close

Jelaskan Macam Macam Konflik yang Terjadi Akibat Keberagaman Masyarakat dan Berilah Contohnya

– Jelaskan Macam Macam Konflik yg Terjadi Akibat Keberagaman Masyarakat & Berilah Contohnya di dlm kehidupan masyarakat sehari-harinya !

Simak pembahasan & ulasan beserta dgn penjelasannya yg terjadi di lingkungan penduduk di Indonesia, yuk baca.

Mengenal Keberagaman & Konflik

Manusia yg hidup di dlm dunia ini tak pernah lepas dr proses & korelasi sosial antar sesama manusia lainnya.
Bahkan dlm proses inilah terbentuknya masyarakat yg beraneka ragam jenis, suku, ras, golongan, kalangan, & banyak sekali perbedaan yang lain.
Disinilah salah satu letak dr keberagaman atau keragaman masyarakat di Indonesia, karena perbedaan suku, etnis, budaya, agama, etika, & lain-yang lain. 
Keberagaman yg ada pada penduduk multikultural atau penduduk plural atau beragam tak terhindarkan.
Keberagaman yaitu suatu kondisi dimana perbedaan-perbedaan yg ada di dlm penduduk , yg mana menjadi kepercayaan & kepercayaan oleh sebagian orang.
Keragaman inilah yg menjadi sebuah kondisi dimana menunjukkan suatu perbedaan yg lumayan banyak macam maupun jenisnya di dlm kehidupan masyarakat. 
Nah keberagaman yg ada ini bukan tak mungkin akan menciptakan terjadinya suatu pertentangan sosial di dlm proses & relasi pada ketika berinteraksi & berkomunikasi. 
Konflik ialah suatu hal yg terjadi lantaran adanya pertentangan, pertengkaran, perbedaan, & suatu pertikaian di dlm penduduk . 
Apalagi dgn keberagaman yg dipunya oleh penduduk di Indonesia bukan tak mungking mampu menjadi aspek penyebab lahirnya konflik di penduduk . 
Lalu apa saja macam macam atau bentuk dr pertentangan yg ada di dlm penduduk yg bermacam-macam di dlm kehidupan sehari-hari ?
Mari simak pembahasan & penjelasan serta ulasannya dibawah ini biar dapat memahami bahan pembelajaran ihwal keberagaman penduduk di Indonesia.

Macam Macam Bentuk Konflik yg Terjadi Akibat Keberagaman Masyarakat 

Ada beberapa jenis macam & jenis dr bentuk pertentangan yg terjadi di dlm masyarakat Indonesia yakni selaku berikut :

1. Bentuk Konflik Berdasarkan Tingkatannya

Macam macam atau jenis dr bentuk pertentangan ini yg dikelompokkan menjadi dua berikut klarifikasi & pembahasannya, yakni : 
> Konflik Politik
Konflik ini merupakan suatu kontradiksi yg mana disebabkan oleh karena suatu perbedaan dlm setiap kepentingan. 
Misalnya mirip dlm perjuangan untuk mendapatkan kekuasaan, merumuskan aneka macam kebijakan, serta pengambilan keputusan. 
Contohnya konflik yg terjadi pada dikala perumusan suatu desain undang undang atau RUU oleh pemerintah atau DPR yg ditolak oleh sebagian penduduk .
Ataupun berbagai forum non-pemerintah, atau pertentangan internal di dlm partai politik. Seperti dlm pemilihan & penentuan ketua biasa . 
Kemudian, ada bentrokan dlm penolakan suatu kebijakan pemerintah yg dijalankan oleh penduduk , serta aneka macam demonstrasi yang lain.
>Konflik Ideologi
Dimana konflik ini terjadi lantaran adanya suatu perbedaan dlm pandangan atau perspektif ideologi di dlm masyarakat yg berlawanan beda atau dlm suatu keberagaman di penduduk . 
Contoh pertentangan ideologi yaitu pada saat perkara kejadian atau kejadian dlm G30S/PKI. Inilah konflik ideologi yg merupakan suatu penolakan terhadap ideologi atau paham komunisme. 

2. Bentuk Konflik Berdasarkan Jenisnya 

Macam macam dr bentuk pertentangan berdasarkan jenis yg mana dikelompokkan menjadi empat berikut penjelasan & pembahasannya, yakni : 
> Konflik Antar Suku
Dimana pada bentuk pertentangan berdasarkan jenisnya ini merupakan suatu pertentangan antara satu suku dgn suku yg lainnya.
Atau bisa pula antar banyak sekali atau beberapa suku yg terlibat dlm konflik. 
Tak heran, memang untuk di Indonesia yg masyarakatnya beragam, perbedaan dlm budaya, adat istiadat, sistem & nilai atau norma sosial di dlm masyarakat. 
Juga akan berbeda beda sehingga memang akan cenderung rentan terhadap terjadinya suatu konflik atau problem yg timbul. 
Akibat berbagai perbedaaan itu lah yg bahkan dapat menyebabkan konflik & problem sosial di masyarakat. 
Contoh konflik antar suku yakni pertentangan antar suku Dayak dgn Suku Madura di Sampit, Kalimantan Tengah. Awalnya dipicu balasan keributan kecil antara kedua suku pada tahun 2001.
Kemudian, ada acuan pertentangan antara Suku Aceh dgn Suku Jawa di Aceh yg pernah terjadi dahulu. 
Selanjutnya, ada konflik antar suku di Lampung yakni Suku Bali & Suku Asli.
Serta berbagai contoh pertentangan antar suku yg masih saja sering terjadi di dlm kehidupan keberagaman masyarakat sehari-harinya di Indonesia. 
> Konflik Antar Agama
Dimana pengertian konflik ini yakni suatu kontradiksi yg dilakukan antar kelompok yg mana mempunyai keyakinan, agama yg berbeda. 
Konflik ini terjadi antara pemeluk agama yg berlansung baik dengan-cara individu maupun antar kelompok yg masih sering terjadi. 
Contoh konflik antar agama yakni pada ketika Perang Salib. Dimana Turki yg gres menguasai Palestina. 
Turki melarang penduduk Kristen untuk mengunjungi tanah suci mereka yg terletak di Palestina. Hal itulah yg memicu & menjadi penyebab murka, marahnya penduduk Vatikan. 
Selanjutnya untuk teladan pertentangan antar agama di Indonesia yakni konflik yg terjadi di Ambon antara Islam & Nasrani.
Konflik ini terjadi pada tahun 1999, pemicu atau penyebab konflik yaitu akhir adanya peristiwa pemalakan yg dikerjakan oleh dua orang muslim kepada warga nasrani.
Serta berbagai acuan konflik antar agama yg masih saja menjadi kekalutan bersama bagi penduduk di Indonesia & dunia.
> Konflik Antar Ras
Dimana pada konflik ini suatu pertentangan antara ras satu dgn ras yang lain. Dimana kontradiksi ini disebabkan lantaran adanya sikap rasial oleh seseorang.
Yang mana memperlakukan orang yg dengan-cara berlainan beda menurut rasnya tersebut. 
Biasanya konflik antar ras pula lantaran adanya ego & sikap yg merasa ras nya lah yg paling baik, benar, besar lengan berkuasa, cantik, & handal.
Contoh pertentangan antar ras yg pernah terjadi di Amerika yakni antara kulit putih & kulit hitam yg pernah terjadi disana.
Atau konflik etnis Tionghoa & Jawa di Surakarta pada tahun 1998. Dimana konflik ini terjadi lantaran adanya suatu anggapan bahwa pada saat itu etnis Tionghoa bukan dr Warga Indonesia.
Disinilah sehingga membuat berbagai kerusakan & kerusuhan dgn merusak berbagai kemudahan hingga adanya penjarahan toko oleh warga yg konflik pada masa itu.
> Konflik Antar Golongan
Nah pada jenis konflik atau macam bentuk konflik ini yakni suatu pertentangan yg terjadi antara golongan satu dgn kalangan atau golongan yg ada di dlm masyarakat. 
Dimana pertentangan golongan atau golongan dlm masyarakat ini dibedakan atas dasar santunan politik, atau opsi partai politik, pekerjaan, asal kawasan, & lain-yang lain. 
Contoh pertentangan antar golongan yakni konflik antar golongan pada ketika saling dukung mendukung di Pemilihan Umum Presiden & Wapres di Indonesia. 
Atau pertolongan untuk pada ketika penyeleksian gubernur & wakil gubernur, & acuan konflik antar golongan yg lainnya di dlm penduduk Indonesia. 
Demikianlah untuk pembahasan bahan ihwal pertanyaan mengenai Jelaskan Macam Macam Konflik yg Terjadi Akibat Keberagaman Masyarakat & Berilah Contohnya !
Sumber Rujukan Sosiologi.informasi :

Buku Sosiologi untuk kelas 11 SMA & MA kalangan peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono

Buku Pelαjαrαn Pendidikαn Pαncαsilα dαn Kewαrgαnegαrααn