close

Sebutkan 3 (tiga) macam kewajiban suami terhadap isteri ! (Jawabannya)

Sebutkan 3 (tiga) macam kewajiban suami terhadap isteri ! kewajiban berarti hal -hal yg wajib atau harus dijalankan.

Yang melakukan dlm hal ini ialah suami pada sang istri. Setelah menikah kan terikat oleh relasi keluarga, & menyebabkan hak & kewajiban.

Hak kewajiban ini ada 3, yaitu suami & istri, suami pada istri & istri kepda suami. Karena suami pada istri. Maka memiliki arti kewajiban ini yakni yg wajib dijalankan suami pada sang istri.

Sebutkan 3 (tiga) macam keharusan suami kepada isteri !

Jawab:

Kewajiban suami pada / kepada isteri antara lain yaitu:

  1. Menjadi pemimpin, memelihara & membimbing keluarga lahir & batin serta menjaga & bertanggung jawab atas kemakmuran keluarganya (QS at-Tahrim ayat 6).
  2. Memberi nafkah, pakaian & tempat tinggal pada istri anak-anaknya sesuai dgn kemampuan yg diusahakan dengan-cara maksimal (QS al Baqarah ayat 168 & 172).
  3. Bergaul dgn isteri dengan-cara ma’ruf & memperlakukan keluarganya dgn cara baik.
  4. Masing-masing anggota keluarganya, khususnya suami & isteri bertanggung jawab sesuai fungsi & kiprahnya masing-masing.
  5. Memberi kebebasan berfikir & bertindak pada isteri sepanjang sesuai norma Islam, menolong peran-peran isteri serta tak mempersulit acara isteri.

Begitulah beberapa kewajiban yg harus wajib dilaksanakan oleh suami pada istrinya. Belajar online kali ini, kata kuncinya kan keharusan.

Berarti wajib atau mesti dikerjakan. Yang melaksanakan suami pada istrinya. Suami harus menjadi pemimpin, memelihar & membimbing keluarganya.

Lalu pula wajib memberi nafkah, busana serta kawasan tinggal pada istri & anak-anaknya sesuai kemampuannya.

Lalu pula mesti menggauli istri dgn baik, & diperlakukan dgn cara yg baik. Hal ini bantu-membantu diterangkan di dlm buku paket kelas 12 pada halaman 138:

Sebutkan 3 (tiga) macam kewajiban suami terhadap isteri

Verifikasi

Berikut ini kalau kunci balasan gurunya:

Sebutkan 3 (tiga) macam kewajiban suami terhadap isteri

Catatan: kalian bergotong-royong pula bisa pake yg halaman 138, pilih 3 aja.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯