close

Mahasiswa Sosiologi ? Persiapkan Tiga Hal Penting Sebelum Anda Melamar Kerja !

Pojokan – Beberapa hari kemudian, admin mendapatkan dm dr seorang mahasiswa sosiologi, & mengajukan pertanyaan, ihwal apa respon admin tentang mahasiswa yg kuliah di jurusan sosiologi terhadap lapangan pekerjaan di pemerintah ataupun di luar pemerintah, serta pertanyaan tentang membludaknya mahasiswa sosiologi yg lulus tiap tahunnya. Dengan pertanyaan itu, admin jadi pengen nulis tentang beberapa hal penting yg mesti kita rencanakan sebagai lulusan sosiologi. Simak berikut ini ya guys !
Dunia kerja saat ini memang tak lagi fokus pada dr mana jurusan kita berasal, memang sebagian perusahaan masih bikin gelar & jurusan kita penting untuk selaku syarat masuk kerja di perusahaan tersebut.

Tidak semua perusahaan atau instansi yg menerapkan itu, dr beberapa orang yg saya jumpai perihal dunia kerja kedepannya akan mirip apa, & bagaimana perusahaan mencari tenaga kerja, serta banyak hal yg sering aku denger & kita diskusi disana.

Sebagai mahasiswa lulusan dr sosiologi, memang tak banyak dr kita sadar bahwa kompetensi kedepannya dlm dunia kerja sungguh penting pada soft skill atau keahlian yg kita miliki. Secara biasa , kita selaku mahasiswa sosiologi sudah menyanggupi syarat dengan-cara manajemen, kalau hendak melamar kerja dimanapun.

Nah, untuk itu pula kita mesti ada persiapan yg matang, & lebih spesifikasi lagi, mirip hebat dlm bidang-bidang tertentu, misal andal di bidang pengolahan data, jago dlm observasi di lapangan, atau andal dlm dunia rancangan, & ahli dibidang-bidang tertentu, yg kita bisa menguasai & masuk didalamnya.

Dari hasil pengalaman selama beberapa tahun dewasa ini, aku sering menerima jawaban ihwal apa saja yg mesti kita persiapkan dlm dunia kerja, kini atau lima hingga sepuluh tahun mendatang. Berikut ini saya coba rangkum dgn singkat tiga hal penting yg bisa kita persiapkan dr kini selaku lulusan dr mahasiswa sosiologi.
Pertama, pastinya sebagai mahasiswa sosiologi terlebih dahulu kita menguasai apa yg menjadi dasar rumah kita, yakni menguasai ilmu sosiologi dengan-cara biasa , pasalnya kalau kita berbicara ekonomi, bicara pendidikan, biacara aturan, tak akan jauh dr sudut pandang sosiolog. 

Oleh karena itu, kita mesti dapat menguasai beberapa ilmu dlm sosiologi itu sendiri. Karna sudut pandang & daya nalar serta pandangan baru dr seorang sosiologi sungguh dibutuhkan dlm dunia kerja, baik itu dlm ekonomi, aturan, peneliti, yg mana akan mendapatkan kawasan dimanapun sosiologi itu berada.
Kedua, sebagai mahasiswa sosiologi, kita pula mesti mengetahui soft skill yg kita miliki. Dalam artian sosiologi, soft skill yg mana berkaitan dgn kemampuan sosial, kecerdasan emosional, komunikasi, berbahasa, keramahan, sifat kepribadian, optimisme yg mampu mencirikan kemampuan seseorang dlm berafiliasi dgn orang lain. 

Dalam dunia kerja, dimanapun ananda melamar pekerjaan yg kerap kali ditanyakan itu yakni soft skill anda, apa yg anda dapat tawarkan, keahlian apa yg ananda punya, dengan-cara spesifik kita harus memiliki keahlian tersebut.

Sebagai mahasiswa sosiologi, setiaknya ananda mesti punya satu keahlian saja yg bisa ananda tawarkan ketika ditanya apa keahlian yg ananda miliki untuk perusahaan yg ananda lamar tersebut. Nah untuk lebih jelasnya ananda bisa cari beberapa keahlian yg mesti kita kuasai, atau ananda bisa baca di halaman berikut ini : (Klik)

Ketiga, membaca potensi . Sebagai mahasiswa sosiologi sebaiknya kita lebih cepat dlm membaca peluang, dlm dunia kerja kita pula harus dapat membaca potensi , demam isu kemajuan untuk bisa memperbesar profit perusahaan tersebut atau dlm hal membaca potensi usaha/pekerjaan untuk bisa ananda ciptakan untuk dirimu sendiri. 

Kitalah yg menciptakan sebuah peluang. Seperti yg ditanyakan lulusan sosiologi yg semakin banyak sementara lapangan perkerjaan untuk sosiologi terbatas. Nah, cara baiknya ya kita harus dapat membaca kesempatan & menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri kita sendiri. Lapangan pekerjaan itu kita sendiri yg menjadikannya & untuk diri kita sendiri pula atau bisa kedepannya untuk jumlah yg banyak.
Saya kira tak hanya jurusan sosiologi yg banyak lulus tiap tahunnya, mendapatkan gelar sarjana, banyak pula jurusan lainnya yg wisuda sama sama tiap tahunnya. Oleh karena itu, ada baiknya kita dapat mempersiapkannya dgn matang, dgn setelah lulus kita dapat mengenali tujuan kita berikutnya akan berlabuh kemana. 

Dan ingat kita sebagai mahasiswa sosiologi, kuasai ilmu sosiologi kita, tawarkan keahlian yg kita punya, & baca lah potensi untuk diri kita sendiri, atau untuk orang banyak.

Semoga dgn kita merencanakan tiga hal diatas kita dapat diterima di dunia kerja dimanapun kita ingin kerja yah guys ! Tetap semangat & rendah hati.
Sumber Bacaan :