close

Mengingat dan Menagih Janji Jokowi di Periode Kedua, akankah Terealisasi ?

Politik – Publik mesti ingat, komitmen-komitmen politik Jokowi & Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Apa saja komitmen politik mereka untuk Indonesia di lima tahun (2019-2024) mendatang ? Berikut kita ingatkan kembali, & menagih janji itu !

Politik itu banyak mengumbar akad. Apakah janjinya palsu atau asli kita tak akan tahu. Kalau telah terbukti gres bisa kita percaya bahwa janjinya itu asli. Memang, Pilpres sudah lewat, & kita tahu yg menang adalah Jokowi & Ma’ruf Amin yg terpilih selaku presiden & wakil presiden periode 2019-2024. Banyak akad yg mereka ucapkan untuk dapat memperoleh suara & menang kemarin itu.
Lantas, apakah akad-kesepakatan itu sudah mulai teralisasi kini ini ? Yah, walaupun gres hitungan bulan menjabat, setidaknya kita melihat progres akankah akad itu teralisasi ? Nah, sebelum itu kita mesti ingatkan kembali akad apa saja yg terucap oleh Jokowi – Ma’ruf Amin ketika pilpres 2019 kemudian. Berikut ini 5 komitmen Jokowi dr 10 janji yg terucap, sebagai berikut :
Janji, Akses Internet Cepat. Berdasarkan gosip yg dipublikasikan oleh CNBC Indonesia, pada 16 Mei 2019, menyebutkan bahwa pada 2018 jumlah pengguna internet di Indoensia sudah meraih angka 171,17 juta jiwa. Hasil studi Polling Indonesia yg berafiliasi dgn Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menyebutkan angka itu setara dgn 64,8% dr total penduduk Indonesia yaitu 264,16 juta jiwa.

Dimana pengguna internet tersebar lebih banyak di Pulau Jawa & Bali, dgn capaian 55% dr total pengguna, sisanya Pulau Sumatera 21%, Papua 10%, Kalimantan 9%, & Nusa Tenggara 5%. Hasil ini masih memberikan citra besarnya pengguna internet di Indonesia pula mesti mampu diikuti dgn fasilitas & prasarana serta jaringan internet yg cepat.

Di luar Pulau Jawa, pengguna internet masih sedikit, & apakah mungkin sebab susukan & fasilitas internet nya kurang baik, kita pula kurang tahu akan hal itu. Namun, dr beberapa pengalaman saat saya travelling ke kawasan-daerah baik saat ke desa, atau ke tempat wisata, sering kali memang jalan masuk internet yg kurang baik, mirip jaringannya tersendat, kita mesti mencari atau sampai memanjat ke kawasan tinggi agar menerima jaringan yg anggun, serta kendala yang lain dlm penyedian internet di tempat tersebut. 

Semoga saja mereka berdua mampu menunaikan janjin politik dikala pilpres 2019 lalu ya guys, biar kita dikala travelling ke tempat terpencil sekali pun masih dapat susukan jaringan yg cantik.
Janji, Permudah Usaha Generasi Muda. Anak muda sekarang telah mulai terpesona untuk memulai berwirausaha, mulai dr yg kecil-kecilan hingga dlm jumlah besar. Ada banyak anak muda yg kita temui, yah mitra akrab kita, atau saudara kita yg masih muda niscaya ada yg telah memulai berwirausaha. 

Beberapa bulan akhir-akhir ini, aku pernah ikut workshop mengenai kewirausahaan, sangat banyak belajar disana, mulai dr mencari dana untuk modal permulaan, sampai belajar digital marketing, & belajar banyak hal yg awalnya aku tak tahu wacana itu. Jika, dilihat dr kesungguhan pemerintah dlm hal ini, gampang-mudahan saja yah tetap konsisten dlm menunaikan kesepakatan politik tersebut.

Terutama untuk anak muda yg ingin memulai usaha, biar dapat diarahkan dgn baik, mulai dr peminjaman modal, memanjemen keuangan, & taktik berdagang yg bisa diterapkan oleh anak muda saat ini. Semoga ya kian dipermudahkan untuk mengawali berwirausahaan untuk anak muda.
Janji, Kartu Pra-Kerja.  Kartu ini akan diberikan pada masyarakat yg belum menerima kerja. Penjelasan lain ihwal kartu pra kerja yakni kartu sumbangan pelatihan vokasi yg akan diberikan pada pencari kerja, pekerja buruh aktif, & terkena pemutusan korelasi kerja (PHK) untuk meningkatkan kompetensi. Lebih lengkapnya ananda mampu baca kemajuan terkini mengenai kartu pra-kerja tersebut. (Klik Saja)
Janji, soalnya Koperasi Petani & Bank Mikro Nelayan. Pada periode pertama pemerintah Jokowi – Jk memang sudah mengelontorkan banyak modal dlm meningkatkan pendapatan para petani & nelayan. Pada 22 Januari 2019, Jokowi berjumpa dgn para usahawan nelayan & menawarkan pinjaman modal.  

Menurut Jokowi, sebanyak Rp 132 miliar dana Bank Mikro Nelayan telah tersalurkan & digunakan oleh nelayan & perjuangan perikanan. Sementara itu sasaran penyaluran dana pinjaman Bank Mikro Nelayan sebesar Rp 975 miliar.

Presiden menyampaikan pinjaman dr Bank Mikro Nelayan memiliki bunga yg kompetitif yakni 3 persen. “Tolong dimanfaatkan. Tapi kalau sudah mengambil (pinjaman) ya diangsur, menyicil, mesti itu,” kata Kepala Negara. (Sumber : Tempo.co)

Semoga saja diperiode ke dua presiden dgn serius dlm memperlihatkan pinjaman modal bagi para petani & nelayan yg bergerak dlm bisnisnya.
Janji, Dana Desa akan Capai Rp. 400 T.  Pencapaian dana desa yg terus diberikan pemerintah di periode pertama akan terus bertambah lagi. Pencapaian dr dana desa ini dibutuhkan supaya desa-desa yg ada bisa beridiri dgn mandiri, mulai membuatkan usaha-perjuangan di desa, & menunjukkan peluang pada penduduk untuk mampu berbagi bisnisnya melalui pinjaman dana tersebut, baik melalui koperasi desa atau Bumdes. 

Dengan keinginan agar desa tersebut mampu mampu berdiri diatas kaki sendiri. Semoga saja penambahan anggaran di desa mampu menunjukkan pengaruh faktual bagi masyarakat yg akan memulai usahanya atau planning kedepannya dlm kenaikan ekonomi kreatif dgn baik.
Itulah sekilas lima akad jokowi dr sepuluh komitmen yg terucap dikala pilpres 2019 kemudian, gampang-mudahan kita mampu mengaih akad tersebut hingga selesai 2024 mendatang. Untuk lebih lengkapnya ananda bisa baca beberapa refrensi dibawah ini ya guys !
  
Sumber Bacaan :