close

Apa yang dimaksud dengan teori kedaulatan Tuhan dan teori kedaulatan negara Siapa saja tokohnya ? (Jawabannya)

Apa yg dimaksud dgn teori kedaulatan Tuhan & teori kedaulatan negara, Siapa saja tokohnya ? Berikut ini klarifikasi soal & pembahasannya.

Dalam soal ini yg ditanya itu maksud dr kedaulatan Tuhan & negara beserta para tokoh aktivis. Nah untuk itu kita mesti paham dahulu apa sih kedaulatan itu?. Kedaulatan mempunyai arti kekuasaan tertinggi.

  • Kedaulatan Tuhan artinya kekuasaan tertinggi tertinggi berasal dr Tuhan selaku asal dr segala sesuatu.

Nah, Tuhan kan gak mampu kita lihat dengan-cara pribadi, jadi dlm teori ini menyatakan bahwa kekuasaan yg berasal dr Tuhan itu diberikan pada tokoh-tokoh negara terpilih, yg dengan-cara kodrati ditetapkan-Nya menjadi pemimpin negara & berperan selaku wakil Tuhan di dunia.

Pada zaman dahulu: pada zaman Mesir Kuno, atau pada kerajaan di Jawa dimana para raja dianggap selaku penjelmaan yang kuasa.

Meraka itu memegang kekuasaan tertinggi sebab mereka dianggap selaku wakil / penjelmaan dr Tuhan.

  • Kedaulatan negara adalah kekuasaan tertinggi ada pada negara.

Karena kedaulatan artinya kekuasaan tertinggi. Jadi memiliki arti kekuasaan tertinggi di tangan negara, alias di tangan pemerintah, maka pemerintahan dilakukan dengan-cara tirani.

Sikap kepala negara bertindak selaku diktator, karena ia punya kekuasaan yg tertinggi, jadi semau pemerintah / negara mau menciptakan hukum atau aturan.

Apa yg dimaksud dgn teori kedaulatan Tuhan & teori kedaulatan negara Siapa saja tokohnya ?

Jawab:

  • Teori Kedaulatan Tuhan ialah bahwa negara & pemerintah mendapatkan kekuasaan tertinggi dr Tuhan sebagai asal segala sesuatu, yg mana kekuasaan dr Tuhan tersebut diberikan pada para tokoh-tokoh terpilih yg dengan-cara kodrati ditetapkan selaku pemimpin negara sebagai wakil dr Tuhan.
  Fenomena hancurnya alam semesta merupakan gambaran terjadinya hari kiamat Allah Swt menugasi malaikat peniup sangkakala yang dapat menghancurkan alam semesta ini, Malaikat tersebut adalah (C)

Tokoh-tokoh pelopor teori kedaulatan Tuhan yakni Agustinus, Thomas Aquino, F. Hegel, & F.J Stahl.

  • Teori Kedaulatan negara yaitu bahwa kekuasaan tertinggi berada pada negara yg merupakan lembaga tertinggi kehidupan sebuah bangsa, sehingga hukum & konstitusi lahir berdasarkan hasratnegara & diabdikan pada kepentingan negara.

Tokoh-tokoh penggerak teori kedaulatan negara yakni Jean Bodin, F. Hegel, G. Jellinek, & Paul Laband.

Begitu jawabannya ngab. Ada penjelasan & pula ada tokoh-tokoh yg mempeloporinya.

Kata kunci

Apa yg dimaksud dgn teori kedaulatan Tuhan & teori kedaulatan negara Siapa saja tokohnya

Berikut klarifikasi perihal kedaulatan Tuhan & Negara beserta tokoh-tokoh yg mempeloporinya:

Apa yg dimaksud dgn teori kedaulatan Tuhan & teori kedaulatan negara Siapa saja tokohnya

Mohon maaf jika BENAR.