close

Contoh Pidato Persuasif Tentang Kesehatan, Mudah Terbaru

– Berikut contoh pidato persuasif wacana kesehatan yg mampu digunakan di kehidupan sehari – hari . 

Namun, sebelum menyimak contoh pidato persuasif tentang kesehatan. Simak apalagi dahulu pengertian pidato

Pengertian Pidato

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Pidato merupakan suatu pengungkapan asumsi yg berbentuk kata-kata & ditujukan pada orang banyak ; wacana yg disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. 

Pidato mampu dibilang sebagai aktivitas berbicara di hadapan orang banyak/publik sebagai bentuk menunjukkan pertimbangan atau kode. 

Pidato kadang disampaikan oleh pimpinan/orang yg dianggap penting sehingga pidatonya didengar oleh orang & makna yg disampaikan cepat tertangkap & terealisasi. 

Tujuan pidato yaitu untuk menghipnotis audiens supaya sesuai dgn yg dibutuhkan oleh kita, sehingga biar satu pengertian perlu adanya penyampaian keterangan. 

Perlu penyampaian kalimat yg runtut & sistematis sehingga yummy untuk didengar & menawarkan kesan nyata. 

Sekilas Pidato Persuasif

Pesan yg disampaikan pada pendengar untuk mempengaruhi atau mengajak lewat penguatan, pengkondisian, respon terhadap gagasan, isu, rancangan atau produk. 

Ciri nya yakni mengandung kalimat seruan/perintah, mendorong/mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu, memakai kalimat yg membangun/konkret, memperlihatkan suatu problem. 

Contoh Pidato Persuasif Tentang Kesehatan 

Berikut ini pembahasannya

Assalamualaikum wr wb.

Selamat pagi hadirin semua. 

Puji syukur kehadirat Allah swt yg telah melimpahkan rahmat & nikmatnya sehingga kita mampu berkumpul pada pagi hari ini dlm kondisi sehat wal afiat. 

  4 Langkah Mudah Cek Nomor Indosat IM3 Ooredoo

Semoga kita selalu dlm lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Di siang hari ini  saya ingin menyampaikan sepatah kata mengenai narkoba & aturan yg mengaturnya.

Pada pagi hari ini saya akan memberikan sedikit anjuran ihwal kesehatan. Pepatah menyampaikan sehat itu mahal. 

Tentu saja benar, karena tatkala kita sakit kita akan mengeluarkan banyak biaya untuk berobat. 

Walau uang kita banyak, kita kaya raya akan namun kita sakit percuma. Kita tak bisa menikmati kekayaan kita. 

Jika sehat itu mahal, maka kita harus menjaga kesehatan kita. Hal itu bisa kita kerjakan dgn mengganti gaya hidup menjadi lebih sehat & memakan makanan yg bergizi. 

Apalagi kini banyak wabah penyakit yg mulai merajalela, maka dr itu kita mesti mawas diri. 

Olahraga pula jangan lupa, perbanyak bersyukur apabila kita masih diberikan kesehatan. alasannya sehat yaitu rezeki dr allah. 

Oh iya, tatkala kita masih mampu menghirup udara segar, masih mampu bernafas tanpa mengeluarkan uang artinya kita masih diberikan kesehatan. 

Demikian pidato dr saya, mudah-mudahan berguna. Jaga kesehatan, lantaran sehat itu mahal & sehat itu berawal dr diri sendiri. 

Sekian, wassalamualaikum. 

Demikian ulasan tentang pola pidato persuasif wacana kesehatan yg mampu digunakan di kehidupan sehari-hari. 

Penulis : Hilda Ayu 

Sumber Referensi :

Yosodipuro, Arif. Pintar Pidato : Kiat Menjadi Orator Hebat. 2020. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Khoerunnisa, Elis. Super Complete SMP/MTs 7,8,9. 2020.  Depok : Sahabat Pelajar Cerdas