close

Contoh Keunggulan Ekonomi yang Ada di Daerahmu…

Ada banyak acuan kelebihan ekonomi yg ada di daerah. Bisa dlm bentuk sumber daya alam (darat & maritim), jual beli, produk barang / jasa, & lain-lain. Semua ini mampu dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian di daerah. Tentu saja peran pemerintah tempat sungguh diharapkan dgn mempersiapkan kebijakan strategis di semua sektor ekonomi tempat.

Contoh Keunggulan Ekonomi yg Ada di Daerahmu

Berikuti ini yakni 5 acuan keunggulan ekonomi yg ada di daerahmu:

1. Sumber Daya Alam

Di daerahmu pasti ada sumber daya alam, baik itu daratan maupun perairan (bahari, sungai, & danau). Di darat, peluangekonomi yg mampu dikembangkan yaitu pertanian & perkebunan. Membudidayakan tumbuhan bernilai ekonomi tinggi merupakan cara terbaik memanfaatkan keunggulan ekonomi ini.

Sementara itu di perairan, laut bisa menopang ekonomi kawasan lewat sektor perikanan. Kesejahteraan nelayan akan meningkat tatkala hasil bahari mereka habis terjual. Begitupun di sungai & lautan, mampu dikembangkan tambak terapung selaku tempat pembudidayaan jenis ikan tertentu.

2. Ekonomi & Industri Kreatif

Ada banyak daerah yg memiliki kelebihan ekonomi & industri kreatif, mungkin termasuk daerahmu salah satunya. Contohnya ialah rumah-rumah pengerjaan kerajinan tangan, ornamen, atau suplemen yg bernilai dengan-cara ekonomi. Potensi ini harus dikembangkan sebagai salah satu kelebihan ekonomi daerah untuk merealisasikan kesejahteraan masyarakat.

3. Perdagangan

Di daerahmu niscaya ada pasar yg menjadi tempat terjadinya transaksi jual beli. Tidak jarang, suatu pasar dikunjungi oleh orang-orang yg berasal dr luar daerah. Hal ini mampu menjadi sumber pemasukan daerah. Kesejahteraan pedagang pun akan meningkat alasannya adalah volume pemasaran yg makin besar.

4. Pariwisata

Di daerahmu niscaya ada tempat rekreasi yg banyak dikunjungi orang pada hari libur. Sektor pariwisata dapat menjadi keunggulan ekonomi suatu kawasan. Pendapatan lewat retribusi mampu menjadi pengisi kas tempat.