close

Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer

Novran Juliandri Bhakti

Bangunan Iconic Universitas Negeri Padang

Hai semuanya, gue Novran Juliandri Bhakti. Aku yakni salah satu Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP). Kita sama-sama tahu kalau Universitas Negeri Padang yakni salah satu Universitas terbaik di Sumatera & Indonesia. 

Universitas ini berlokasi di Kota Padang, lebih tepatnya di Kelurahan Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara. Lokasinya sungguh strategis bila dibandingkan Universitas Andalas, yg lokasinya tidak mengecewakan jauh dr perkotaan. 

Namun perlu dikenali pula bahwa, Universitas Negeri Padang adalah dahulunya adalah Fakultas Ilmu Pendidikan & Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas, sehingga kedua Universitas Negeri ini memiliki relasi yg sungguh bersahabat, dapat dikategorikan sebagai kakak-adik. 

Namun hal tersebut telah berlalu, UNP (Universitas Negeri Padang) telah menjadi perguruan tinggi yg berdikari & mumpuni serta mempunyai fasilitas-kemudahan yg tak kalah mahir dr Universitas Andalas. 

Kini Universitas Negeri Padang sudah berbenah menjadi suatu Universitas Pendidikan yg bergengsi, sama halnya dgn Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, & Universitas Negeri Yogyakarta.

Dahulu sewaktu masih berbentuk fakultas, pada akibatnya ia berubah bentuk menjadi IKIP (Institut Keguruan & Ilmu Pendidikan) Padang. 

Hingga pada tahun 1999 sesuai dgn Kepres Nomor 93 tahun Tanggal 24 Agustus 1999, IKIP Padang telah resmi menjadi Universitas Negeri Padang.

Kemudian, untuk akreditasi institusi Universitas Negeri Padang (UNP) mendapatkan predikat A yg dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dgn masa berlaku sampai tanggal 20 Desember 2021. Kita tunggu saja untuk pengukuhan terbaru institusi Universitas Negeri Padang (UNP) ya.

Tiga Gedung di Universitas Negeri Padang Bisa Kaprikornus Spot Foto yg Instagramable

Menjadi sebuah perguruan tinggi yg berlabel Universitas, tentu telah merubah Universitas Negeri Padang. Hal yg berganti tentu sangat banyak, mulai dr penambahan fakultas, jurusan, hingga program studi. 

Penambahan fakultas, jurusan, hingga program studi tersebut mesti di imbangi dgn adanya akomodasi-fasilitas mirip kelas, lahan parkir, gedung fakultas, bangunan rektorat, hingga pada auditorium. 

Kali ini, gue akan memperlihatkan beberapa bangunan iconic dr Universitas Negeri Padang. Serta gue akan menerangkan kegunaan dr gedung-gedung tersebut.

Seberapa iconic kah ia di mata para Mahasiswa & bagaimana kegunaannya tatkala agenda-acara penting yg diadakan oleh Universitas.

Pertama, Auditorium Universitas Negeri Padang

Ini ialah salah satu bangunan megah & iconic yg ada di Universitas Negeri Padang. Ia berfungsi selaku fasilitas & prasarana untuk agenda, ya bisa dikatakan ini adalah gedung multi guna gitu. 

  Ada Doorprize, Yuk Ikuti ! Seminar Nasional : Literasi Media Sosial untuk Indonesia Emas 2045

Jika tak Pandemi, gedung ini pasti digunakan untuk aktivitas acara PKKMB Universitas Negeri padang. PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) adalah suatu jadwal tahunan yg diadakan oleh Universitas Negeri Padang.

Aku dahulu masuk pada tahun 2019 (1 tahun sebelum pandemi covid-19). Acara tersebut begitu megah & semarak, saking banyaknya akseptor. 

Acara ini dibagi pada 3 fase, ada fase PKKMB UNP Jalur masuk SNMPTN, terus jalur masuk SBMPTN, & jalur masuk Mandiri serta vokasi D3. 

Tidak itu saja, gedung ini pula digunakan pada agenda pelepasan para wisudawan. Acaranya niscaya berkala diadakan 3-4 kali dlm satu tahun atau 2 semester. 

Pada pandemi ini, beberapa peluang UNP menggelar wisuda dengan-cara luring (luar jaringan) yg tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Aku begitu bangga sebagai Mahasiswa di UNP, alasannya gedung ini bukan saja digunakan untuk agenda-acara formal yg diadakan oleh kampus saja. 

Namun agenda non-formal yg diadakan oleh pihak luar & mahasiswa pernah diselenggarakan di Auditorium Universitas Negeri Padang ini. 

Sewaktu gue masih MABA (Mahasiswa Baru), gedung tersebut pernah dipakai untuk jadwal konser penyanyi Tulus, pernah pula digunakan untuk konser penyanyi Harris J. 

Ya walaupun tak ikut menonton konsernya, setidaknya kita tahu event tersebut & gembira menjadi potongan di dalamnya. Oh iya, gue baru ingat. 

Kalau Auditorium UNP pernah dipakai untuk menyambut Mantan Wakil Presiden Indonesia, Bapak Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla. Acara sambutan tersebut merupakan jadwal perlindungan gelar Doktor Honoris Causa pada beliau. 

Mengutip dr (news.detik.com) Padang, Kamis (5/12/2019). UNP memberikan penghargaan untuk JK alasannya adalah dianggap selaku pejuang kualitas pendidikan di Indonesia. 

“Tim promotor UNP bersepakat memperlihatkan anugerah pendidikan pada Bapak Jusuf Kalla uang kami nilai & dianggap selaku seorang tokoh penggagas & pejuang kualitas pendidikan di Indonesia,” kata Ketua Tim promotor UNP Prof. Dr. Sufyarma Marsidin ketika sumbangan penghargaan untuk JK. 

Dalam orasi ilmiahnya, JK menekankan kualitas pendidikan mesti ditingkatkan dr waktu ke waktu. ia mengibaratkan patokan kualitas pendidikan dgn olahraga lompat tinggi. 

“Peningkatan kualitas pendidikan itu mirip menaruh galah lompat tinggi. Untuk meningkatkan prestasi ketinggian galahnya dengan-cara bertahap ditambah. Sebaliknya, kita semoga semua murid dapat lulus atau melewati galah, maka ketinggian galahnya diturunkan jadi mudah biar semu lulus,” kata JK. 

“Kita hanya bisa melompat di ketinggian 1,5 meter sementera negara lain sudah 2 meter,” sambung dia. 

Wah betapa bahagianya gue bila bisa menyaksikan agenda tersebut, namun pada waktu jadwal gue sedang ada kuliah di kelas mata kuliah biasa Universitas, sehingga gue tak mampu menghadiri agenda tersebut. 

Lebih lanjut, acara tersebut pula cuma dihadiri bagi mereka para Mahasiswa yg tergabung ke dlm mahasiswa yg menerima beasiswa bidikmisi. 

  Akreditasi A, Ini 6 Program Studi/Jurusan di FISIPOL Universitas Gadjah Mada

Sehingga dengan-cara tak eksklusif, gue tak mampu ikut berkontribusi untuk melihat agenda pemberian gelar Dr Honoris Causa tersebut. 

Mungkin itu sedikit cerita dr Auditorium ini, coba saja pandemi tak melanda negeri ini. Aku jamin & gue tentukan, banyak agenda yg gue saksikan & gue geluti tatkala diadakan di Auditorium Universitas Negeri Padang tersebut. 

kalau teman-sobat berkunjung ke Universitas Negeri Padang, jangan lupa mampir sembari bersua foto di gedung Auditorium Universitas Negeri Padang yg sungguh megah.

Kedua, Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang 

Ini ia salah satu gedung termegah & menjadi iconic di Universitas Negeri Padang, gedung atau bangunan ini diperuntukan untuk rektorat. 

Ruang pak rektor, wakil rektor, Universitas Negeri Padang beserta jajarannya. Gedung ini gue akui sangat megah & mewah, terdapat lift yg bisa digunakan bagi seluruh civitas akademika di UNP. 

Aku pernah berulang kali masuk ke dlm gedung ini, waktu itu gue sedang ada permasalahan untuk mengelola proposal undangan untuk bepergian lomba. 

Mungkin sobat-sahabat mampu lihat layar monitor besar di atas sana, umumnya saban hari akan ditayangkan video-video seputar Universitas Negeri Padang, & ada pula video dr pak Rektor UNP yakni Bapak Dr. Ganefri, PhD. 

Oh iya, saking iconic-nya gedung ini. Teman-sobat yg sudah menuntaskan sidang Sempro atau Kompre Skripsinya, niscaya akan bersua foto di depan gedung rektorat ini. 

Mereka akan membuat banner pencapaian, menenteng buket bunga, mengajak teman-sahabat yang lain berpartisipasi, serta mengenakan selempang yg dikenakan di badan. 

Biasanya selempang tersebut bertuliskan nama, beserta gelar akademik yg telah diraih. Tak lupa juga, bersolek tampan & elok, akan tampil optimal di layar kaca kamera. Ini yakni acuan yg gue maksud :

Kebanyakan peringatan atau ceremony skala kecil seperti ini, sungguh sering diselenggarakan para Mahasiswi-Mahasiswi di UNP. 

Biasanya, sesudah ia merayakan kelulusan temennya. Nanti tatkala giliran ia yg sudah meraih kelulusan, teman-temannya yg sudah merayakan pula akan merayakan kelulusan. 

Wah.. Indahnya kalau lulus, pengen pula cepet-cepet lulus Hahaha. Kalau teman-sahabat berkunjung & main ke UNP, sila berkunjung ke gedung rektorat yaaaa….. & saksikan kemegahannya. 

Ketiga, Gedung Bagonjong/Balai Bahasa

  Kukerta Unri : Sosialisasi Pemanfaatan Ikan Lomek Bengkalis Menjadi Nugget

Ini merupakan gedung paling iconic di Universitas Negeri Padang, sebab memperlihatkan nuansa Minangkabau yg menjadi identitas Provinsi Sumatera Barat & Kota Padang tentunya. 

Dahulu gedung ini didedikasikan selaku ruang rektor beserta jajarannya, selepas gempa 2009 kalau tak salah. Kota Padang luluh lantah akhir tragedi tersebut, termasuk lah Universitas Negeri Padang. 

Selepas peristiwa tersebut, pada alhasil Universitas Negeri Padang banyak membangun bangunan-bangunan baru untuk akomodasi penunjangnya. 

Termasuk pula gedung rektorat yg kita bahas di atas, maka dr itu gedung bagonjong di alih fungsikan selaku balai bahasa. 

Maaf ya sahabat-sahabat kalau gedungnya tak terlalu kelihatan, memang gedungnya banyak & dipenuhi oleh pepohonan rindang, jadi kurang ke close up gedung ini, hehehehe. 

Perlu sahabat-sahabat ketahui pula bahwa, segala hal tentang tes toefl ataupun ielts semua dikerjakan di dlm gedung ini. Aku pada semester 4 kemudian, mengambil skor hasil tes toefl yg dilaksanakan pada semester 1. 

Alhamdulillah gue lulus dgn predikat skor 417, tidak mengecewakan lebih 17 hehehehehe. Skor toefl ini nantinya sangat memiliki kegunaan untuk diriku untuk mengajukan form kelulusan atau wisuda. 

Oh iya, kalau temen-temen main Ke UNP. Jangan lupa ya mampir & bersua foto di gedung ini, dijamin keren & sangat Minang Banget.

Itulah beberapa gedung yg iconic di Universitas ku, yg menjadi Universitas Terbaik di Sumatera Barat. Kalau sobat-sobat satu almamater ku membaca tulisan ini, mungkin kalian bisa melawan atau membantunya dgn tulisan juga. Bisa menulis di platform lain atau platform media ini juga. 

Namun yg terperinci, gue sangat gembira dgn Universitas Negeri Padang. Walaupun tak usang merasakan perkuliahan luring, & lebih banyak daring. 

Aku merasakan hari-hari itu tatkala berada di kampus. Tatkala membawa motor, gedung-gedung di atas tak akan gue lewatkan pemandangannya. Pasti gue akan melintas di depan gedung-gedung tersebut. 

Terlebih lagi lapangan rumput hijau di rektorat yg cukup luas, lazimnya banyak Mahasiswa yg menghabiskan waktunya dgn bercengkrama atau berdiskusi soal organisasi. 

Yang terperinci gue tak tabah untuk mencicipi perkuliahan luring (tatap tampang) kembali. Nanti bila ada temen-temen yg berasal dr luar Kota Padang.

Yuk singgah lah ke kampus ku & jalan-jalanlah sejenak menikmati suasananya, jangan lupa mengabadikan foto selaku kenang-kenangan. 

Sumber Foto : Novran Juliandri Bhakti/pribadi