close

Tumbuhan membutuhkan berbagai bahan untuk fotosintesis, Salah satunya adalah air yang bergerak dari akar sampai ke ujung daun ! (Jawabannya)

Tumbuhan memerlukan berbagai materi untuk fotosintesis, Salah satunya yaitu air yg bergerak dr potongan akar sampai ke ujung daun, a. Bagaimanakah cara air yg diserap dr tanah dapat sampai ke daun paling atas ? dst Berikut ini penjelasannya:

Pada soal ini kan menanyakan tentang materi fotosintesis yg dlm hal ini bahannya ialah air. Dalam proses fotosintesis kan ada 3 materi yaitu Cahaya, Air (H2O) + Karbon Dioksida (CO2).

Kalau cahaya matahari diserap oleh klorofil yg ada pada daun, sedangkan karbon dioksida masuk lewat daun lewat stomata. Kalau air, itu kan diserap dr akar, gimana prosesnya bisa sampai ke daun untuk membantu fotosintesis tersebut (Pertanyaan a).

Lalu potongan jaringan mana yg berperan dlm proeses perembesan air dr akar hingga ke daun tersebut (Pertanyaan b).

Tumbuhan memerlukan aneka macam materi untuk fotosintesis, Salah satunya yakni air yg bergerak dr akar hingga ke ujung daun

  • a. Bagaimanakah cara air yg diserap dr tanah dapat hingga ke daun paling atas ?.
  • b. Bagian tubuh flora manakah yg berperan ?.

Jawab:

  • a) Air akan diserap oleh akar dengan-cara difusi lewat rambut- rambut akar menuju jaringan korteks, melewati pita kaspari, & memasuki xilem akar. Kemudian air bergerak menuju xilem batang & berikutnya menuju xilem daun. Dari xilem daun, air akan berosmosis masuk ke dlm sel parenkim palisade & sel sponsa untuk kebutuhan fotosintesis.
  • b) Rambut akar, korteks akar, xilem akar, xilem batang, xilem daun.
  Bilangan 123 jika dikalikan 7×11×13 hasilnya adalah 123.123. Bilangan 234 jika dikalikan 7×11×13 hasilnya adalah 234.234. (Jawabannya)

Pembahasan

Kata kuncinya air diserap dr akar menuju ke daun, mempunyai arti diangkut ?. Nah, dlm struktur flora itu baik di akar, batang maupun daun itu ada jaringan pengangkut yg terdiri dr Xilem & Floem.

  • Xilem itu fungsinya memuat air & mineral. Xilem (saya hapalnya dgn menyilem bermakna air).
  • Floem fungsinya untuk mengangkut hasil fotosintesis dr daun biar dapat disebarkan ke seluruh kepingan flora. F pada Floem bisa kita anggap sebagai simbol yg melambangkan Fotosintesis.

Nah, sebab yg ditanyakan air, maka bermakna yg kepakai itu Xilem, sebab Silem yaitu berkas pengangkut yg fungsinya memuat air.

Kalau dibagi menurut urutannya dr akar kemudian batang lalu ke daun maka:

AKAR

Tumbuhan membutuhkan berbagai bahan untuk fotosintesis, Salah satunya adalah air yg bergerak dr akar sampai ke ujung daun

Anatomi akar itu tersusun atas Epidermis, Korteks & Silinder pusat.

  • Epidermis itu jaringan terluar akar yg kemudian mengalami adaptasi penonolan yg membentuk rambut akar. Nah epidermis ini fungsinya menyerap air, dgn adanya penonjolan rambut akar bermakna akan memperluas bidang absorpsi air.

Makanya jikalau dimulai dr awal perembesan, maka kepingan rambut akarlah yg pertama berperan menyerap air dr dlm tanah.

  • Korteks itu jaringan sehabis epidermis, jadi setelah air diserap oleh rambut akar kemudian diteruskan ke serpihan dlm akar yaitu korteks akar, di dlm korteks ini ada yg namanya pita kaspari, yg berfungsi untuk menertibkan jalannya air menuju ke silinder pusat.
  • Silinder sentra, ialah serpihan terdalam dr jaringan anatomi akar.

Makara kan tadi sudah diserap akar, sudah diteruskan ke korteks lalu melewati pita kaspari, kemudian sampai ke silinder sentra. Di silinder sentra inilah terdapat jaringan pengangkut, sebab yg dimuat air memiliki arti tugasnya si Xilem yg memuat ke batang.

  Taksiran terdekat untuk nilai yang bersesuaian dengan titik P pada garis bilangan adalah (B)

BATANG

Tumbuhan membutuhkan berbagai bahan untuk fotosintesis, Salah satunya adalah air yg bergerak dr akar sampai ke ujung daun

Di dlm batang terdapat jaringan pengangkut juga, sama yakni Xilem untuk mengangkut air. Nah, dr Xilem akar air di angkut ke batang, di batang kemudian diteruskan oleh jaringan pengakut Xilem batang.

DAUN

Tumbuhan membutuhkan berbagai bahan untuk fotosintesis, Salah satunya adalah air yg bergerak dr akar sampai ke ujung daun

Dalam daun ada berkas pengangkut juga, jadi sehabis air diangkut dr Xilem batang menuju daun, kemudian diteruskan oleh jaringan pengangkut daun yakni Xilem daun.

Oleh Xilem daun kemudian dibawa ke jaringan parenkim seperti mesofil palisade yg di sini terdapat klorofil.

Maka lengkaplah materi fotosintesis yakni Air, Cahaya, & Karbondioksida.

Kata kunci
Tumbuhan memerlukan banyak sekali bahan untuk fotosintesis, Salah satunya ialah air yg bergerak dr akar sampai ke ujung daun

Berikut ini balasan yg singat namun benar.

Tumbuhan membutuhkan berbagai bahan untuk fotosintesis, Salah satunya adalah air yg bergerak dr akar sampai ke ujung daun
dikutip dr jawaban pegangan guru

Jawaban diverifikasi BENAR.