close

Di bawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali (E)

Di bawah ini yakni ayat-ayat yg memerintahkan untuk berbakti pada kedua orang renta, kecuali (E) QS al-Isra’/17: 17, lantaran pada ayat ini berisi tentang kaum Nuh yg sudah dibinasakan.

Adapun terjemahan atau arti surat al-Isra ayat 17: “Dan berapa banyak kaum sesudah Nuh, yg sudah Kami binasakan. Dan cukuplah Tuhanmu Yang Maha Mengetahui, Maha Melihat dosa hamba-hamba-Nya.”

Dari arti tersebut, terperinci pada surat adan ayat itu bukanlah perintah untuk berbakti pada orangtua. Sehingga jawabannya adalah E.

Di bawah ini adalah ayat-ayat yg memerintahkan untuk berbakti pada kedua orang tua, kecuali ….

a. QS. al-An’am/6: 151.

b. Q.S. Luqman/31: 14.

c. Q.S. al-Isra’/17: 23.

d. Q.S. al-Isra’/17: 24.

e. Q.S. al-Isra’/17: 17.

Penjelasan

  • Maksud soal: bukan perintah berbakti pada kedua orangtua.
  • Kata kunci: kecuali.
  • Jawabannya yaitu E.

Dalam berguru online kali ini, kata kuncinya yaitu perintah berbakti pada kedua orangtua, kecuali. Berarti kan yg bukan.

Makanya jawabannya ada pada surat Al isra ayat 17:

Di bawah ini adalah ayat-ayat yg memerintahkan untuk berbakti pada kedua orang tua, kecuali
  • Sedangkan A, B, C & D salah.

Sebab surat an an’am ayat 151, berisi perintah untuk berbuat baik pada ibu bapak, sehingga berbentukperintah berbakti pada kedua orangtua. Sedangkan yg ditanya adalah yg bukan. Maka A salah.

Surat al Luqman ayat 14 pula berisi perintah untuk berbuat baik pada dua orang ibu & bapak, sehingga tergolong perintah berbakti pada kedua orangtua. Sedangkan yg ditanya soal yakni yg bukan. Maka jawaban B salah.

  Jelaskan pengertian tata hukum Indonesia ! (Jawabannya)

Lalu surat al Isra ayat 23-24, pula menyuruh semoga jangan membentak pada kedua orangtua yg sudah lanjut, makanya berbentukperintah berbuat baik pada orangtua.

Sehingga tanggapan C & D sudah niscaya salah, lantaran yg ditanya yakni kecuali.

Verifikasi

Di bawah ini ialah ayat-ayat yg menyuruh untuk berbakti pada kedua orang tua, kecuali

(E) Q.S. al-Isra’/17: 17, alasannya adalah ayat ini artinya “Dan berapa banyak kaum setelah Nuh, yg sudah Kami binasakan. Dan cukuplah Tuhanmu Yang Maha Mengetahui, Maha Melihat dosa hamba-hamba-Nya.”

Jawaban diverifikasi BENAR 💯