close

Tempat yang bisa digunakan untuk melaksanakan Salat Jumat adalah (B)

Tempat yg mampu digunakan untuk melaksanakan Salat Jumat adalah (B) Masjid, sebab masjid ialah tempat yg suci, & dilakukan untuk salat berjamaah serta sesuai syarat pelaksanaan salat jumat yaitu di dlm pemukiman penduduk.

Salah satu dr syarat sah mendirikan salat jumat ialah dilaksanakan di tempat yg sudah dijadikan tempat berdomisili oleh penduduknya, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Nah, di tempat berdomisili tersebut biasanya kan ada masjid.

Makanya dilaksanakan di masjid, alasannya adalah masjid yakni tempat untuk beribadah, & salat berjamaah. Sehingga jawabannya B.

Tempat yg bisa dipakai untuk melakukan Salat Jumat ialah…

A. Rumah sakit.

B. Masjid.

C. Jalan raya.

D. Ruangan khusus.

Penjelasan

  • Maksud soal: tempat salat jumat.
  • Kata kunci: tempat salat jumat.
  • Jawabannya yakni B.

Dalam berguru online kali ini, kata kuncinya yakni tempat untuk salat jumat. Sehingga jawabannya ialah masjid, sebab masjid ialah tempat untuk salat berjamaah.

Dan hal ini sesuai dgn syarat sah mendirikan salat jumat yaitu di kawasan pemukiman, yg mana masjid kan lazimnya berada di tempat pemukiman penduduk. Makanya jawabannya B.

Begini penjelasan dlm buku paket:

Tempat yg bisa digunakan untuk melaksanakan Salat Jumat adalah
  • Sedangkan A, C & D salah.

Rumah sakit tentunya tempat untuk orang sakit, merawat orang sakit, jalan raya pula selaku jalan, sehingga tak diutamakan, begitpun ruangan khusus pula tak ada dalil yg mengharuskan di ruangan khusus.

Kunci Jawaban

Jawaban diverifikasi BENAR 💯