close

Berikan Masing Masing Contoh Perilaku dalam Mewujudkan Nilai Ketuhanan

– Berikan Masing Masing Contoh Perilaku dlm Mewujudkan Nilai Ketuhanan di dlm kehidupan masyarakat yg beragam.

Mau tahu apa saja perilaku dlm merealisasikan nilai ketuhan dlm keberagaman masyarakat di Indonesia, yuk baca.

Memahami Keberagaman di Masyarakat

Kehidupan penduduk di Indonesia memang begitu kompleks, & sarat dgn keberagaman antar sesamanya.

Berbagai perbedaan yg ada sudah memberikan keunikan & ciri khas tersendiri bagi Indonesia di mata dunia.

Identitas nasional & setempat yg sudah mendarah daging & sudah diberikan isu dengan-cara turun temurun di kehidupan individu tersebut. 

Keberagaman di Indonesia sendiri mulai dr ragam suku, etnis, budaya, agama, kepercayaan, kepercayaan, serta berbagai tradisi yg ada di penduduk Indonesia.

Dengan banyak sekali perbedaan itu, membuat beresiko untuk terjadinya suatu konflik & ukiran yg menciptakan terjadinya perpecahan.

Serta retaknya relasi dlm bingkai persatuan & kesatuan penduduk di Indonesia. Ya pastinya, riskan karena keberagaman tak selalu berlangsung dgn mulus. 

Apalagi berbagai kepentingan & perbedaan persepsi pula menjadi hal pecahan penting untuk setiap orang yg berbeda suku saja.

Misalnya mampu berkonflik antar sesama, serta banyak sekali perbedaan dlm banyak sekali persepsi maupun perspektif individu & kalangan.

  10 Contoh Culture Shock di Indonesia

Oleh karena untuk dapat menghindari & menegah terjadinya aneka macam pertengkaran dlm masyarakat yg penuh dgn keberagaman.

Maka perlu meletakan dasar & pedoman maupun pandangan untuk dapat menjadi falsafah bangsa di dlm kehidupan penduduk tersebut. 

Apalagi dgn agama yg bermacam-macam di Indonesia, yg memang dapat menjadi potensi untuk masyarakat berkonflik satu sama lainnya. 

Maka perlu adanya pedoman dasar, dlm menunjukkan arahan untuk perilaku serta menjalankan nilai nilai sosial di penduduk . 

Pancasila ialah salah satu serpihan penting dlm menjaga keberagaman penduduk Indonesia. Inilah sebagai dasar negara.

Dan persepsi hidup bangsa yg memiliki nilai nilai yg terkandung untuk mampu ditelaah & dipraktekkan oleh masyarakat. Apa saja nilai nilai itu ? Setidaknya ada lima nilai, yakni :

1. Nilai Ketuhanan

Sila pertama ini yaitu dasar & pandang hidup dlm Pancasila yg mana ialah kekerabatan antara setiap warga negara dgn Tuhan Yang Maha Esa. 

Dimana bangsa Indonesia telah mengakui adanya Tuhan & menjalankan sebuah bangsa yg beragam dlm penduduk memeluk pedoman agamanya masing masing, tanpa ada paksaan.

2. Nilai Kemanusiaan 

Sila kedua ini adalah dasar & pandang hidup dlm Pancasila yg mana yaitu kekerabatan antara setiap warga negara mengenai nilai nilai kemanusiaan. 

Dimana korelasi warga negara yg ada di Indonesia antar sesama manusia, maupun selaku makhluk sosial yg akan saling membutuhkan satu sama lainnya. 

Apalagi dlm kehidupan masyarakat yg beragam menciptakan kehidupan insan untuk mampu saling tolong menolong & membantu satu sama yang lain.

3. Nilai Persatuan

Sila ketiga ini pula menjadi cuilan paling penting dlm menjaga suatu keberagaman antar masyarakat yg bermacam-macam. 

Dimana nilai persatuan yg dapat dijalankan oleh setiap masyarakat. 

Dimana korelasi warga negara atau masyarakat di Indonesia dgn bangsa & negara, atau antar sesama individu di penduduk . 

Dimana nilai persatuan menyadari aneka macam perbedaan yg ada setip orang wajib untuk menjunjung persatuan & kesatuan. 

Yang mana dlm pelaksanaannya, memiliki berbagai aturan atau peraturan untuk mampu saling mempersatukan bangsa Indonesia.

Yang ada dlm kehidupan penduduk di lingkungan masing masing. Itulah sila ketiga yg ada sarat dgn nilai nilai untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

4. Nilai Kerakyatan

Sila keempat ini pula menjadi serpihan penting dlm masyarakat yg bermacam-macam. 

Dimana relasi warga negara atau penduduk Indonesia dgn kekuasaan & pemerintahan selaku pemegang kedaulatan rakyat. 

Oleh alasannya itu, setiap warga negara mempunyai hak & keharusan untuk ikut serta dlm pemerintahan yg ada pada penduduk yg beragam.

5. Nilai Keadilan 

Sila kelima ini pula penting untuk dipraktekkan masyarakat Indonesia yg bermacam-macam. Sebagai pandangan dasar sila kelima ini harusnya mampu diterapkan oleh semua elemen penduduk . 

Dimana korelasi warga negara atau penduduk Indonesia dgn kemakmuran serta keadilan.

Misalnya seperti bersusah payah untuk mampu mengembangkan taraf hidup & bertingkah adil kepada sesama di penduduk yg bermacam-macam.

Dari kelima sila diatas,lantas bagaimana seseorang dapat memperlihatkan teladan sikap di dlm merealisasikan nilai nilai yg terkandung di dlm Pancasila tersebut.

Mau tahu jawabannya, mari simak pembahasan & penjelasannya dibawah ini, terkhususnya contoh sikap dlm mewujudkan nilai ketuhanan di masyarakat.

Contoh Perilaku dlm Mewujudkan Nilai Ketuhanan

Berikut dibawah ini beberapa teladan perilaku dlm merealisasikan nilai ketuhanan dlm Pancasila yaitu :

1. Percaya & Bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa

Dalam penduduk yg bermacam-macam di Indonesia, setiap orang mestinya mampu menjalankan & melakukan nilai nilai ketuhanan dlm Pancasila. 

  8 Dampak Positif dan Negatif Modernisasi di Bidang Kesehatan

Dengan mempercayai & bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dgn pedoman agama yg dianut oleh masyarakat masing-masing.

2. Menjalankan Ajaran Agama Masing-Masing

Melaksanakan Ibadah, & Berbagai Ajaran Agama yg Sesuai dgn dianut oleh masing masing individu. Tanpa ada paksaan atau tekanan dr orang lain. 

Dengan cara inilah, selaku upaya & salah satu pola perilaku dlm merealisasikan nilai ketuhanan Pancasila itu sendiri di dlm keberagaman penduduk Indonesia.

3. Saling Menghormati Antar Umat Beragam

Selanjutnya, dlm pola perilaku merealisasikan nilai ketuhanan antar penduduk yg penuh dgn keberagaman.

Yakni dgn cara saling menghormati sesama pemeluk agama, antar umat yg berbeda suku, etnis, budaya untuk dapat hidup berdampingan di penduduk . 

4. Tidak akan Memaksa Seseorang dlm Memeluk Agama

Cara berikutnya bisa dijalankan dgn tak memaksakan hasratdiri sendiri untuk mengajak & mendoktrin orang memeluk agama.

Tidak adanya paksaan dlm memilih agama menjadi cuilan terpenting dlm upaya pola sikap untuk mampu merealisasikan nilai ketuhanan di penduduk . 

5. Tidak Menganggu Peribadahan & Kepercayaan Orang Lain

Terakhir dlm upaya menunjukkan acuan perilaku untuk mampu merealisasikan nilai ketuhanan, seseorang bisa dgn tak menganggu peribadahan, kepercayaan,agama, keyakinan.

Yang dimiliki seseorang, dgn cara ini kita sebagai umat beragama mampu terus menjalankan nilai nilai sila ketuhanan dlm Pancasila pada penduduk beragam.

Demikianlah pembahasan & ulasan mengenai pertanyaan tentang Berikan Masing Masing Contoh Perilaku dlm Mewujudkan Nilai Ketuhanan di kehidupan keberagaman.

Sumber Referensi Sosiologi.info : 

https://penjagaperpus.com/, diakses pada Minggu, 06 Maret 2022

dari aneka macam sumber