close

Apakah manfaat beriman kepada takdir Allah Swt ? (Jawabannya)

Apakah manfaat beriman pada takdir Allah Swt ? berikut ini pembahasan & klarifikasi mengenai manfaat tersebut.

Manfaat bermakna berkaitan dgn kegunaan. Nah takdir itu nama lain dr qada’ & pula qadar. Qada’ mempunyai arti ketapan atau kehendak atau ketentuan.

Sedangkan qadar memiliki arti perwujudan dr ketentuan tersebut. Apa sih manfaatnya apabila contohnya kita yakin bahwa Allah sudah memutuskan segala sesuatunya mirip jodoh, sampai umur kita ?.

Apakah manfaat beriman pada takdir Allah Swt ?

Jawab:

Manfaat beriman pada qada’ & qadar atau takdir Allah Swt, antara lain yaitu

  1. menenangkan jiwa,
  2. selalu bersikap tabah & syukur,
  3. menumbuhkan sifat optimis,
  4. dan menjauhkan diri dr sifat sombong.

Begitulah jawabannya teman-sahabat. Pada intinya sih berguru online kali ini kata kuncinya kan faedah  kegunaan atau hikmah.

Yang kaitannya apabila kita mengimani atau meyakini atau mempercayai adanya takdir atau segala sesuatunya telah ditentukan / ditetapkan oleh Allah.

Salah satunya tentunya menenangkan jiwa, karena orang yg percaya akan takdir mempunyai arti dia percaya bahwa Allahlah yg menentukan memilihkan segala sesuatunya untuk kita yg hal tersebut adalah yg terbaik bagi kita berdasarkan Allah.

Lalu yg kedua kita menajdi bersabar & pula besyukur, karena mereka yg percaya akan takdir berarti percaya bahwa contohnya ketentuan perihal cobaan dr Allah ialah ketentuan Allah yg diberikan untuk menguji keimanan kita.

Di sisi lain, kita pula akan merasa optimis, alasannya percaya bahwa Allah ketentuan Allah apabila kita berupaya niscaya Allah akan mempermudah jalannya. Bahwa nasib sesoerang tak akan berubah bila orang tersebut tak ingin merubahnya.

  Jelaskan mengapa kita harus menghormati dan menaati guru ! (Jawabannya)

Hal tersebut dgn percaya akan takdir pula menyebabkan kita tak sombong atau takabur sebab kita menilai bahwa seluruhnya yaitu karunia dr Allah.

Kunci Jawaban

Apakah faedah beriman pada takdir Allah Swt

Berikut ini beberapa faedah keyakinan pada takdir / qada’ & qadar Allah: ✅💯👍

Apakah manfaat beriman pada takdir Allah Swt

Catatan: balasan di atas dikutip dr rangkuman pada buku paket halaman 172, sebetulnya sih sama dgn penejelasan di halaman 167.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯