close

Menumbuhkan Perilaku Disiplin Diri

Menumbuhkan Sikap Disiplin Diri

Sikap Disiplin DiriA. Apakah Disiplin Diri itu ?

Menurut kamus biasa Bahasa Indonesia, Disiplin bermakna melatih batin & moral supaya perbuatannya menaati tata tertib. Disiplin diri memiliki arti melatih diri melakukan segala sesuatu dgn tertib & terorganisir dengan-cara berkesinambungan untuk menjangkau impian & tujuan yg ingin diraih dlm hidup.

B. Mengapa kita perlu disiplin ?

Disiplin diri akan terasa keuntungannya jikalau kita mempunyai suatu impian & cita – cita yg ingin dicapai. Kita mesti mendisiplinkan ( melatih ) diri untuk melakukan hal – hal yg sesuai dgn tujuan yg ingin dicapai. Oleh karena itu, di dunia ini dibuat peraturan – peraturan yg diikuti eksekusi yg setimpal. Hal ini tak lain agar setiap insan mau belajar hidup disiplin & menaati aturan yg ada sehingga dunia tak berantakan balau & seseorang tak dapat berbuat sekehendak hatinya.

C. Mengapa disiplin itu sulit ?

Kebiasaan yg kita lakukan akan menentukan masa depan kita. Kebiasaan yg baik akan menghasilkan sesuatu yg baik, begitupun sebaliknya, namun untuk membiasakan kebiasaan baik itu tak mudah. Mengapa demikian ?

  1. Manusia memiliki sifat – sifat mendasar seperti : cenderung bermalas -malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti harapan hatinya & keinginan untuk melanggar peraturan – peraturan yg ada.
  2. Kita selalu menganggap pekerjaan selaku sebuah kewajiban apapun beban yg mesti dikerjakan, bukan sebagai kesenangan. Pepatah menyampaikan “ kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yg kita lakukan ”.
  3. Manusia condong cepat bosan jikalau melakukan aktivitas yg sama dlm jangka waktu lama.

Tips untuk mampu hidup dgn disiplin, dgn cara :

  1. Kalahkan diri sendiri.
  2. Lakukan kegiatan selingan sesekali di luar kegiatan rutin.
  3. Fokuskan anggapan pada tujuan tamat yg ingin diraih.

Tips untuk memajukan disiplin diri, dgn cara :

  1. Tetapkan tujuan atau target yg ingin dicapai dlm waktu erat.
  2. Buat urutan prioritas hal – hal yg ingin kita kerjakan.
  3. Buat jadwal kesibukan dengan-cara tertulis.
  4. Lakukan kegiatan sesuai dgn jadwal yg kita buat, tetapi jangan terlalu kaku.
  5. Berusahalah untuk selalu dsiplin dgn jadwal program kegiatan yg sudah kita susun sendiri.

Disiplin diri merupakan sebuah siklus kebiasaan yg kita lakukan dengan-cara berulang – ulang & terus menerus dengan-cara berkelanjutan sehingga menjadi sebuah hal yg biasa kita kerjakan. Disiplin diri dlm melakukan suatu langkah-langkah yg dijalankan dengan-cara konsisten & berkelanjutan akan manjadi suatu kebiasaan yg mengarah pada tercapainya keunggulan. Keunggulan membuat kita mempunyai kelebihan yg dapat kita pakai untuk  meraih tujuan hidup yg menentukan masa depan kita.

Akhir kata, sehabis kita semua mendapat materi ini diharapkan dapat mengaplikasikan dlm kehidupan sehari-hari supaya apa yg menjadi tujuan kita mampu tercapai. Satu hal penting, sebelum kita melakukan sesuatu itu terlebih dahulu tetapkanlah tujuan atau target & tak menangguhkan sampai suasana tepat.

Karena dengan-cara tak eksklusif kita telah menyimpannya di alam bawah sadar. Dan otomatis setiap langkah-langkah yg akan kita lakukan selaras dgn apa yg telah kita simpan itu. “ not only what you see is what you get, but also what you think is what you get” . Kemudian kerjakan terus dgn disiplin sehingga kita mendapatkan apa yg kita inginkan.

Bahan acuan:

Prijosaksono, A & Dwi Sanjaya, 2002. Use Your 7 Power. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

 

Menumbuhkan Sikap Disiplin Diri

  Kekerasan Dalam Pacaran