close

Posisi negara Indonesia yang berada di tengah-tengah dunia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia, serta berada di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Pasifik, jika ditinjau dari aspek penduduk berada di antara (D)

Posisi negara Indonesia yg berada di tengah-tengah dunia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yakni Asia & Australia, serta berada di antara dua samudera yakni Samudera Hindia & Pasifik, bila ditinjau dr faktor masyarakatberada di antara (D) kawasan berpenduduk padat di utara & tempat berpenduduk jarang di selatan.

Sebab, dr faktor penduduk, bermakna dilihat dr orang-orang yg mendiami sebuah wilayah. Pada jawaban yg D, masyarakatpadat di utara (atas kalau lihat peta), misalnya china benua asia, eropa dll.

Dan penduduk jarang di selatan (bawah kalau lihat peta), misalnya Australia. Nah, bermakna D benar karena menurut penduduk / oranag-orang yg mendiami sebuah wilayah.

Posisi negara Indonesia yg berada di tengah-tengah dunia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia & Australia, serta berada di antara dua samudera yakni Samudera Hindia & Pasifik, jikalau ditinjau dr faktor penduduk berada di antara …

Penjelasan

  • Maksud soal: posisi silang Indonesia bila dilihat dr aspek penduduk.
  • Kata kunci: penduduk.
  • Jawabannya ialah D.

Pada berguru online kali ini, kata kuncinya yaitu posisi silang Indonesia terhdap faktor penduduk. memiliki arti berkaitan dgn orang-orang yg mendiami wilayah. Kalau dilihat dr dunia, Indonesia itu diapit oleh daerah berpenduduk padat di utara, & masyarakatjarang di selatan.

Makanya jawabannya ialah D. Berikut ini keterangan dlm buku paket halaman 171:

Posisi negara Indonesia yg berada di tengah-tengah dunia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia & Australia, serta berada di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia & Pasifik, jika ditinjau dr aspek penduduk berada di antara
  • Sedangkan A, B, C & E salah.

Ideologi, mempunyai arti posisi silang Indonesia menurut ideologi, bukan penduduk, maka A salah. Kebudayaan berarti berdasarkan kebudayaan, maka B salah.

Begitupun C & D salah, lantaran bukan menurut masyarakatsehingga tak sesuai dgn yg dimaksud oleh soal.

Kunci Jawaban

Posisi negara Indonesia yg berada di tengah-tengah dunia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia & Australia, serta berada di antara dua samudera yakni Samudera Hindia & Pasifik, jikalau ditinjau dr faktor penduduk berada di antara

(D) daerah berpenduduk padat di utara & daerah berpenduduk jarang di selatan, alasannya hal ini berdasarkan penduduk maka sesuai dgn yg dimaksud soal.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯