close

Keberadaan lembaga-lembaga negara di Indonesia begitu dinamis, Hal tersebut merupakan dampak langsung dari mekanisme pengelolaan kekuasaan negara yang bersifat dinamis pula, setelah reformasi lembaga yang tidak ada dalam struktur kelembagaan negara adalah (D)

Keberadaan forum-forum negara di Indonesia begitu dinamis, Hal tersebut merupakan efek dengan-cara eksklusif dr prosedur pengelolaan kekuasaan negara yg bersifat dinamis pula, setelah masa reformasi forum yg tak ada dlm struktur kelembagaan negara ialah (D) Dewan Pertimbangan Agung.

Dalam soal ini menanyakan mengai forum-forum negara dlm struktur kelembagaan negara sehabis reformasi.

Artinya pada masa kini, kira-kira yg gak ada itu apa ya?.

Keberadaan forum-forum negara di Indonesia begitu dinamis, Hal tersebut merupakan pengaruh eksklusif dr mekanisme pengelolaan kekuasaan negara yg bersifat dinamis pula, setelah reformasi forum yg tak ada dlm struktur kelembagaan negara yaitu…

a. Mahkamah Agung.

b. Dewan Perwakilan Rakyat.

c. Dewan Perwakilan Daerah.

d. Dewan Pertimbangan Agung.

e. Badan Pengawas Keuangan.

Penjelasan

  • Maksud soal: lembaga negara yg gak ada di masa kini.
  • Kata kunci: tidak ada.
  • Jawabannya yaitu D.

Kalau Mahkamah Agung, sekarang masih ada. DPR pula masih ada, DPD pula masih ada. BPK Juga kini masih ada.

Nah Dewan Pertimbangan Agung, apaan perasaan baru denger, mempunyai arti jawabannya D. Gitu ya jika kira-kira.

Keberadaan lembaga-lembaga negara di Indonesia begitu dinamis, Hal tersebut merupakan dampak langsung dr mekanisme pengelolaan kekuasaan negara yg bersifat dinamis pula, setelah reformasi lembaga yg tak ada dlm struktur kelembagaan negara adalah

Kaprikornus Dewan Pertimbangan Agung (DPA) ini ialah lembaga negara sebelum reformasi adanya pada masa Soekarno & Soeharto, artinya pada masa Orde Lama, & Orde baru bukannya Reformasi.

  Jelaskan tentang Malaikat Jibril ! (Jawabannya)

Setelah reformasi DPA ini dihapuskan, DPA fungsinya menunjukkan masukan atau pendapatpada presiden.

Namun dlm pelaksanaannya peran DPA ini tak tidak terang. DPA yg merupakan pemberi masukan pada presiden, justru jabatan DPA dirangkap oleh presiden itu sendiri.

Makanya alasannya adalah kiprahnya tak maksimal, sehabis pergeseran / amandemen UUD, forum ini dihapus, sehingga di masa reformasi lembaga ini tak ada. Makanya jawabannya D.

Namun walaupun sudah tak ada, presiden memerlukan pertimbangan / masukan, sehingga kini ada yg namanya Dewan Pertimbangan Presiden. Berbeda dgn DPA, posisi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mempunyai kedudukan di bawah presiden bukan sebagai forum tinggi negara.

Kata kunci

Keberadaan lembaga-lembaga negara di Indonesia begitu dinamis, Hal tersebut merupakan imbas eksklusif dr mekanisme pengelolaan kekuasaan negara yg bersifat dinamis pula, sehabis reformasi forum yg tak ada dlm struktur kelembagaan negara adalah

(D) Dewan Pertimbangan Agung / DPA.

Jawaban diverifikasi BENAR.