close

informasi mengenai perkembangan masyarakat praaksara

A. Masa Berburu & menghimpun makan pada tingkat sederhana.
Deskripsi perkembangan pada :
1. ekonomi
Untuk menyanggupi kebutuhan, manusia purba melaksanakan perburuan binatang & menangkap ikan disungai. Tatkala persediaan makan sudah habis maka mereka akan berpindah tempat lain yg masih menyediakan masakan yg lebih banyak. Kehidupan pada masa itu sungguh tergantung dgn alam yg menawarkan materi keperluan manusia.
2. Sosial

Manusia berkumpul dlm satu kalangan kecil, peran sebagian anggota kalangan laki-laki melakukan kegiatan perburuan untuk menyanggupi keperluan kelompoknya. Setelah sumber masakan habis maka kelompok itu akan berpindah ketempat lain.

3. Budaya
Manusia dikala itu sudah bisa menciptakan & menggunakan alat bantu sederhana yg yang dibuat dr watu & tulang binatang yg dibuat dengan-cara bergairah mirip : kapak perimbas, kapak genggam, & kapak penetak.
B. Masa Berburu & menghimpun kuliner tingkat lanjut
1. Ekonomi
Manusia purba sudah mulai berupaya hidup menetap dgn membuka hutan untuk ditanami umbi-umbian & sayuran untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu mereka beternak hewan unggas & domba & tetap sesekali mengejar hewan liar.
2. Sosial
Pada masa ini kehidupan kelompok insan sudah mulai menetap dgn tinggal di gua-gua yg ada dilereng gunung & dekat dgn sumber air & sungai.
3. Budaya
Terdapat lukisan di gua dibeberapa daerah di Indonesia, disamping itu terdapat gambar binatang-hewan yg dilukis di dinding gua.
C. Masa Bercocok Tanam
1. Ekonomi
Manusia sudah mulai bisa mengolah tanah untuk menyanggupi kebutuhannya, penduduk saat itu akan mencari lahan subur dgn membuka hutan untuk ditanami flora bahan pokok. disamping itu mereka pula memelihara binatang ternak. Tetapi pada saat tertentu mereka tetap melakukan perburuan binatang liar. Selain itu dlm bidang ekonomi, mereka melaksanakan transaksi dengan-cara sederhana dgn tata cara barter.
2. Sosial
Pada waktu itu insan sudah hidup menetap baik dengan-cara permanen atau sementara. Mereka berkumpul pada sebuah perkampungan kecil yg dipimpin oleh orang yg mereka anggap sudah cukup umur & mempunyai wibawa tinggi. Sudah ada pembagian peran yg terang, contohnya: laki-laki melaksanakan pekerjaan yg memerlukan tenaga besar, seperti menebang pohon, membuat bahtera & mencangkul. Sedangkan yg perempuan memiliki tugas untuk menebarkan benih & mempersiapkan makanan.
3. Budaya
Hasil budaya saat itu berupa alat-alat seperti : Kapak persegi, kapak lonjong, gerabah & embel-embel. Mereka pula melaksanakan kegiatan keagamaan & kepercayaan pada roh leluhur. Untuk aktivitas itu mereka mendirikan beberapa bangunan besar terbuat dr watu mirip dolmen & menhir.
Masa Perundagian
1. Ekonomi
Masyarakat waktu itu sudah mampu menyanggupi kebutuhannya tanpa tergantung pada alam, Bahkan mereka bisa mengolah alam tersebut untuk memajukan kualitas hidup & kemakmuran mereka bersama. Kegiatan pertanian sudah diatur dgn baik dgn tata cara pengairan yg baik & pembagian peran antar petani. Manusia dikala itu pula peternak berbagai binatang termasuk binatang kuda & unggas.
Perdagangan sudah mulai diketahui , bahkan

dilakukan antar pulau dgn bahtera. sehingga ada tukar komoditi yg saling melengkapi di antara mereka.

2. Sosial
Manusia ketika itu tinggal pada pemukiman yg sudah besar dgn berbagai pekerjaan & keahlian yg berlawanan-beda. Mereka dipimpin seorang kepala kampung atau kepala suku. Masyarakat sudah terstruktur dgn atura-hukum yg mereka buat untuk menjaga keteraturan tersebut. Yang menonjol ialah hadirnya sekelompok insan yg mempunyai kemampuan khusus dlm undagi atau pertukangan, mereka mampu membuat alat-alat dr logam yg dipakai untuk kehidupan sehari-hari.
3. Budaya
Hasil budaya sudah beranekaragam & lebih maju, khususnya perlengkapan dr logam menjadi ciri utama jaman ini. Contoh alat itu ialah Kapak perunggu, komplemen perunggu, & kapak corong. Selain itu kesenia lain mirip seni lukis & seni arsitektur pula meningkat dgn baik.