close

Sebutkan dan jelaskan macam-macam hukum taklifi ! (Jawabannya)

Sebutkan & jelaskan macam-macam hukum taklifi ! Berikut ini jenis & penjelsan perihal pembagian hukum taklifi.

Hukum taklifi yaitu tuntunan Allah Swt yg berhubungan dgn perintah & larangan. Hukum taklifi yakni satau satu macam pembagian dr aturan islam.

Sebab para ulama membagi aturan islam menjadi 2 yakni aturan taklifi & wadi’. Nah, hukum taklifi terdapat 5 macam yakni Wajib, Haram, Sunah, Makruh & Mubah.

Sebutkan & jelaskan macam-macam aturan taklifi !

Jawab:

Hukum taklifi terdapat 5 macam antara lain:

  1. Wajib (fardu) ialah perintah Allah Swt yg harus dikerjakan, dgn konsekuensi bahwa bila dilaksanakan akan mendapatkan pahala, & kalau ditinggalkan akan berakibat dosa.
  2. Sunnah (mandub) ialah tuntunan untuk melaksanakan sebuah perbuatan dgn konsekuensi jikalau dilaksanakan akan menerima pahala sedangkan bila ditinggalkan alasannya adalah berat untuk melakukannya tidaklah berdosa.
  3. Haram (tahrim) adalah larangan untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau perbuatan dgn konsekuesinya yakni jikalau larangan tersebut dilakukan akan menerima pahala, & kalau tetap dilakukan akan menerima dosa & hukuman.
  4. Makruh (Karahah) ialah permintaan untuk meninggalkan sebuah tindakan dgn konsekuensi bila dijalankan tidaklah berdosa, akan tetapi bila ditinggalkan akan mendapatkan pahala.
  5. Mubah (al-Ibahah) adalah sesuatu yg boleh untuk dijalankan & boleh untuk ditinggalkan sehingga konseskuensinya jikalau dilakukan tidaklah berdosa & kalau dilakukan tak memperbesar pahala.

Begitulah jawabannya teman-sahabat. Pada mencar ilmu online kali ini, yg ditanyakan mengenai hukum taklifi. Yang berarti aturan berbentukperintah & larangan.

Nah, jenis aturan ini ada 5 macam, sudah dijelaskan tujuannya serta konsekuensinya sehingga sesuai dgn apa yg diharapkan soal.

  Pada hakikatnya dalam rangka pembentukan integrasi nasional, biasanya mengandalkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda ! (Jawabannya)

Kunci Jawaban

Sebutkan & jelaskan macam-macam aturan taklifi

Begini tanggapan yg singkat & benar: ✅👩‍🏫💯

Sebutkan & jelaskan macam-macam hukum taklifi

Catatan: tanggapan di atas dikutip dr buku paket kelas 10 pada halaman 59, beberapa cuilan telah dikurangi biar singkat.

Makara kalau pengen yg panjang & lengkap mampu pakai tanggapan sebelumnya. Atau buka eksklusif halaman 59.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯