close

Dampak Positif Globalisasi

Globalisasi memiliki banyak manfaat sekaligus pula mempunyai efek negatif bagi penduduk . Berikut ialah dampak faktual dr globalisasi :
1. Perkembangan IPTEK
Kemajuan di bidang Iptek sudah banyak kuat dlm kehidupan masyarakat. Sejak revolusi industri periode ke 18 telah membuat perkembangan iptek begitu pesat. Manusia sudah mampu menciptakan alat-alat yg mutakhir yg bisa membantu merenggangkan pekerjaannya.
2. Peningkatan Efektivitas & Efisien
Pada era globalisasi ini pula menciptakan segala pekerjaan bisa dikerjakan sesuai dgn sasaran yakni efektif dgn sumber waktu & tenaga yg tepat yakni efisien. Mulai dr penyusunan rencana sudah dibuat dgn sempurna, sampai pada pelaksanaan yg diawasi dgn baik & risikonya dievaluasi. Semua itu menjadi bagian dr faedah globalisasi dlm manajemen dlm suatu perusahaan.

Aktivitas golongan
Contoh efektivitas & efisiensi selaku akibat dr globalisasi pada bidang berikut :
a. Iptek
Membuat kendaraan beroda empat : dgn adanya teknologi robot maka kendaraan beroda empat bisa dibentuk dgn lebih baik & berkualitas (efektif) & dgn tenaga kerja yg lebih minim serta waktu yg lebih cepat (efisien).
Pertanian : teknologi bisa menciptakan hasil panen sesuai dgn sasaran (efektif) & waktu tanam yg lebih cepat serta tenaga kerja yg lebih sedikit (efisien)
b. Komunikasi
SMS : Pesan bisa eksklusif & sempurna ke peserta yg dituju (efektif) & biaya pesan lebih murah & lebih cepat sampai (efisien)
Video Call : Pesan bisa dilakukan dengan-cara tatap paras sehingga maksud & tujuan pesan gampang diterima oleh peserta pesan (efektif) & biaya lebih murah & cepat (efektif)
c. Budaya
Festival Budaya Internasional : Bisa membina perdamaian dunia (efektif) & bisa dilakukan dlm waktu yg relatif singkat : misalnya 1 atau 2 hari, hal ini tak terlepas dr dukungan alat transportasi udara sehingga peserta cepat sampai ditempat festival meskipun berada di negara yg berlawanan (efisien).
Promosi Budaya Nasional : tujuannya bisa dikenali oleh penduduk dunia (efektif) & bisa menggunakan iklan di media elektronik & internet sehingga lebih cepat dilaksanakan (efisien)

3. Situasi ekonomi kian baik
Dengan globalisasi ekonomi menciptakan pedagangan menjadi lebih lancar & membuat semua kebutuhan masyarakat lebih terjamin. Selain itu perdagangan pula membuat peningkatan pendapatan dlm masyarakat sehingga kemakmuran meningkat.
4. Taraf hidup masyarakat meningkat
Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi akan pula bisa mengurangi pengangguran yg nanti bisa mengembangkan pendapatan penduduk sehingga taraf hidup mereka meningkat.
5. Arus komunikasi yg cepat & gampang
Sekarang dgn adanya handphone & internet menciptakan masyarakat dgn gampang mengantarpesan lewat sms, email, whatsapp, video call & lain-lain.
6. Sektor rekreasi meningkat pertumbuhannya
Pariwisata menjadi primadona dlm menerima devisa, negara-negara di dunia berlomba-kontes untuk membangun sektor wisatanya supaya bisa populer ke seluruh dunia.
7. Keterbukaan gosip
Globalisasi memungkinkan setiap anggota masyarakat mengekspresikan diri untuk melaksanakan kreativitas atau melaksanakan kritik sosial pada pihak lain. Demokrasi menjamin kemerdekaan berpendapatan asalkan tetap mematuhi peraturan yg ada.

Aktivitas kelompok
Lakukanlah pengamatan dr banyak sekali media wacana kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dlm kehidupan penduduk Indonesia!
No
Bidang
Dampak Positif Globalisasi
1
Politik
Demokrasi kian berkembang dgn baik, rakyat bisa bebas menyuarakan pendapatnya pada pemerintah. Pemerintah pula gampang untuk menyerap aspirasi dr rakyat. Layanan seperti e-government bisa membuat lebih mudah arus komunikasi antara rakyat dgn pemerintah.   
2
Ekonomi
Ekonomi bisa meningkat dgn baik, pasar produksi bisa meluas ke seluruh pelosok negeri bahkan sampai mancanegara. Perdagangan bebas menjadi peluang yg besar untuk meningkatkan produksi sehingga bisa menambah devisa negara.
3
Sosial budaya
Kesejahteraan rakyat bisa meningkat dgn pendapatan per kapita pula meningkat & berkurangnya pengangguran.
Kebudayaan pula akan meningkat dgn baik alasannya budaya dr seluruh dunia bisa dilihat melalui media massa & internet, sehingga budaya-budaya tersebut  bisa saling memperkaya budaya yg sudah ada sebelumnya.
4
Informasi
Informasi bisa berjalan lebih cepat & akurat. Tidak perlu pergi ke kawasan jauh hanya untuk mengirim pesan,sekarang cuma dgn SMS, Whatsapp & email kita bisa bertukar pesan dengan-cara langsung atau real time.
Informasi dengan-cara online pula meningkat penggunaanya, contohnya dgn website, televisi & radio
5
Pendidikan
Pendidikan sudah meningkat dgn cepat dgn memakai media elektronik seperti laptop,lcd proyektor & powerpoint bisa menciptakan pembelajaran menjadi lebih mempesona & mudah dipahami siswa. Selain penilaian pula menggunakan tata cara berbasis komputer sehingga bisa dijamin hasilnya & aspek kejujurannya.