close

Perhatikan pernyataan berikut, 1 Menegur teman dengan keras, Perilaku terpuji terdapat teman sebaya ditunjukkan angka (C)

Perhatikan pernyataan berikut, 1 Menegur sahabat dgn keras, Perilaku terpuji terdapat sahabat sebaya ditunjukkan angka (C) 2), 3), & 4).

Karena perbuatan terpuji yakni perbuatan yg risikonya berfaedah. Maka mempunyai arti perbauatn ini ialah perbuatan yg baik.

Dari opsi pernyataan dlm nomor, perbuatan baik tersebut disebutkan pada nomor 2 yaitu mengatakan santun. Kemudian pada nomor 3 yakni mengargai teman. Lalu pada nomor 4 yakni menjenguk sahabat yg sakit.

Sehingga jawabannya yakni 2, 3, & 4 yg hal ini ada pada pilihan jawaban C.

Perhatikan pernyataan berikut !

  • 1) Menegur sahabat dgn keras.
  • 2) Berbicara dgn sahabat dengan-cara santun.
  • 3) Menghargai usulan sobat lain.
  • 4) Menjenguk sahabat yg sedang sakit.
  • 5) Mengejek sobat yg kalah bertarung .

Perilaku terpuji terdapat sahabat sebaya ditunjukkan angka . . . .

A. 1), 2), & 3).

B. 1), 3), & 5).

C. 2), 3), & 4).

D. 2), 4), & 5).

Penjelasan

  • Maksud soal: pola perilaku terpuji.
  • Kata kunci: tindakan terpuji.
  • Jawabannya adalah C.

Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada tindakan yg terpuji yg merupakan tindakan yg bermanfaat. Maka perbuata tersebut ialah tindakan baik.

Dari pilihan nomor yg tersedia, perbuatan baik itu disebutkan pada nomor 2 mengatakan santun, kemudian pada nomor 3 yakni menghargai sobat.

Kemudian pada nomor 4 yaitu menjengkuk teman yg sakit. Sehingga jawabannya ada pada pilihan jawaban 2, 3 & 4. Yang hal ini ada pada pilihan jawaban C.

Perhatikan pernyataan berikut, 1 Menegur teman dgn keras, Perilaku terpuji terdapat teman sebaya ditunjukkan angka
  • Sedangkan jawaban A, B, & D salah.
  Siapakah wali Allah itu ? (Jawabannya)

Pada pilihan 1, menegur teman dgn keras bukan perbuatan yg baik, karena dilakukan dgn keras. Sehingga bukan tindakan yg terpuji. Makanya jawaban A, & B salah karena menyebutkan nomor 1.

Lalu nomor 5, mengejek sobat adalah tindakan yg buruk, bukan terpuji. Makanya jawaban D lantaran menyebutkan nomor 5 salah.

Verifkasi

Perhatikan pernyataan berikut, 1 Menegur sobat dgn keras, Perilaku terpuji terdapat sahabat sebaya ditunjukkan angka

(C) 2), 3), & 4), karena mengatakan santun, menghargai & menjengkuk teman yakni tindakan baik & bermanfaat sehingga termasuk perbuatan yg terpuji.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯