close

Terlihat sekumpulan kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang beraneka warna di halaman sekolah, Kupu-kupu yang hinggap pada bunga, dst (Jawabannya)

Terlihat sekumpulan kupu-kupu yg hinggap pada bunga yg beraneka warna di halaman sekolah, Kupu-kupu yg hinggap pada bunga tersebut, ternyata mampu membantu penyerbukan pada bunga, Jelaskan bagaimana cara kupu-kupu mampu membantu proses penyerbukan pada bunga ! Berikut ini penjelasan & pembahasannya:

Sebaiknya kita pahami dulu, apa sih penyerbukan itu ?.

  • Penyerbukan (Polinasi) yakni proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik.

Makara pada penyerbukan, serbuk sari dr bunga satu berpindah ke kepala putih di bunga tersebut, atau di bunga yg lain yg masih dlm satu tanaman, atau di bunga yg lain di luar tanaman tersebut tetapi masih dlm satu jenis / spesies.

Jadi pada intinya, penyerbukan itu perpindahan serbuk sari mau itu masih dlm satu bunga, satu tumbuhan ataupun beda flora yg penting masih satu jenis / spesies.

Hubungannya dgn kupu-kupu, tentunya berperan dr memindahkan serbuk sari tersebut ke bunga yg lain. Berikut ini jawabannya.

Terlihat sekumpulan kupu-kupu yg hinggap pada bunga yg beraneka warna di halaman sekolah, Kupu-kupu yg hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga, Jelaskan bagaimana kupu-kupu mampu menolong proses penyerbukan pada bunga !

Jawabannya: Serbuk sari dr sebuah bunga yg dihinggapi oleh kupu-kupu dapat menempel pada kaki atau badan kupu-kupu. Tatkala kupu-kupu tersebut berpindah ke bunga yg lain yg masih dlm satu tumbuhan ataupun berlainan tanaman, serbuk sari yg menempel tersebut akan ikut berpindah & kemudian melekat pada putik bunga lain tersebut, sehingga mampu terjadi penyerbukan (Polinasi).

Terlihat sekumpulan kupu-kupu yg hinggap pada bunga yg beraneka warna di halaman sekolah, Kupu-kupu yg hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga, Jelaskan bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga

Itulah jawabannya, jadi pada pada dasarnya dr hinggapnya serangga seperti kupu-kupu pada bunga, akan menyebabkan menempelnya serbuk sari ke tybuh serangga tersebut.

Saat serangga tersebut berpindah hinggap ke bunga lain, serbuk sari yg melekat tersebut akan berpindah ke bunga yg dihinggapi.

Maka terjadilah penyerbukan atau perpindahan serbuk sari ke kepala putik.

Jawabannya

Terlihat sekumpulan kupu-kupu yg hinggap pada bunga yg beraneka warna di halaman sekolah, Kupu-kupu yg hinggap pada bunga, ternyata mampu menolong penyerbukan pada bunga, Jelaskan bagaimana kupu-kupu dapat menolong proses penyerbukan pada bunga

Berikut ini jawaban jika ingin sesuai dgn kata kunci balasan guru:

Terlihat sekumpulan kupu-kupu yg hinggap pada bunga yg beraneka warna di halaman sekolah, Kupu-kupu yg hinggap pada bunga, ternyata dapat membantu penyerbukan pada bunga, Jelaskan bagaimana kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan pada bunga

Jawaban ini diverifikasi BENAR.