close

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 65 66 67 68 69 71 Kurikulum Merdeka Belajar

Kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 halaman 65 66 67 68 69 71, perihal Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yg mesti kalian tempuh agar dapat hingga di Y! Tepatnya pada BAB 3 berjudul “Lihat Sekitar” di buku paket kurikulum Merdeka Belajar.

Pada halaman 65, 66, 67, 68, 69 & 71, BAB 3 “Lihat Sekitar” kalian sudah melakukan soal Bahasa Indoensia Kelas 4 Halaman 55 perihal lengkapilah kalimat di bawah ini dgn kata-kata yg sesuai. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 65

Mengamati

Amatilah sketsa berikut ini tolong-menolong!

Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yg harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y.

Deskripsikan perjalanan itu memakai kata-kata seperti berlangsung lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, & lainlainnya. Gunakan bangunan atau pohon selaku penanda.

Apakah ada jalan lain yg bisa kalian tempuh? Mana yg lebih erat?

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 65 66 67 68 69 71 Kurikulum Merdeka Belajar

Pembahasan:

Dari X aku berjalan lurus menuju ke jalan raya. Kemudian hingga di jalan raya aku berbelok ke kiri & berjalan sampai persimpangan jalan. Sesampainya di persimpangan jalan terdapat sebuah bangunan besar, aku berjalan lurus sampai di persimpangan jalan lagi. Saya melanjutkan berlangsung lurus hingga di pertigaan jalan yg terdapat banyak pohon besar. Kemudian saya melanjutkan perjalanan dgn berbelok ke kiri & berjalan. Di jalan tersebut masih terdapat banyak pohon besar. Kemudian aku berbelok ke kanan & berlangsung cukup panjang. Setelah itu berbelok ke kiri kembali. Air mancur berada di kiri jalan.

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 66 67

  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 43 44 46 47 48 50 Buku Kurikulum Merdeka Belajar

Berdiskusi

Ada di Sana

1. Gambarlah skema sederhana sekolah kalian & lingkungan sekitar sekolah!

2. Pikirkan dua kawasan yg ada di sekolah kalian atau di lingkungan sekitar. Tempat pertama menjadi titik awal (start) & kawasan kedua menjadi titik tujuan (finis). Kalian boleh memilih ruang guru, ruang kelas empat, kantin, lapangan, atau yg lainnya. Supaya tak lupa, kalian boleh menuliskannya.

3. Dari titik permulaan, pandulah salah satu sahabat yg mendapat giliran semoga sampai ke titik tujuan yg kalian pilih. Ucapkan perintah dgn menggunakan kata-kata yg menunjukkan arah mirip kanan, kiri, depan, belakang, menghadap, membelakangi, & lain-lain.

Contoh: Titik asalnya yaitu ruang kelas empat. Berdirilah membelakangi kelas empat. Lalu, menghadaplah ke kanan & berjalanlah sejauhdua kelas. Berbeloklah ke kiri hingga tiba di lapangan. Dari lapangan, berjalanlah lurus sampai tiba di persimpangan jalan. Berbeloklah ke kiri, kemudian berjalanlah melewati tiga rumah. Titik tujuan ada di sebelah kanan.

4. Sewaktu petunjuk dibacakan, kalian yg belum mendapat giliran bisa menelusuri rute tersebut pada sketsa masing-masing.

5. Periksalah apakah titik tujuan hasil penelusuran kalian sudah benar. Diskusikanlah!

Contoh Hasil Gambar Denah, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 66 76

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 68 69

Menulis

Rute Menuju Sekolah

Ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dr rumah ke sekolah, dimulai dr rumah selaku titik permulaan. Gunakan tutorial & pertanyaan berikut ini untuk menolong kalian menuliskannya.

1. Apakah kalian berjalan kaki atau naik kendaraan? Apakah kalian naik kendaraan lazim atau diantar orang tua atau kakak? Ini akan menjadi bagian permulaan tulisan kalian.

  Carilah Informasi Tentang Fobia Di Buku Ensiklopedia Atau di Internet Tuliskan Jenis-Jenis Fobia

2. Lalu, ceritakan kawasan-daerah yg kalian lewati. Apakah rute yg kalian tempuh senantiasa sama ataukah adakala kalian mengambil rute yg berbeda? Mengapa kalian mengambil rute itu? Apa saja yg kalian jumpai sepanjang perjalanan? Informasi-info ini akan menjadi bab tengah tulisan kalian.

b. Berapa lama waktu yg kalian butuhkan untuk hingga di sekolah? Apakah biasanya kalian datang saat sekolah masih sepi ataukah ketika sekolah sudah ramai? Itulah bagian selesai dr goresan pena kalian, yaitu sampai di sekolah selaku titik tujuan.

Ceritakan pengalaman kalian dgn jelas sehingga orang yg membaca mampu membayangkannya. Paragraf yg mirip ini disebut paragraf deskripsi. Kalian pula dapat menggambar rute tersebut dgn bagan sederhana atau menceritakannya dlm gambar.

Jawaban soal diatas, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 68 79

Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 71

Jurnal Membaca

Bacalah buku atau tulisan di majalah, koran, atau di internet yg menceritakan perjalanan atau kendaraan. Buku berikut ini mampu kalian jadikan opsi:

  • “Dunia Tanpa Roda” karya Aniek Wijaya & Rama Indra
  • “Sampai di Mana” karya Novita Elisa Fahmi

Kalian pula boleh membaca buku dgn tema lain yg kalian suka. Kalian bisa membacanya sebelum masuk sekolah, sepulang sekolah, atau di rumah. Untuk setiap buku atau bacaan lain yg kalian baca, buatlah catatan mirip di bawah ini di buku tulis.

Jurnal Membaca

Judul Buku/Tulisan: ………….

Nama Koran/Majalah/Laman Internet: ……..

Nama Penulis: ………….

Nama Ilustrator (kalau ada): ……..

Buku/tulisan ini bercerita ihwal:

……………………

Kalimat yg paling saya sukai dlm buku ini:

……………………

Alasan aku menyukainya:

……………………

Jawaban soal diatas, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 71

Demikian pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 65 66 67 68 69 71 perihal Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yg mesti kalian tempuh agar dapat hingga di Y. Semoga bermanfaat & memiliki kegunaan bagi kalian, kerjakan pula soal lain pada buku kurikulum Merdeka Belajar. Terimakasih, selamat belajar!