close

Jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yang tepat adalah (A)

Jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yg tepat ialah (A) Tabayyun, sebab tabayyun bermakna meneliti / diklarifikasi / dipastikan apalagi dahulu.

Misalnya ada berita negatif ihwal tetangga barumu, yg pergi ke rumah sakit, kemudian orang-orang mengatakan bahwa tetangganya sakit parah & menular.

Kamu jangan pribadi yakin namun ditentukan dulu sehingga tak menimbulkan prasangka buruk / suuzan.

Yang hal ini kemudian akan menjadi fitnah di antara masyarkaat. Kita tabayyun dulu / dipastikan, siapa tahu ya kan ia pergi bolak-balik ke rumah sakit ternyata kerjanya di rumah sakit, atau yg sakit temannya. Makanya mempunyai arti sikap yg benar yaitu tabayyun yg ada pada opsi A.

Jika mendengar isu atau isu negatif maka langkah yg tepat ialah ….

a. Tabayyun.

b. Ta’awun.

c. Tawakkal.

d. Tasamuh.

Penjelasan

  • Maksud soal: apabila ada berita negatif.
  • Kata kunci: negatif.
  • Jawabannya adalah A.

Pada belajar online kali ini, kata kuncinya yakni adanya info negatif. Sehingga hal yg dilaksanakan adalah memutuskan / memverifkasi / mencari kejelasan apakah isu tersebut seperti yg diberitakan, benar atau salah.

Nah, perilaku mencari kejelasan / menentukan / diverifikasi tersebut namanya tabayyun. Makanya A, sehingga dgn sikap ini kita tak menjadi jelek sangka.

Berikut ini keterangan dlm buku paket kelas 8 pada halaman 185:

Jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yg tepat adalah
  • Sedangkan B, C & D salah.

Ta’awun itu menolong, jadi bukan berkaitan dgn sikap apabila ada informasi negatif, namun tepatnya sikap apabila ada yg kesulitan maka berarti B salah.

  Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia ! (Jawabannya)

Tawakkal berarti berserah diri, yg hal ini berkaitan denga berserah hasil sehabis berupaya dgn benar-benar. Bukan berhubungan dgn berita negatif. Maka C salah.

Lalu tasamuh berhubungan dgn toleransi yakni menghormati & menghargai perbedaan, contohnya salat subuh ada yg pake kunut & ada yg tidak. KIta saling menotleransi lantaran semuanya sama-sama sah.

Makara bukan berkaitan dgn informasi jelek / isu negatif, tetapi berhubungan dgn perbedaan. Maka D salah.

Kunci Jawaban

Jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yg tepat adalah

(A) Tabayyun, alasannya adalah tabayyun yaitu memastikan, mengklarifikasi kebenarannya hal inilah perilaku yg tepat apabila ada informasi negatif.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯