close

Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga, Sebutkan dua sumber daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya ! (Jawabannya)

Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yg mesti ananda jaga, Sebutkan dua sumber daya alam yg ada di lingkunganmu & tulislah paling sedikit tiga acara untuk menjaganya ! SDA menurut sumbernya ada dua macam yakni biotik & abiotik.

Nah, biotik itu pada dasarnya berasal dr makhluk hidup seperti misalnya adalah binatang, & flora. Sedangkan abiotik itu berasal dr makhluk tak hidup, seperti misalnya, tanah, air, udara, tambang.

Kira-kira di tempat tempat tinggalmu, ada apa saja, tumbuhan, hewan, air, tanah atau lainnya ? yg menjadi sumber daya untuk kehidupan penduduk ?.

Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yg mesti ananda jaga, Sebutkan dua sumber daya alam yg ada di lingkunganmu & catatlah paling sedikit tiga acara untuk menjaganya !

Jawaban pertama:

Sumber Daya: Air dr sungai. Cara menjaganya, yaitu dengan

  • Tidak mencampakkan sampah sembarang ke sungai.
  • Tidak menambang pasir & batu di sungai.
  • Tidak memakai racun / potas untuk menangkap ikan di sungai.

Sumber Daya: Padi / beras dr sawah. Cara menjaganya yakni dengan

  • Menjaga kebersihan parit selaku sumber air untuk pesawahan.
  • Menjaga & memperbesar luas lahan sawah biar tak dialihfungsikan selaku lahan untuk perumahan atau banguan.
  • Tidak membuang sampah ke sawah.
  • Tidak menginjak-injak atau merusak tumbuhan padi.

Begitulah jawabannya sahabat-teman. Makara pada intinya, kata kuncinya pada berguru online kali ini, ada pada sumber daya alam.

Berarti yg menjadi sumber daya berasal dr alam, bisa berbentukmakhluk hidup maupun bukan. Pada pembahasan ini, mimin mengambil pola sumber daya air, yaitu pada sungai.

  Mengapa, sekalipun Nabi Ayyub As kaya raya tetapi beliau tidak sombong ? (Jawabannya)

Air kan bisa menjadi sumber dayam untum minum bagi manusia, binatang, hingga sumber bagi tumbuhan. Lalu contoh keduanya adalah padi / beras, yg menjadi sumber pokok bagi manusia.

Kalau di tempat kalian contohnya tak ada padi, mampu diganti disesuikan, contohnya singkong, pisang, atau bisa pula tumbuhan yg ada di sekitar kalian, atau binatang ternak di kawasan tempat tinggal kalian.

Kalau di perkotaan, bisa berupa pohon beringin kek, pohon apa kek, kemudian cara menjaganya seperti membuat ruang terbuka hijau, atau taman & lain sebagainya.

Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yg harus ananda jaga, Sebutkan dua sumber daya alam yg ada di lingkunganmu & tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya

Verifikasi

Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yg mesti ananda jaga, Sebutkan dua sumber daya alam yg ada di lingkunganmu & tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya

Sumber daya alam, misalnya mirip air sungai, laut, danau, atau bisa pula bila makhluk hidup mirip ayam, kambing, padi, tanaman mirip jati, hutan, tanah, batu & lain sebgaainya sesuai dgn kawasan kalian.

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫