close

Diana berdiri dalam sikap tegak, Salah satu kakinya di depan, kaki satunya di belakang, Berat badan ditopang kaki depan, Posisi kedua telapak kaki membentuk sudut ± 30°, Dilihat dari gerakannya, Diana melakukan sikap kuda-kuda (B)

Diana berdiri dlm sikap tegak, Salah satu kakinya berada di depan, kaki satunya berada di belakang, Berat badan ditopang oleh kaki depan, Posisi kedua telapak kaki membentuk sudut ± 30°, Dilihat dr gerakannya, Diana melaksanakan perilaku kuda-kuda (B) depan.

Sebab sikap kuda-kuda mengedapankan (1) posisi kaki tertentu, & (2) titik tumpu / berat tubuh.

Apabila kuda-kuda belakang, memiliki arti posisi kaki satu di depan kaki yg lain, & titik berat tubuh ditumpu pada kaki belakang.

Nah, lantaran yg ditanyakan yakni kuda-kuda depan, bermakna posisi kaki satu di depan kaki yg lain, & titik berat badan berada di topang pada kaki depan.

Hal tersebut sesuai dgn yg disebutkan oleh soal, yaitu berat badan ditopang oleh kaki depan, makanya jawabannya kuda-kuda depan (B).

Diana berdiri dlm sikap tegak, Salah satu kakinya di depan, kaki satunya di belakang, Berat tubuh ditopang kaki depan, Posisi kedua telapak kaki membentuk sudut ± 30°, Dilihat dr gerakannya, Diana melaksanakan sikap kuda-kuda . . . .

A. belakang.

B. depan.

C. tengah.

D. samping.

Penjelasan

  • Maksud soal: kuda-kuda pada penjelasan.
  • Kata kunci: posisi kaki satu di depan & kaki lainnya di belakang, sedangkan berat badan ditumpu pada kaki depan
  • Jawabannya adalah B.

Kata kuncinya ada pada penjelasan soal, kita konsentrasi pada posisi kedua kaki, & titik berat tubuh. Pada soal posisi kedua kaki di depan kaki yg lain. Berarti mampu kuda-kuda depan atau belakang.

  Jelaskan cara membawa korban tenggelam ! (Jawabannya)

Nah, kemudian disebutkan, berat badan ditopang oleh kaki depan, memiliki arti kuda-kudanya yakni kuda-kuda depan.

Diana berdiri dlm sikap tegak, Salah satu kakinya di depan, kaki satunya di belakang, Berat badan ditopang kaki depan, Posisi kedua telapak kaki membentuk sudut ± 30°, Dilihat dr gerakannya, Diana melakukan sikap kuda-kuda
  • Sedangkan A, C & D salah.

A salah, karena kuda-kuda belakang berat badan ditumpu pada kaki belakang, sedangkan pada soal berat badan ditopang pada kaki depan.

C salah, lantaran kuda-kuda tengan posisi kedua kaki dibuka, & berat tubuh berada di tengah, sedangkan pada soal berat tubuh berada di depan.

D salah, lantaran kuda-kuda samping, posisi kaki satu & yg lain di samping sedangkan pada soal depan belakang. Kemudian berat tubuh berada pada salah satu kaki / kanan atau kiri. Sedangkan soal berat badan ada di depan.

Begini nih jika penjelasan di buku paket kelas 4 pada halaman 79:

Diana berdiri dlm sikap tegak, Salah satu kakinya di depan, kaki satunya di belakang, Berat badan ditopang kaki depan, Posisi kedua telapak kaki membentuk sudut ± 30°, Dilihat dr gerakannya, Diana melakukan sikap kuda-kuda

Kunci Jawaban

Diana bangun dlm sikap tegak, Salah satu kakinya di depan, kaki satunya di belakang, Berat tubuh ditopang kaki depan, Posisi kedua telapak kaki membentuk sudut ± 30°, Dilihat dr gerakannya, Diana melaksanakan sikap kuda-kuda

(B) depan, alasannya adalah posisi kaki depan-belakang, & acuan berat badan ada di kaki depan.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯