close

Allah Swt menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil, Ini menjadi bukti bahwa Islam (A)

Allah Swt memastikan bahwa kebencian terhadap suatu kalangan, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tak adil, Ini menjadi bukti bahwa Islam (A) menunjung tinggi keadilan.

Sebab, pada pernyataan di atas, menegaskan supaya jangan berbuat yg tak adil cuma lantaran kita memebenci sebuah kelompok.

Dengan demikian, memiliki arti islam mengajarkan kita untuk menjunjung tinggi keadilan.

Allah Swt memastikan bahwa kebencian kepada sebuah kelompok, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tak adil, Ini menjadi bukti bahwa Islam ….

a. menjunjung tinggi keadilan.

b. keras dlm segala hal.

c. memihak pada kaum lebih banyak didominasi.

d. membela orang kafir.

Penjelasan

  • Maksud soal: jangan menyebabkan kebencian
  • Kata kunci: adil.
  • Jawabannya ialah A.

Pada mencar ilmu online kali ini, kata kuncinya janganlah berbuat yg tak adil. Berarti Allah menyuruh kita untuk berbuat adil. Maka, bermakna islam mengajarkan untuk menjunjung tinggi keadilan.

Sehingga jawabannya adalah A. Berikut ini klarifikasi dlm buku paket kelas 8 pada halaman 44:

Allah Swt menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tak adil, Ini menjadi bukti bahwa Islam
  • Sedangkan balasan B, C & D salah.

A salah, karena pada soal kaitannya dgn jangan berbuat yg tak adil, maka tak ada kaitannya dgn keras.

C pula salah, lantaran pada pernyataan soal menyatakan untuk jangan berbuat yg tak adil, artinya kita mesti berbuat adil, maka adil mempunyai arti tak memihak pada secara umum dikuasai maupun minoritas namun pada kebenaran.

  Seorang penjahit menerima 2/3 m kain putih berbunga-bunga untuk dijadikan sapu tangan, Untuk tiap saputangan memerlukan 1/6 m, Berapa banyak sapu tangan yang dapat dibuat ? (Kunci Jawaban)

D salah, sekali lagi lantaran pada soal supaya jangan berbuat yg tak adil, artinya harus berbuat adil, tak peduli apakah itu non muslim atau muslim, alasannya adalah adil membela yg benar.

Kunci Jawaban

Allah Swt menegaskan bahwa kebencian kepada suatu kalangan, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tak adil, Ini menjadi bukti bahwa Islam

(A) menjunjung tinggi keadilan, alasannya adalah Allah memastikan untuk jangan berbuat yg tak adil, maka bermakna mengajarkan kita untuk berbuat adil & menjunjung tinggi keadilan.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯