close

Gambarkan Dua Buah Situasi, Dimana Yang Pertama Masyarakatnya Mematuhi Hukum Sedangkan Yang Lainnya Tidak Mematuhi Hukum

– Gambarkan Dua Buah Situasi, Dimana Yang Pertama Masyarakatnya Mematuhi Hukum Sedangkan Yang Lainnya Tidak Mematuhi Hukum.

Berikan Opini Kalian Dengan Memberi Alasan Mana Yang Akan Dipilih, Kunci Jawaban Uji Kompetensi 3 PPKN, PKN Halaman 73 Kelas 8 SMP MTs. 

Simaklah di bawah ini pembahasan & klarifikasi yg komprehensif tentang soal pertanyaan yg terdapat pada mata pelajaran PPKN Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama MTs halaman 73 tersebut. 

Seperti yg terdapat pada buku pelajaran Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan kelas 8 SMP MTs edisi revisi 2017. 

Yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum & Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). 

Mari adik-adik sebelum menjawab soal pertanyaan dibawah ini, ayo simak dulu klarifikasi sekilas perihal argumentasi penduduk tak mematuhi hukum. 

Alasan Masyarakat Tidak Mematuhi Hukum

Ada beberapa alasan kenapa penduduk kerap kali tak mematuhi aturan yaitu :

1. Kurang tegasnya penegak aturan dlm memperlihatkan sanksi/eksekusi. 

2. Adanya penyogokan pada penegak hukum sehingga terkesan aturan di Indonesia dapat dibeli dgn duit. 

3. Kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya aturan. 

4. Masyarakat terlalu menganggap remeh hukum yg berlaku. 

5. Menyampaikan aspirasi/demo terkesan jelek alasannya cuma menghancurkan akomodasi negara & hanya formalitas saja. 

  Identifikasi Jenis Hak dan Kewajiban Asasi Manusia yang Diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan Nomor 39 Tahun 1999 Halaman 12

6. Peraturan yg berlaku tak memihak pada penduduk  

Setelah mengetahui sekilas ihwal alasan masyarakat tak mematuhi aturan di atas tadi, mari sama-sama menjawab soal pertanyaan uji kompetensi halaman 73 dibawah ini ya. 

Gambarkan Dua Buah Situasi, Dimana Yang Pertama Masyarakatnya Mematuhi Hukum Sedangkan Yang Lainnya Tidak Mematuhi Hukum.

Berikan Opini Kalian Dengan Memberi Alasan Mana Yang Akan Dipilih, Kunci Jawaban Uji Kompetensi 3 PPKN, PKN Halaman 73 Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama MTs

Jawabannya : 

Situasi A : 

Ketika pandemi covid, pemerintah menyuruh penduduk untuk mempertahankan jarak dgn orang lain sekurang-kurangnya2 meter.

Memakai masker jikalau keluar rumah & tetap beraktivitas di rumah alasannya adalah adanya lockdown untuk memutus virus corona. 

Apabila masyarakat melanggar aturan maka akan dikenakan sanksi Rp. 50.000 ketika keluar rumah tanpa memakai masker & mesti membersihkan lingkungan disekitar. 

Namun, masyarakat Sidoarjo memilih untuk diam di rumah dgn mengerjakan acara sehari-hari mirip berguru, menjalankan tugas kantor & kuliah online. 

Apabila ia keluar rumah menggunakan masker, membawa hand sanitizer & berjaga jarak dgn orang lain. 

Sehingga banyak penduduk yg tak tertular covid sehingga lockdown ditiadakan. 

Situasi B : 

Masyarakat tak patuh dlm mengeluarkan uang pajak. Padahal masyarakat Indonesia yg sudah memenuhi kriteria sebagai wajib pajak harus mengeluarkan uang pajak. 

Direktorat Jenderal pajak sudah menawarkan berita perihal taat mengeluarkan uang pajak di tv, media sosial bahkan baliho di jalan-jalan. 

Sehingga ada beberapa masyarakat yg harus memenuhi panggilan direktorat jenderal pajak. Dari dua situasi di atas saya lebih menentukan menjadi penduduk yg taat akan peraturan.

Karena tak membahayakan kehidupan orang lain, tak merepotkan orang lain & menciptakan hidup menjadi tentram, hening & aman. 

  Urutan Bilangan Pada Tabel Tersebut dari yang Kecil Hingga Terbesar, Kunci Jawaban Halaman 83 Kelas 6 SD MI Tema 2

Masyarakat yg baik ialah penduduk yg taat akan aturan. Apabila ada sebuah aturan yg sudah terang & masuk nalar.

Serta berfaedah untuk orang lain & diri kita tak dikerjakan. Maka akan menyengsarakan orang lain & menyesal di kemudian hari. 

Nah itulah jawaban alternatif dr tim redaksi Sosiologi info yg bisa kalian gunakan sebagai referensi melaksanakan uji kompetensi 3. Semoga menolong kalian adik-adik. 

Dalam proses mencar ilmu memahami materi pembelajaran Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, PPKn, PKN untuk siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama MTs. 

Demikian pembahasan wacana Gambarkan Dua Buah Situasi, Dimana Yang Pertama Masyarakatnya Mematuhi Hukum Sedangkan Yang Lainnya Tidak Mematuhi Hukum.

Berikan Opini Kalian Dengan Memberi Alasan Mana Yang Akan Dipilih, Kunci Jawaban Uji Kompetensi 3 PPKN, PKN Halaman 73 Kelas 8 SMP MTs. 

Simaklah di bawah ini pembahasan & klarifikasi yg komprehensif ihwal soal pertanyaan yg terdapat pada mata pelajaran PPKN Kelas 8 SMP MTs halaman 73 tersebut. 

Seperti yg terdapat pada buku pelajaran Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan kelas 8 Sekolah Menengah Pertama MTs edisi revisi 2017. 

Yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum & Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). 

Penulis : Hilda Ayu

#Disclaimer : Jawaban diatas tak menjadi kunci tanggapan alternatif yg mutlak benar 100 persen. Silahkan adik adik mengeksplorasi tanggapan relevan yang lain.