close

Di bawah ini merupakan contoh penerapan perilaku jujur di sekolah, kecuali (B)

Di bawah ini merupakan acuan penerapan perilaku jujur di sekolah, kecuali (B) mengembalikan barang milik teman karena akan diberi imbalan.

Sebab, perilaku mengembalikan barang milik sobat karena akan diberi imbalan, memiliki arti berbuat bukan yg semestinya, bukan lantaran memang seharusnya & sebetulnya itu hak milik teman.

Namun hal tersebut dilakukan lantaran ingin imbalan, berarti langkah-langkah tersebut tak lurus hati, tak yg sesungguhnya, maka bukan perilaku yg jujur.

Di bawah ini merupakan contoh penerapan perilaku jujur di sekolah, kecuali ….

a. bertutur kata yg benar pada bapak-ibu guru.

b. mengembalikan barang milik sahabat lantaran akan diberi imbalan.

c. melaksanakan piket kelas sesuai acara.

d. disiplin dlm mentaati tata tertib sekolah.

Penjelasan

  • Maksud soal: yang bukan sikap jujur.
  • Kata kunci: kecuali.
  • Jawabannya yaitu B.

Dalam belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada sikap jujur di sekolah, kecuali. Yang memiliki arti bukan sikap jujur.

Jujur artinya berkata sesuai yg bahu-membahu, berperilaku sesuai yg seharusnya, antara perkataan & perbuatan sesuai.

Pada pilihan B mengembalikan barang milik teman karena akan diberi imbalan, memiliki arti langkah-langkah tersebut dikerjakan lantaran menginginkan imbalan, bukan karena seharusnya memang barang tersebut milik teman.

Maka langkah-langkah yg dikerjakan tersebut bukan sikap yg jujur makanya jawabannya B. Berikut ini penjelasan dlm buku paket kelas 8 halaman 48:

Di bawah ini merupakan contoh penerapan perilaku jujur di sekolah, kecuali
  • Sedangkan balasan A, C & D salah.

A salah lantaran berkata benar bermakna berkata bahu-membahu maka tergolong peirlaku jujur, sedangkan yg ditanya kecuali.

  Pilihan Ganda, Manakah diantara pernyataan berikut yang benar atas pernyataan “Laki-laki lebih banyak dari wanita dengan rasio 9 terhadap 5” ? (Kunci Jawaban)

C salah karena melaksanakan piket sesuai jadwal, bermakna pula bertingkah yg sebaiknya / bergotong-royong maka termasuk jujur, sedangkan yg ditanya kecuali.

D salah, alasannya adalah disiplin bermakna berbuat yg sebaiknya / sesungguhnya maka termasuk perilaku jujur, naun yg ditanya soal yaitu yg bukan.

Kunci Jawaban

Di bawah ini merupakan pola penerapan perilaku jujur di sekolah, kecuali

(B) mengembalikan barang milik teman lantaran akan diberi imbalan, lantaran sikap ini didasarkan imbalan bukan lantaran memang semestinya dikembalikan pada pemiliknya, maka bukan termasuk perilaku jujur.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯