close

Sebutkan hikmah iman kepada rasul ! (Jawabannya)

Sebutkan nasihat doktrin pada rasul ! berikut ini pembahasan & klarifikasi mengenai pesan yang tersirat tersebut beriman pada rasul.

Beriman pada rasul berarti meyakini / mempercayai bahwa terdapat orang yg dipilih & diutus oleh Allah selaku rasul yg mendapatkan wahyu dr Allah.

Percaya bahwa misalnya nabi Muhammad ialah rasul, kemudian pula percaya bahwa apa yg disampaikan yakni benar, & wahyu tersebut berasal dr Allah.

Nah, hikmah berarti berhubungan dgn kegunaan, faedah yg dapat kita dapatkan dgn meyakini adanya rasul tersebut.

Sebutkan hikmah iktikad pada rasul !

Jawab:

Hikmah beriman pada rasul, antara lain:

  1. Meneladani sifat-sifat mulia para Nabi & Rasul, sepert bersikap adil, jujur, ketekunan, keteguhan, & semangatnya dlm berdakwah menegakkan fatwa-aliran Allah Swt.
  2. Umat-umat terdahulu mengalami kehancuran & mendapat azab dr Allah alasannya mereka ingkar, sombong, & menyukutukan Allah. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita untuk senantasa mempertahankan keimanan & perilaku kita supaya sesuai dgn aliran Allah Swt.
  3. Selalu mengembangkan keimanan & ketakwaan pada Allah supaya negeri kita mendapatkan kemakmuran & keberkahan.
  4. Menjadikan kita senantiasa patuh & taat dlm melakukan semua yg ditugaskan oleh Allah & menjauhi apa yg menjadi larangan-Nya.

Begitulah jawabannya sobat-teman. Pada intinya ima berarti meyakini. Dan pesan yang tersirat memiliki arti kegunaan / faedah / fungsi.

Makanya salah satunya mengakibatkan kita meneladani sifat mulia para nabi, menyebabkan suri teladan sehari-hari.

Dengan meyakini rasul Allah juag menimbulkan kita terus mempertahankan keimanan & ketakwaan. Hal ini bergotong-royong disebutkan di dlm buku paket kelas 8:

Sebutkan hikmah iman pada rasul

Kunci Jawaban

Sebutkan hikmah iman pada rasul

Catatan: jawaban di atas dikutip dr kunci tanggapan guru. Yang bergotong-royong tak jauh beda dgn klarifikasi di halaman 150.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯