close

Amir adalah anak yatim di sekolah, Ia selalu diejek Dimas karena memakai seragam yang sangat lusuh, Walaupun demikian, Amir tidak pernah marah, Sikap Amir merupakan contoh (D)

Amir adalah anak yatim di sekolah, Ia senantiasa diejek Dimas karena menggunakan seragam yg sangat lusuh, Walaupun demikian, Amir tak pernah murka, Sikap Amir merupakan acuan (D) Pemaaf.

Karena Amir, tak merasa benci & tak berhasrat membalas kesalahan Dimas, yg bermakna Amir sudah memaafkan kesalahan Dimas.

maka bermakna perilaku Amir yakni pemaaf, yg hal ini ada pada opsi balasan D.

Amir yaitu anak yatim di sekolah, Ia selalu diejek Dimas lantaran menggunakan seragam yg sangat lusuh, Walaupun demikian, Amir tak pernah murka, Sikap Amir merupakan acuan…

A. Tabah.

B. Sabar.

C. Ikhlas.

D. Pemaaf.

Penjelasan

  • Maksud soal: diejek tak marah.
  • Kata kunci: tidak murka.
  • Jawabannya yaitu D.

Belahar online kali ini, kata kuncinya ada pada Amir yg selau diejek namun tak marah. Maka bermakna Amir tak benci & tak mau membalasnya. Hal ini berarti Amir telah memaafkan Dimas.

Makanya jawabannya yaitu Pemaaf. Sehingga jawabannya adalah D. Berikut ini keterangan di dlm buku paket kelas 197:

Amir adalah anak yatim di sekolah, Ia selalu diejek Dimas karena memakai seragam yg sangat lusuh, Walaupun demikian, Amir tak pernah marah, Sikap Amir merupakan contoh
  • Sedangkan jawaban A, B & C salah.

Tabah, Sabar mempunyai arti kan besar lengan berkuasa hati dala meghadapi ujian atau ancaman, sehingga bukan berhubungan dgn perilaku Amir yg selalu diejek. Maka balasan A & B salah.

Ikhlas bermakna berarti melakukan sesuatu karena Allah semata, bukan karena menghendaki imbalan dr orang lain maupun dipuji orang lain. Makanya balasan C salah.

  Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri, Hal ini tercantum dalam QS (B)

Verifikasi

Amir ialah anak yatim di sekolah, Ia senantiasa diejek Dimas karena menggunakan seragam yg sangat lusuh, Walaupun demikian, Amir tak pernah murka, Sikap Amir merupakan teladan

(D) Pemaaf, alasannya Amir tak merasa benci & ingin membalas kesalahan Dimas.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯