close

Pada dasarnya insfrasruktur politik mencakup seluruh organisasi untuk menyalurkan aspirasi rakyat, kecuali (B)

Pada dasarnya insfrasruktur politik mencakup seluruh organisasi untuk menyalurkan aspirasi rakyat, kecuali (B) Lembaga negara.

Karena infrastruktur politik yakni kalangan-kelompok kekuatan politik di dlm masyarakat yg turut ikut serta dengan-cara aktif.

Artinya, setiap organisasi / golongan non pemerintah yg menjadi pelaku politik termasuk infrastruktur politik. Misalnya, partai politik itu bukan lembaga formal / resmi negara melainkan dibuat oleh penduduk , atau misalnya kalangan kepentingan mirip serikat buruh.

Maka alasannya adalah yg ditanyakan yg bukan, maka jawabannya adalah lembaga negara. Karena lembaga negara adalah organisasi resmi / formal negara / pemerintahan, sehingga bukan merupakan insfrastruktur politik, melainkan merupakan suprastruktur politik.

Kata kuncinya:

  • Suprastruktur politik = forum resmi pemerintah.
  • Infrastruktur politik = organisasi non pemerintah.

Pada dasarnya insfrasruktur politik mencakup seluruh organisasi untuk menyalurkan aspirasi rakyat, kecuali …

a. Partai politik.

b. Lembaga negara.

c. Kelompok kepentingan (interest group).

d. Kelompok penekan (pressure group).

e. Pendapat biasa (publik opini) bersama media massa.

Penjelasan

  • Maksud soal: bukan infrastruktur politik.
  • Kata kunci: bukan.
  • Jawabannya yaitu B.

Dalam belajar online kali ini, kata kuncinya yakni kecuali & infrastruktur politik. Nah, infrastruktur politik itu kan kekuatan politik yg terdiri dr organisasi non pemerintah / tak resmi.

Maka alasannya adalah yg ditanyakan yg kecuali, bermakna yg bukan merupakan organisasi non pemerintahan. Sehingga jawabannya adalah forum negara.

Karena lembaga negara yakni forum pemerintah / negara yg masuknya suprastruktur politik, bukan infrastruktur politik. Sehingga benar karena yg ditanya yaitu kecuali.

  Apa yang kamu lakukan ketika melihat orang Islam yang perilakunya tidak sesuai dengan apa yang ada dalam ajaran Islam ? (Jawabannya)

Berikut informasi dala, buku paket:

Pada dasarnya insfrasruktur politik mencakup seluruh organisasi untuk menyalurkan aspirasi rakyat, kecuali
  • Sedangkan A, C, D & E salah.

Karena partai politik, kalangan kepentingan, golongan penekan, hingga pendapat umum / media masa yaitu forum non pemerintah / tak resmi, maka tergolong infrastruktur politik. Sedangkan yg ditanyakan ialah yg bukan.

Pada intinya, jika infrastruktur politik itu forum non pemerintah / tak resmi, sedangkan suprastruktur ialah forum pemerintah / negara / resmi.

Kunci Jawaban

Pada dasarnya insfrasruktur politik mencakup seluruh organisasi untuk menyalurkan aspirasi rakyat, kecuali

(B) Lembaga negara, karena lembaga negara ialah organisasi resmi negara / pemerintah, sehingga bukan tergolong infrastruktur politik, melainkan suprastruktur politik.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯