close

Jelaskan Tahap-tahap Sosialisasi

jelaskan tahap-tahap sosialisasi

tahap sosialisasi yakni:

  • Tahap antisipasi (preparatory stage)

Tahapan ini yakni cuilan dr permulaan tatkala seorang insan dilahirkan. Pada dikala ini, seorang anak akan mempersiapkan dirinya guna unutk mampu mengenal apa yg ad di dunia sosialnya sendiri, mirip dgn mengerti apa yg ada pada dirinya sendiri.

  • Tahap meniru (play stage)

Tahapan ini yaitu tahapan dimana seseorang mulai untuk menirukan aneka macam macam peran yg dimana dikerjakan oleh orang remaja lainnya. Biasanya dlm tahapan ini seorang anak akan menentukan orang tuanya untuk dijadikan selaku role versi dlm posisi tersebut. Oleh alasannya itu tahapan ini disebut tahap menggandakan.

  • Tahap siap bertindak (game stage)
  • Tahap penerimaan norma kolektif (generalized stage)

Pelajari lebih lanjut

1. Materi ihwal  jelaskan proses & tahap- tahap sosialisasi https://sosiologiku.com/peran/4789178

—————————–

 

Detil tanggapan

Kelas:  10

Mapel:  Sosiologi

Bab:  Bab 1 – Perubahan Sosial

Kode:  10.20.1


Kata Kunci:  Play, Sosialisasi, Stage



tahap tahap sosialisasi

1).proses sosialisasi primer
proses ini merupakan sosialisasi yg paling awal/pertama dikerjakan oleh individu dlm lingkungan keluarga.
2).proses sosialisasi sekunder
proses ini merupakan sosialisasi yg dilakukan oleh individu di luar lingkungan keluarga,mirip lingkungan sekolah,lingkungan kerja,lingkungan masyarakat ….

tahap tahap sosialisasi?

1) Tahap Persiapan (Preparatory Stage)
Pada tahap ini, seorang manusia yg lahir di dunia yg menjadi anak dr orang bau tanah mereka dilatih untuk mengenal keadaan yg terdapat di dunia. Pada tahap ini pula, seorang anak sudah mulai menjajal menjiplak peran orang akil balig cukup akal atau kiprah yg dijalankan oleh orang tuanya walaupun belum sempurna.

  Menurut Soekanto, Terdapat 3 Sistem Pelapisan Sosial Yaitu Pelapisan Sosial Tertutup, Pelapisan Sosial Terbuka , Dan Pelapisan Sosial Campuran.apakah Diera Modern Ini Sistem Pelapisan Sosial Tertutup Masih Berlaku?jelaskan Pendapatmu

2) Tahap Meniru (Play Stage)
Dalam tahap memalsukan ini, seorang anak mulai menyaksikan kiprah yg dijalankan oleh orang tuanya & kemudian, ia menjiplak peran tersebut namun ia belum mengetahui maksud & tujuannya. Mengapa ia menjiplak peran tersebut. Sebagai pola seorang anak laki-laki menjiplak kiprah yg dijalankan oleh Bapaknya yakni menyetir mobil.

3) Tahap Siap Bertindak (Game Stage)
Tahap ini menjelaskan bahwa seorang anak yg menjiplak kiprah orang tuanya sudah mulai mengerti bertahap maksud, makna, serta maksudnya. Serta, ia sudah mulai menghemat bertahap peran tersebut. Kemudian, seorang anak tersebut mulai bertindak secara perlahan-lahan untuk siap mengambil alih kiprah yg dijalankan oleh orang tuanya, & dimainkan dgn penuh kesadaran.

4) Tahap Kedewasaan (Generalized Stage)
Dalam tahap ini, seorang anak mulai tumbuh remaja & sudah bisa menggandakan peran-peran tersebut & menjalankannya dgn sarat kesadaran yg luas. Serta, mampu mengenal lebih luas kedudukan penduduk lokal.

apa tahap tahap sosialisasi

1) Tahap Persiapan (Preparatory Stage)
2) Tahap Meniru (Play Stage)
.3) Tahap Siap Bertindak (Game Stage)
.4) Tahap Kedewasaan (Generalized Stage)

sebutkan tahap tahap sosialisasi

1.tahap menjiplak
2. tahap siap bertindak 
3. tahap penerimaaan norma kolektif