close

Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan ?

– Indonesia memang populer dgn keberagaman masyarakatnya. Lalu Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan antar masyarakat yg beragam ?

Agar tak terjadinya sebuah perpecahan, pertengkaran, konflik yg berujung pada retaknya hubungan harmonis antar penduduk .

Mari simak pembahasan & ulasan dibawah ini mengenai materi & topik yg senantiasa hangat untuk diperbincangkan, yaitu menjaga kesepakatan persatuan. 

Mengenal Indonesia dlm Menjaga Persatuan

Salah satu negara di dunia yg mempunyai keunikan tersendiri perihal budaya, akhlak istiadat, tarian, agama, kepercayaan, keyakinan masyarakat, itulah Indonesia.

Masyarakat dunia bahkan takjub dgn keindahan yg bermacam-macam di Indonesia. Namun, hingga pada dikala ini masih terjaga dgn baik hubungan sesama warganya.

Walupun hidup dlm perbedaan-perbedaan yg acap kali menenteng pada perpecahan antar sesama anggota masyarakat, golongan, & maupun antar individu.

Akibat adanya kesalahpahaman, perbedaan pandangan, perbedaan opsi politik, & berbagai perbedaan yg menciptakan setiap orang meletakkan kecurigaan.

Namun, hingga pada dikala sekarang, keberagaman ini masih sangat menempel pada masyarakat Indonesia, baik yg tinggal dlm lingkungan kota hingga di daerah pedesaan.

Masyarakatnya masih hidup berdampingan dlm bingkai yg berlawanan-beda. Tetapi, masih menjunjung tinggi rasa kekeluargaan, kebersamaan, & nilai serta norma lainnya.

  15 Contoh Tindakan Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Hingga menciptakan Indonesia masih mampu menjaga persatuan & kesatuan antar sesama anggota masyarakatnya.

Apalagi dgn adanya fatwa dasar atau pedoman dasar untuk bernegara & berbangsa yg dirumuskan atau dituangkan dlm empat pilar kebangsaan.

Yaitu mulai dr Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, & Bhinneka Tunggal Ika. Inilah pedoman yg sudah menjadi darah daging setiap individu dlm menjalankan kegiatan rutin sehari harinya.

Baik itu dlm proses sosial & hubungan yg menjalin komunikasi, interaksi serta proses sosial yang lain di dlm kehidupan masyarakat sehari-harinya. 

Oleh alasannya adalah itu, setiap orang mestinya mampu memaknai nilai persatuan yg sudah disepakati oleh Bangsa Indonesia. 

Dimana persatuan ini yg mengandung makna perjuangan masyarakat untuk menuju ke arah bersatu di dlm kedaulatan rakyat.

Sebagai upaya untuk membina setiap orang semoga menumbuhkan rasa nasionalisme dlm dirinya masing masing demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Serta setiap orang mengakui & menghargai, menghormati aneka macam perbedaan atau keberagaman yg ada pada penduduk Indonesia.

Kemudian untuk dapat memaknai persatuan & kesatuan bangsa Indonesia, ada beberapa konsep konsep dasar yg menjadi potongan penting. 

Apa saja konsep rancangan persatuan & kesatuan bangsa Indonesia itu ? Berikut ini konsep dasarnya, yakni mulai dr :

1. Persatuan

2. Kesatuan

3. Bangsa

4. Integrasi Nasional

5. Nasionalisme

6. Patriotisme

Nah persatuan memang dengan-cara sedergana diartikan selaku gabungan, ikatan, kumpulan, & sebagainya, yg mana terdiri dr beberapa potongan menjadi sesuatu yg utuh. 

Selanjutnya, persatuan pula dikonotasikan menjadi disatukannya bermacam macam corak yg beragam ke dlm suatu kebulatan yg utuh. 

Nah dlm proses untuk menjaga persatuan & kesatuan serta keutuhan Bangsa Indonesia. Jangan hingga lengah terhadap berbagai dampak.

Apalagi adanya memecah-belah serta politik yg mengancam perpecahan itu terjadi ditubuh NKRI yg masyarakatnya bermacam-macam. 

  Ada 3 Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya di Bidang Pertanian dalam Masyarakat

Oleh alasannya adalah itulah, perlu pula kita waspada, & melakukan upaya dlm menjaga Indonesia tetap pada persatuan antara sesama anggota masyarakatnya di lingkungan sekitar.

Lantas, bagaimana cara supaya setiap penduduk dapat mempertahankan & menunjukkan komitmennya terhadap persatuan bangsa Indonesia. Mari simak dibawah ini pembahasan & penjelasannya. 

Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan ?

Ada beberapa upaya yg bisa dilaksanakan dlm mempertahankan kesepakatan persatuan antar sesama masyarakat dlm keberagaman, yakni :

1. Memberikan Pilihan pada Setiap Individu Tanpa Ada Tekanan

Dengan keberagaman yg dimiliki pada setiap warga atau masyarakat di Indonesia. Maka hal utama yg menjadi penting supaya persatuan tetap tersadar.

Dan menjadi janji bersama yakni menawarkan keleluasaan setiap individu dlm menentukan opsi. 

Nah dimana untuk pilihan disini dimaksudnya perihal opsi agama, kepercayaan, budaya, serta opsi politik, setiap individu maupun kalangan anggota penduduk . 

Tidak ada intervensi maupun upaya saling mengancam, terutamanya dr kalangan dominan pada minoritas. 

Dengan cara inilah meskipun dlm keberagaman Indonesia akan tatap tersadar persatuannya, karena menghindari terjadinya pertentangan di kehidupan masyarakat.

2. Meberikan Ruang untuk Bermusyawarah

Dalam setiap penduduk yg beragam tak selalu akan hidup berdampingan, maka dlm upaya untuk menghalangi terjadinya konflik.

Perlu untuk senantiasa mengedepankan musyawarah mufakat dlm setiap pengambilan keputusan pada lingkungan penduduk .

Apalagi dgn keadaan Indonesia yg masyarakatnya beragam, menjadi penting untuk selalu mengedepankan diskusi atau musyawarah mufakat tersebut. 

3. Sikap untuk Saling Menghargai & Menghormati Setiap Perbedaan

Keberagaman yg ada pada penduduk Indonesia, memang sudah tak mampu dilepaskan dr kehidupan masyarakat.

Dengan kemajemukan inilah Indonesia menjadi dikenal dunia. Bahkan menjadi pesona dlm hal wisata. 

Nah oleh alasannya adalah itu untuk menjaga persatuan yg sudah menjadi kesepakatan bareng , penting untuk saling menawarkan rasa untuk menghargai & menghormati satu sama lainnya. 

  Dampak Politik Otoriter Mengenai Fenomena Ekonomi Politik

4. Menyadari untuk Memiliki Rasa Cinta Pada Bangsanya Sendiri

Setiap orang untuk dapat menyadari keberadaan dirinya serta senantiasa memupuk & menumbuhkan rasa cinta pada bangsa Indonesia itu sendiri.

Meskipun dlm perbedaan, alasannya adalah sudah sejak dulu perbedaan ini menjadi persatuan yg berpengaruh dlm melawan penjajahan.

5. Menumbuhkan Rasa Cinta pada Budaya Bangsa Indonesia 

Dengan keberagaman inilah, kalau ada yg ingin membuat Indonesia tak lagi menjadi negara yg majemuk.

Maka untuk tetap mempertahankan janji persatuan, maka setiap orang harusnya dapat menumbuhkan cintanya pada budaya bangsa Indonesia itu sendiri.

Karena dgn keberagaman inilah Indonesia mempunyai warisan sejarah dr para leluhur yg menjadi penting untuk dijaga & dilestarikan.

6. Tidak Terpengaruh oleh Berita Tidak Benar, Palsu, Hoax

Dengan pesatnya kemajuan ilmu wawasan & teknologi atau Iptek, sudah membawa manusia mengalami pergeseran.

Salah satunya perkembangan media umum & keterangan yg sangat mudah & cepat diakses oleh semua orang. 

Disinilah beresiko terjadinya penyebaran informasi bohong yg dapat mengadu domba sesama individu yg berlawanan-beda.

Oleh alasannya adalah itu jangan gampang terpancing, terpengaruh oleh adanya isu hoax atau tak benar, yg mempengaruhi persatuan bangsa Indonesia. 

7. Selalu Menyampaikan Informasi yg Membangun Semangat Jiwa

Perlu untuk kita sama sama mempergunakan pertumbuhan Iptek dgn menyebarkan banyak sekali informasi penting yg membangun.

Mulai dr penyampaian untuk mampu menawarkan motivasi pada penduduk , mendorong untuk senantiasa berinovasi, & berkreatifitas.

Serta mengenalkan aneka macam inovasi terbaru agar dapat mengenal serta membuatnya sehingga mampu menjadi nilai lebih.

Dengan penyebaran informasi yg merata pula mampu memberikan komitmen bersama untuk senantiasa menjaga persatuan bangsa Indonesia itu sendiri. 

8. Memberikan Peluang & Kesempatan pada Masyarakat

Nah sebagai upaya tetap berkomitmen menjaga persatuan antar penduduk . Hal inilah pula menjadi penting yaitu memperlihatkan pelung & kesempatan pada setiap orang.

Dalam hal peluang menempuh pendidikan, menerima pekerjaan yg patut, meningkatkan bisnis, & usahanya.

Serta berbagai potensi & peluang yang lain yg mestinya terus disokong oleh kehadiran pemerintah yg saling pundak membahu dgn masyarakat.

Demikianlah pembahasan & penjelasan mengenai ulasan dlm menelaah pertanyaa Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan di dlm penduduk di Indonesia.

Sumber Referensi Sosiologi.Info :

https://sumberbelajar.seamolec.org/, diakses pada Rabu, 03 Maret 2022