close

Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Penjelasan dan Contohnya

– Sudah pernah membaca & mengenali dua pendekatan ilmiah dlm melakukan proses kebenaran dr suatu penelitian ?

Nah jikalau gitu ananda bisa membaca klarifikasi & ulasan mengenai dua pendekatan ilmiah, yuk baca lebih lanjutnya.

Sekilas Memahami Penelitian

Secara arti penelitian atau riset berasal dr kata research yg dr kata re artinya kembali & search artinya mencari.

Dengan demikian, dengan-cara etimologi penelitian mempunyai pemahaman mencari kembali, yakni mencari bukti bukti baru yg dikembangkan menjadi teori untuk memperdalam & memperluas ilmu tertentu.

Penelitian yaitu pecahan dr rangkaian aktivitas ilmiah dlm rangka pemecahan suatu permasalahan yg ada di penduduk . 

Ketika seseorang melaksanakan observasi, untuk mencari & memperoleh penyelesaian dr hasil temuan temuan di lapangan tersebut. 

Menurut Soerjono Soekanto menjelaskan penelitian sosiologi yakni proses untuk mengungkapkan kebenaran yg didasarkan pada penggunaan konsep dasar.

Dalam sosiologi yg dikenal luas selaku sebuah ilmu wawasan sosial di masyarakat guna memperoleh dilema & solusinya.

Nah di dlm proses penelitian untuk mencapai atau menemukan sebuah kebenaran maka ada dua pendekatan baik ilmiah maupun non ilmiah.

Pada potensi kali ini kita akan membahas mengenai pendekatan dengan-cara ilmuah, dibagi menjadi dua pola pikir. Simak penjelasannya dibawah ya.

Pendekatan Ilmiah dlm Proses Mencapai Kebenaran

Ada beberapa hal penting dlm memahami suatu fenomena sosial di penduduk . Mulai dgn cara pola pikir yg digunakan untuk mencapai kebenaran tersebut. 

Hingga banyak sekali hal yg dikerjakan guna menunjukan adanya suatu kebenaran yg ada di lingkungan kehidupan masyarakat sehari harinya. 

Nah pada potensi kali ini kita cuma akan mengulas singkat mengenai dua pendekatan ilmiah yg ada, yaitu :

1. Pendekatan Ilmiah Berpikir dengan-cara Rasional & Sistematis

Pola pikir dlm meraih kebenaran dgn pendekatan ilmiah ini dimana di dasarkan pada pengetahuan yg diperoleh melalui berpikir dengan-cara rasional.

Begitu pula tak terlepas dr pengalaman manusia yg dijalankan dengan-cara faktual dlm kesehariannya, dlm memperoleh kebenaran tersebut. 

2. Pendekatan Ilmiah Berpikir dengan-cara Emperis

Pola pikir dlm pendekatan ini dimana kebenaran yg diperoleh lewat pengalaman. Oleh karena dlm dua pendekatan ilmiah ini.

Perlu digabungkan guna menerima hasil akhir dlm suatu observasi yg maksimal, sehingga adanya rasionalisme dapat memberikan kerangka anutan yg logis.

Serta emperis dlm memberikan kerangka untuk dapat memutuskan sebuah kebenaran yg ada di lingkungan penduduk . 

Beberapa pola yg mampu kita lihat di masyarakat dlm pola pikir dgn pendekatan ilmiah dlm observasi yakni :

1. Tatkala seseorang menderita penyakit atau sakit akan pergi ke Dokter maupun pergi berobat dengan-cara ilmiah, diperiksa, & mencari atau berbelanja obat ke puskesmas & apotik.

2. Kemudian tatkala ada wabah atau virus Covid-19 maupun wabah virus yang lain maka seorang peneliti atau dokter akan mencari data di lapangan.

3. Melakukan uji atau tes laboratorium yg dilakukan para ahli mengenai temuan di lapangan contohnya dlm hal ini mendapatkan jenis virus apa.

4. Kemudian dikerjakan untuk menemukan obat atau ramuan yg cocok untuk menetralisir virus wabah penyakit tersebut di penduduk .

Itulah hal hal yg dikerjakan selaku acuan dgn pola pikir, pada pendekatan ilmiah untuk mendapatkan & menghilangkan wabah virus penyakit di masyarakat.

  Jelaskan Pengaruh Perkembangan Ilmu Pengetahuan Terhadap Kemajuan Teknologi

Demikain penjelasan & ulasan mengenai topik pembahasan wacana Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Penjelasan & Contohnya.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi diperuntukan pada kelas X Sekolah Menengan Atas & MA golongan peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono