat Indonesia atau agar rakyat Indonesia bersedia membantu Jepang dlm perang Pasifik melawan Sekutu.

Kemukakan alasan terbentuknya kalangan sosial dlm masyarakat

Jawaban:

1. Faktor kepentingan yg sama

Dengan adanya dasar utama yakni kesamaan kepentingan maka golongan sosial ini akan bekerja sama demi meraih kepentingan yg sama tersebut.

2. Faktor kesamaan darah/keturunan

Sebuah golongan sosial yg terbentuk atas dasar persamaan keturunan lazimnya orientasinya yakni untuk menyambung tali persaudaraan, sehingga masing-masing anggotanya akan saling berkomitmen untuk tetap aktif dlm kalangan sosial ini untuk menjaga tali persaudaraan biar tak terputus.

3. faktor geografis

Kelompok tersusun atas individu-individu yg saling berinteraksi. Semakin dekat jarak geografis antara dua orang, kian mungkin mereka saling melihat, mengatakan, & bersosialisasi. Singkatnya, kedekatan fisik mengembangkan kesempatan interaksi & bentuk kegiatan bareng yg memungkinkan terbentuknya kelompok sosial. Kaprikornus, kedekatan menumbuhkan interaksi, yg memainkan peranan penting terhadap terbentuknya kalangan pertemanan.

4. aspek kesamaan kawasan asal

Ketika seseorang merantau ke sebuah tempat & berjumpa dgn orang yg sama-sama merantau & berasal dr tempat yg sama, maka orang tersebut merasa ada ikatan batin, walaupun semula belum saling mengenal tatkala masih di kawasan asal.

  √ Jelaskan Sikap Kritis Terhadap Pengaruh Perubahan Sosial Budaya

Kemukakan Organisasi-Organisasi yg pernah didiran pemerintah jepang di indonesia

seinendan(barisan cowok di bentuk 9 maret 1943)

keibodan(pembantu polisi di bentuk 29maret 1943)

Gakukotai (laskar pelajar)

shusinthai(barisan pelopor)

jawa hokokai( himpunan kebaktian rakyat jawa)

PUTERA
gerakan 3A
PETA
heiho
fujinkai

Kemukakan tujuan jepang membentuk organisasi yg bersifat sosial kemasyarakatan

Tujuan jepang membentuk organisasi yg bersifat sosial kemasyarakatan adalah untuk menarik simpati pemimpin indonesia & rakyat indonesia ketika itu serta organisasi tersebut ikut menolong jepang pada saat pasukan jepang menghadapi pasukan sekutu.

Pembahasan

Negara jepang menjajah indonesia pada tahun 1942 sehabis hindia belanda menyerah & melepaskan kekuasaannya dr indonesia. Jepang mengakibatkan indonesia sentra atau markas besar militernya di asia tenggara karena jepang mengetahui sumber daya yg melimpah terdapat di indonesia. Untuk meyakinkan & menarik hati rakyat indonesia jepang melakukan beberapa kebijakan dgn maksud untuk menguntungkan jepang nantinya.

Beberapa kebijakan jepang yaitu sebagai berikut : jepang memperbolehkan bendera indonesia saat itu untuk dikibarkan, lalu lagu indonesia raya diperbolekan untuk diperdengarkan & dinyanyikan oleh rakyat indonesia, serta bahasa indonesia bisa digunakan rakyat indonesia pada dikala itu,dan yg terakhir jepang membentuk banyak sekali organisasi untuk rakyat indonesia

Beberapa organisasi yg jepang dirikan untuk rakyat indonesia yaitu

1. Gerakan 3A ini yaitu organisasi yg pertama kali didirikan jepang di       indonesia,  organisasi ini diketuai oleh  Mr. Syamsuddin pada tahun 1942

2. Majelis Islam A’la Indonesia (MIAI) didirikanjepang pada tahun 1943 & diketuai oleh  K.H Hasyim Asy’ari, menjadi organisasi Islam pertama yg dibentuk oleh  pemerintahJepang.

3.  Organisasi Pusat Tenaga Rakyat dibuat oleh jepang 1 maret tahun 1942, organisasi ini  diketuai oleh 4 tokoh indonesia yakni Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Ki Hajar  Dewantara, & K.H. Mas Mansyur.

  Berbagai Inovasi Teknologi Bisnis Sebagai Pengetahuan Sosial

4. Organisasi bentukan  jepang selanjutnya merupakan Jawa Hokokai (Himpunan Kebaktian Jawa),  pada 8 Januari 1944. Organisasi ini diketuai oleh pejabat-pejabat Jepang.

Organisasi sosial penduduk yg dibentuk jepang ada beberapa yg dibubarkan oleh jepang sebab tak berjalan dgn sesuai yg dimaksudkan oeleh jepang sehingga jepang membubarkan & menggantinya dgn organisasi lain. Jepang makin terang menjajah Indonesia sesudah sumber-sumber ekonomi dikuasai dengan-cara ketat oleh  Jepang. Pengontrolan ini dijalankan untuk kepentingan perang & pertumbuhan industri Jepang. Akhirnya setelah Hiroshima & Nagasaki di jatuhi bom Atom oleh Sekutu pada tanggal 6 Agustus & 9 Agustus 1945. Jepang mengalah tanpa syarat pada sekutu & melepaskan penjajahannya dr indonesia yg jadinya membuat indonesia mampu memproklamasikan kemerdekaannya tanggal 17 agustus 1945.

Pelajari lebih lanjut  

  • materi organisasi yg dibuat jepang https://sosiologiku.com/tugas/784350
  • bahan tujuan organisasi semimiliter bentukan jepang https://sosiologiku.com/peran/5228314

Detail jawaban  

Kelas : 11

Mapel : Sejarah

Bab : Pendudukan Jepang di Indonesia

Kode: 11.3.4

Kata Kunci : organisasi sosial kemasyarakatan, jepang

kemukakan sifat khusus negara sebagai organisasi penduduk menurut prof.miriam budiarjo

Sifat :
1. memaksa
2. monopoli
3. menyeluruh
4. permanen
5. demokratis