close

22 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Indonesia

– Apa saja Dampak Positif & Negatif Globalisasi di Indonesia yg ada di dlm kehidupan penduduk di lingkungan sekitar sehari-harinya ?

Nah untuk menjawab pertanyaan diatas, mari simak pembahasan & penjelasan dibawah ini tentang efek atau pengaruh aktual & negatif globalisasi, yuk baca.

Sekilas Mengenal Pengertian Globalisasi

Apa sih pengertian dr globalisasi ? Secara biasa memang globalisasi berasal dr bahasa Global & Sasi. Dimana arti global adalah mendunia & sasi ialah proses. 

Dengan demikian pengertian globalsiasi ialah proses dr sebuah yg mendunia di dlm kehidupan penduduk . 

Nah globalisasi sendiri yaitu sebuah pergeseran yg mana terjadi dlm banyak sekali faktor & bidang kehidupan manusia. 

Dimana kebudayaan dengan-cara biasa adalah merupakan suatu rangkaian dr kepercayaan, nilai nilai & pola hidup dr sebuah penduduk tertentu.

Di dlm keberadaan kehidupan sehari-hari, maka ketika ini periode globalisasi mulai muncul yg disebut selaku kebudayaan global.

Apakah dlm munculnya globalisasi akan menenteng pengaruh & imbas bagi keberlangsungan masyarakat dunia utamanya di Indonesia /

Mari simak dibawah ini ada beberapa efek & dampak kasatmata maupun negatif dr kehadiran globalisasi di penduduk . Yuk baca.

Ada 22 Dampak Positif & Negatif Globalisasi di Indonesia

Beberapa pengaruh faktual & negatif dr globalisasi yg ada di dlm kehidupan masyarakat di Indonesia, dlm lingkungan sehari-hari.

Berikut dibawah ini daftar efek faktual globalisasi di Indonesia bagi penduduk dlm kehidupan sehari-harinya, yakni : 

  Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons

1. Mempermudah Manusia dlm Berinteraksi & Berkomunikasi

Dengan adanya globalisasi yg menjamah seluruh penduduk dunia dlm hal perkembangan & kemajuan dr pergantian adanya teknologi.

Telah menunjukkan kemudahan untuk setiap orang dapat berinteraksi & berkomunikasi meskipun jarak atau daerahnya jauh.

Oleh alasannya adanya dukungan smartphone & jaringan internet yg mencukupi bikin siapa saja dapat terhubung melalui platform media umum.

Disinilah letak dampak & imbas kasatmata dr adanya globalisasi di penduduk Indonesia yaitu pertumbuhan teknologi keterangan komunikasi & keterangan.

Yang mana dapat dgn mudah memperlihatkan akses untuk terhubung dgn insan atau keluarga yg jauh, hanya dgn teknologi digital.

2. Mempercepat Proses Distribusi & Produksi

Dampak positif globalisasi yg dirasakan oleh penduduk di Indonesia yakni dlm hal bisnis, atau ekonomi dimana mampu mempercepat dlm pendistribusian barang, jasa.

Dan buatan yg cepat alasannya adanya tunjangan teknologi & digitalisasi serta saluran pengantaran barang yg sudah manis.

3. Mempermudah & Mempercepat Manusia untuk Saling Berhubungan

Dulu manusia antar insan di dlm negaranya begitu masih susah dlm berkomunikasi. Hanya bisa melalui pos dgn mengirim kan surat.

Itu pun memakan waktu yg usang. Nah pada dikala ini, dgn dampak faktual dr globalisasi terutama.

Dalam perkembangan Iptek telah membuat seseorang dr belahan wilayah atau negara luar pun mampu berinterakis & saling berhubungan mampu dgn pemberian media umum.

Ataupun aplikasi komunikasi lainnya, yg sering digunakan oleh manusia dlm proses berinteraksi & berkomunikasi.

4. Meningkatkan Efisiensi Industri & Pekerjaan Manusia Lebih Ringan

Terkhususnya dgn perkembangan Iptek sudah memberikan pergantian dlm meningkatkan efisiensi dlm pekerjaan insan di industri.

Misalnya sebagian bekerjaan dlm industri sudah dijalankan dgn memakai tunjangan robot atau metode komputer yg sudah otomatis.

Dimana pengaturan dilakukan oleh insan yg mengoperasikan atau menjadi operator dlm proses industri tersebut.

5. Mengubah Pola Hidup Manusia

Gaya hidup & daya pikir akan condong mengalami pergeseran alasannya adalah masuknya berbagai informasi penting.

Misalnya dlm hal kesehatan seseorang akan condong mengupayakan untuk hidup sehat, bersungguh-sungguh berolahraga, tidur & makan yg teratur.

Karena begitu pentingnya kesehatan bagi kebutuhan manusia di bumi dlm setiap proses keberlangsungan hidup mereka sehari hari.

6. Menimbulkan Semangat dlm Berkarya & Berinovasi

Setiap insan dibelahan dunia, sudah pasti akan terus membuat, menyebarkan pembaharuan dr setiap proses perkembangan Iptek yg dibuat.

Oleh sebab itu, maka setiap orang yg ada utamanya di Indonesia akan berpacu menciptakan hasil karya & berinovasi, sehingga senantiasa bersemangat.

Dalam menghadapi & melakukan suatu pemanfaatan di dlm dampak globalisasi di penduduk dunia tersebut.

7. Mengoptimalkan dlm Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Dengan adanya globalisasi maka setiap negara akan gampang dlm mengoptimalkan proses dlm setiap pemanfaatan sumber daya alam.

  25+ Contoh Perilaku Menyimpang di Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari

Baik itu di laut, & di hasil pertanian, perkebunan, & sejenisnya untuk dimasak menjadi produk yg bernilai tinggi, & laris di pasar dunia.

8. Membangun Kerjasama yg Saling Menguntungakan

Dengan pengaruh adanya globalisasi membuka pintu koordinasi antara aneka macam negara dlm setiap pemenuhan sebuah keperluan masyarakatnya.

Mulai dr koordinasi dlm bidang politik, ekonomi, budaya, sosial, pemerdayaan, & koordinasi pertahanan maupun keamanan dapat terjalin dgn sendirinya.

9. Membuat Perubahan & Perbaikan Perekonomian Negara serta Masyarakat

Pengaruh kasatmata dr globalisasi yaitu dapat membuat suatu pergantian & perbaikan ekonomi penduduk .

Globalisasi telah membuat berkembang nya aneka macam sektor penting dlm mendapatkan tenaga kerja untuk kepentingan industri.

Dengan demikian mampu meningkatkan kemakmuran penduduk yg berada dlm kawasan atau pengerjaan sebuah industri disana. 

10. Adanya Perubahan Nilai, Sikap Manusia dr Irasional ke Pola Pikir Rasional

Pola pikir yg dulunya memang penduduk masih tradisional sekarang mengarah pada masyarakat modern.

Dimana pola pikir nya lebih pada pergantian nilai & perilaku maupun tindakan dr irasional ke arah yg rasional.

11. Terus Bekembangnya Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) di Masyarakat

Dampak positif atau efek baik dr globalisasi adanya terus memacu insan untuk dapat membuatkan temuan & penlitiannya.

Oleh karena itu, perkembangan Iptek akan terus dilangsungkan & dilakukan suatu penyempurnaan & perbaikan dlm setiap kebutuhan manusia.

Misalnya kini manusia tak perlu lagi tiba ke bank untuk membuat kartu simpanan, cukup dr rumah saja dgn pemberian teknologi sudah bisa bikin .

Serta perkembangan Iptek lainnya dlm membantu insan terkhususnya dlm globalisasi di kehidupan masyarakat Indonesia.

Nah itulah tadi diatas Ada 11 Dampak Positif Globalisasi di dlm Masyarakat Indonesia. Selanjutnya kita akan membahas pengaruh negatifnya.

Berikut dibawah ini daftar dampak negatif globalisasi di Indonesia bagi masyarakat dlm kehidupan sehari-harinya, yaitu : 

1. Masuknya Budaya Luar di Masyarakat Indonesia

Hal ini tentunya akan menunjukkan efek pada perubahan kebudayaan masyarakat pada setiap generasi & bisa saja bikin budaya lokal hilang.

Akibat maraknya masuk budaya luar yg lebih diminati oleh warga negara Indonesia. Dengan demikian dapat mengganti & melunturkan budaya daerah sendiri, dengan-cara perlahan.

2. Perubahan Masyarakat Agraris menuju Industri

Akan adanya sebuah pergantian pekerjaan, profesi di dlm kehidupan masyarakat, dimana yg awalnya bekerja selaku pertanian atau petani, perkebunan, akan berganti ke profesi di bidang industri.

Hal ini telah terjadi dibeberapa daerah yg penduduk nya sebagian sudah tak menjadi petani atau bertani. Namun, pekerjaannya justru di bidang industri, & sejenisnya.

3. Akan Menghilangnya Jatidiri Masyarakat Indonesia 

Nilai nilai dasar yg dimiliki di dlm jiwa masyarakat Indonesia perlahan akan hilang & luntur serta digantikan dgn hal lainnya.

  Bagaimana Perbedaan Peran TNI dan Polri Menurut TAP MPR Nomor VII/MPR/2000 ?

Misalnya masuknya sebuah dampak budaya kebarat-baratan atau budaya ke korea korean, & sejenisnya. Telah mengganti jati diri bangsa.

Seperti dlm hal berpakaian perempuan yg kini serba terbuka, & mengumbar aurat yg dgn memakai rok pendek, celana pendek.

Baju serba ketat & seksi yg diperlihatan dlm tontonan maupun di dlm aktivitasnya di mayarakat. Disinilah bisa luntur & hilangnya nilai kesopanan individu tersebut.

4. Perubahan dlm Masyarakat yg Bekerjasama ke Arah Individualisme

Lunturnya dlm hal bekerjasama insan antar insan yg dulunya masyarakat Indonesia melangsungkan pekerjaan dengan-cara tolong-menolong.

Sekarang dgn adanya globalisasi justru marah menghilangkan & memudarkan pemikiran sosial yg penting tersebut.

Malah justru manusia pada setiap individu akan bergerak dengan-cara individualistik, & tak adalagi koordinasi yg gratis.

Itu artinya koordinasi yg terjalin sekarang cenderung akan sama sama mencari keuntungan & kepentingan bareng .

5. Adanya Suatu Dehumanisasi di dlm Kehidupan Masyarakat

Pengaruh dampak negatif globalisasi yakni mencuatnya dehumanisasi yaitu akan kurangnya sebuah penghargaan kepada capaian atau derajat seseorang, atau manusia.

Misalnya dlm hal pekerjaan sudah banyak menggunakan malah sumbangan mesin atau tata cara dr pada tangan manusia itu sendiri.

6. Maraknya Nilai Nilai Konsumerisme di dlm Masyarakat

Pesatnya sebuah pertumbuhan barang & jasa serta di sektor produksi. Tanpa disadari dlm perkembangan globalisasi bikin munculnya sifat konsumerisme di dlm penduduk . 

Dimana akan maraknya berkembang nilai nilai konsumerisme di masyarakat yg akan dapat memindah nilai nilai sosial masyarakat Indonesia itu sendiri.

7. Terjadinya Eksploitasi Sumber Daya Alam Besar-Besaran di Masyarakat

Pengaruh efek negatif dr globalisasi yakni pengeksploitasian kepada sumber daya alam yg dimiliki sebuah bangsa dengan-cara besar-besaran & tanpa batasan.

Sehingga mampu dgn secepatnya menghancurkan ekosistem alam yg telah meningkat & menolong keberlangsungan hidup manusia banyak.

Misalnya penebangan hutan yg besar besaran untuk kebutuhan buatan industri, serta penanaman kebun sawit yg menghancurkan ekosistem hutan itu sendiri.

Sehingga menimbulan banjir, longgsor, & dampak bencana alam yang lain yg niscaya akan menimpat penduduk itu sendiri.

8. Adanya Kesenjangan Sosial Ekonomi di dlm Masyarakat

Tanpa disadari efek & pengaruh negatif adanya globalisasi yakni hadirnya, kesenjangan sosial gres yg terus meluas terjadi di kehidupan penduduk .

Sebut saja perbandingan antara orang kaya dgn orang miskin di Indonesia yg makin jauh jaraknya, alasannya pembagian distribusi sumber daya alam yg tak merata.

Disinilah akan membuat suatu kesenjangan sosial & ekonomi terjadi bagi keberlangsungan penduduk di Indonesia.

9. Meningkatnya Tindakan Kriminalitas di Masyarakat

Berbagai kejahatan & tindakan kriminalitasi mencuat akhir efek dr adanya globalisasi di masyarakat. Misalnya contoh maling, mencuri, copet, & langkah-langkah cyeber keamanan & pertahanan.

Serta aneka macam langkah-langkah kejahatan kriminalitas di dlm kehidupan masyarkat sehari-harinya di Indonesia dlm lingkungan sekitarnya.

10. Penyalahgunaan dr Adanya Kemajuan Teknologi Digital

Akan ada sebuah tindakan penyalaggunaan perkembangan Iptek misalnya seseorang mampu melakukan penipuan online pada penduduk .

Karena adanya derma teknologi & digitalisasi di masyarakat. Apalagi sebagian penduduk yg gres mengenal Iptek akan mudah terjerumus.

Misalnya seperti arisan bodong, investasi bodong, & aneka macam penipuan yang lain yg menjerat penduduk Indonesia.

11. Munculnya Masalah, Gejala Sosial di Masyarakat

Berbagai dilema, tanda-tanda & fenomena sosial bermunculan di penduduk Indonesia, akhir dampak negatif dr imbas adanya globalisasi.

Sebut saja misalnya seperti pengangguran, kemiskinan, langkah-langkah mencuri & sejenisnya yg merugikan & meresahkan penduduk .

Nah itulah tadi diatas Ada 11 Dampak Negatif Globalisasi di dlm Masyarakat Indonesia. Semoga mampu menolong dlm memberikan pengertian ya sobat.

Demikianlah pembahasan & klarifikasi diatas mengenai topik Ada 22 Dampak Positif & Negatif Globalisasi di Indonesia, beserta pengertian dr Globalisasi di penduduk .

Sumber Rujukan Sosiologi.info :  

Buku Pelajaran Sosiologi untuk Kelas XII Sekolah Menengan Atas & MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono

http://eprints.ums.ac.id/, diakses pada Sabtu, 12 Februari 2022