close

Ayat al Quran yang berisi perintah berkurban adalah (A)

Ayat al Quran yg berisi perintah berkurban yaitu (A) QS al-Kausar/108 ayat 1-3, karena pada ayat tersebut Allah menyuruh untuk berkurban selaku ibadah & mendekatkan diri pada Allah.

Adapun arti surat Al Kausar ayat 1 sampai 3 adalah

“Sungguh, Kami sudah memberimu (Muhammad) nikmat yg banyak. Maka laksanakanlah salat lantaran Tuhanmu, & berkurbanlah (selaku ibadah & mendekatkan diri pada Allah). Sungguh, orang-orang yg membencimu dialah yg terputus (dari rahmat Allah).”

Dari surat & ayat tersebut jelas terdapat perintah salat & pula berkurban. Maka jawabannya yaitu A.

Ayat al Alquran yg berisi perintah berkurban yakni ….

a. Q.S. al-Kausar/108 ayat 1-3.

b. Q.S. an-Nasr/110 ayat 1-3.

c. Q.S. al-Kafirun/109 ayat 1-3.

d. Q.S. al-Lahab/111 ayat 1-3.

Penjelasan

  • Maksud soal: perintah utuk kurban.
  • Kata kunci: kurban.
  • Jawabannya ialah A.

Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada perintah untuk melakukan kurban. Maka memiliki arti ada pada surat Al Kausar ayat 1-3. Berikut ini isinya:

Ayat al Quran yg berisi perintah berkurban adalah (A) QS al-Kausar/108 ayat 1-3, sebab pada ayat tersebut Allah memerintahkan untuk berkurban sebagai ibadah & mendekatkan diri pada Allah.

Sehingga jawabannya adalah A.

  • Sedangkan balasan B, C & D salah.

Surat An Nasr ayat 1-3 berisi perintah untuk bertasbih & memohon ampunan pada Allah, maka bukan berkurban sehingga jawaban B salah.

Sedangkan surat Al Kafirun ayat 1-3 berisi perintah biar nabi Muhammad menyampaikan untuk tak menyembah apa yg orang kafir sembah, begitupun sebaliknya. Maka tanggapan B salah.

Lalu jikalau surat Al Lahab berisi wacana dongeng Abu Lahab yg binasa kedua lengannya, tak memiliki kegunaan harta & bisnisnya, serta dimasukan ke dlm neraka. Maka bukan kurban, sehingga tanggapan C salah.

  Berikut ini zat adiktif yang membuat orang bisa kecanduan adalah (C)

Verifikasi

Ayat al Quran yg berisi perintah berkurban yaitu

(A) QS al-Kausar/108 ayat 1-3, karena pada ayat ini terdapat perintah salat & berkurban.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯