close

Menurut teori Mekah, Islam sudah masuk ke Indoesia pada abad ke 7, bukan abad 13, pernyatan di bawah ini merupakan buktinya, kecuali (B)

Menurut teori Mekah, Islam telah masuk ke Indoesia pada masa ke 7, bukan periode 13, pernyatan di bawah ini merupakan buktinya, kecuali (B) isu Marco Polo yg pernah singgah di Sumatra tahun 1292.

Sebab, menurut teori Mekah, masuknya Islam ke Indonesia diandalkan eksklusif dr Timur Tengah lewat perdagangan mirip para penjualArab.

Sedangkan pada opsi B, Marco Polo yakni seorang petualang & pedagang namun berasal dr Venesia, Italia untuk berdagang di Asia, mirip India, China & Indosnesia namun bukan untuk menyebarkan agama.

Sehingga pilihan B bukan berhubungan dgn penyeberan Islam. Makanya tanggapan ada pada pilihan yg B.

a. adanya makam Syekh Mukaidin di Baros tertanda tahun 674.

b. info Marco Polo yg pernah singgah di Sumatra tahun 1292.

c. peranan bangsa Arab dlm berbagi Islam sambil berjualan.

d. isu Tiongkok tentang Raja Ta Cheh mengantardelegasi ke Kalingga.

e. ditemukannya makam Fatimah binti Maimun di Leran tertanda tahun 1082.

Penjelasan

  • Maksud soal: bukti islam masuk ke Indonesia pada periode 7 antara lain.
  • Kata kunci: teori Mekah.
  • Jawabannya ialah B.

Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada teori Mekah. Yang berarti masuknya islam pada abad 7. Dalam opsi balasan, info Marco Polo di Sumatera masa 1292, bermakna masuk pada kurun 13.

  Pada dasarnya insfrasruktur politik mencakup seluruh organisasi untuk menyalurkan aspirasi rakyat, kecuali (B)

Sehingga bukan tergolong bukti masuknya Islam di masa 7. Di sisi lain Marco Polo yakni seorang petualang, bukan untuk menyebarakan agama. Makanya jawaban B yg benar.

Menurut teori Mekah, Islam sudah masuk ke Indoesia pada abad ke 7, bukan abad 13, pernyatan di bawah ini merupakan buktinya, kecuali

Verifikasi

Menurut teori Mekah, Islam telah masuk ke Indoesia pada era ke 7, bukan kurun 13, pernyatan di bawah ini merupakan buktinya, kecuali

(B) isu Marco Polo yg pernah singgah di Sumatra tahun 1292. ✅

Maaf, Jawabannya belum dikoreksi 🙄