close

Perhatikan ayat-ayat berikut, qulhuwallahu ahad, Ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubra adalah (B)

Perhatikan ayat-ayat berikut, qulhuwallahu minggu, Ayat yg mengandung bacaan qalqalah kubra yaitu (B) 1 & 3, karena ada aksara qalqalah yg berharakat hidup tetapi disukunkan / dibaca sukun.

Qalqalah kubra yaitu aturan bacaan yg apabila ada hurf qalqalah (ba, jim, dal, qaf & tho) berharakat hidup, tetapi disukunkan sehingga dibaca sukun.

Harakat hidup dibaca sukun, umumnya berada di final kalimat / ayat. Pada soal, di daftar pilihan nomor 1, ada aksara qalqalah dal yg berharakat hidup yakni dhomah tain, namun karena berada di akhir ayat maka dibaca sukun.

Sehingga bacannya bukan ahadun, tetapi minggu. Nah kemudian nomor 3, pula ada karakter qalqalah berharakat hidup yaitu qaf berharakat kasrah, yg lalu disukunkan & dibaca sukun.

Maka jawabannya 1 & 3 yg hal ini ada pada opsi jawaban B.

Perhatikan ayat-ayat berikut, qulhuwallahu ahad, Ayat yg mengandung bacaan qalqalah kubra yaitu ….

Perhatikan ayat-ayat berikut, qulhuwallahu ahad, Ayat yg mengandung bacaan qalqalah kubra adalah

a. 1 & 2.

b. 1 & 3.

c. 2 & 4.

d. 2 & 5.

Penjelasan

  • Maksud soal: yang merupakan qalqalah kubra.
  • Kata kunci: qalqalah kubra.
  • Jawabannya yaitu B.

Belajar online kali ini, kata kuncinya yaitu qalqalah kubra yg aturan bacaannya apabila ada karakter qalqalah yg berharakat hidup namun disukunkan sehingga dibaca sukun.

Maka, bila kita perhatikan pilihannya ada pa nomor 2 yakni aksara dal berharakat hidup yg disukunkan & dibaca sukun menjadi minggu.

Lalu nomor 3 pula ada aksara qalqalah yaitu qaf berharakat hidup kasrah, yg disukunkan & dibaca sukun menjadi falaq. Sehingga jawabannya 1 & 3 yg hal ini ada pada opsi tanggapan B.

  • Sedangkan A, C & D salah.
  Jika kalian menjadi ayah Adi apa yang akan kalian lakukan untuk mematuhi kaidah fundamental UUD NRI tahun 1945 ? (Jawabannya)

Pada opsi nomor 2 salah, lantaran karakter qalqalahnya ada pada dal yg sukun, karena harakatnya sukun maka hukumnya qalqalah sugra bukannya kubro. Sehingga tanggapan A, C & D salah lantaran ada nomor 2nya yg salah.

Berikut ini keterangan & beberapa pola sesuai buku paket kelas 9:

Perhatikan ayat-ayat berikut, qulhuwallahu ahad, Ayat yg mengandung bacaan qalqalah kubra adalah

Kunci Jawaban

Perhatikan ayat-ayat berikut, qulhuwallahu minggu, Ayat yg mengandung bacaan qalqalah kubra yaitu

(B) 1 & 3, sebab ada qalqalah kubra yakni huruf qalqalah dgn harakat hidup yg disukunkan sehingga dibaca sukun yg hal ini ada pada nomor 1 & 3.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯