Aktivitas Kelompok IPS Kelas 7 Uraikan Posisi Indonesia

Uraikanlah posisi Indonesia

1. Indonesia  berbatasan dgn Negara-negara selaku berikut :
a. Pada arah utara Indonesia berbatasan darat dgn Malaysia & mempunyai perbatasan maritim dgn  Singapura, Filipina & Palau. Serta memiliki batas  Laut Cina Selatan.
b. Untuk arah selatan Indonesia berbatasan darat dgn negara  Timor Leste & berbatasan laut dengan  Australia, serta sebagian dgn Samudra Hindia.
c. Untuk arah barat Indonesia berbatasan dgn laut lepas Samudra Hindia.
d. Sedangkan arah timur Indonesia memiliki batas darat dgn negara Papua Nugini & bahari lepas Samudra  Pasifik.
2.  Indonesia dikelilingi oleh dua samudera yakni : Samudera Hindia pada wilayah barat & selatan & ada samudera pasific pada wilayah Timur. Dan ada pula Laut Cina Selatan di daerah utara.
3. Indonesia berdekatan & menjadi bagian dr benua Asia. Wilayah regional berjulukan Asia Tenggara di sebelah utara. Sedang ada benua terkecil yg erat dgn Indonesia yakni Benua Australia
4. Secara astronomis, Indonesia mempunyai batas sebagai berikut 60 LU – 110 LS & 950 BT – 1410 BT
1) Deskripsikan atau gambarkan keadaan dr tampang bumi pada salah satu pulau besar yg ada  di Negara Indonesia!
Deskripsi Pulau Sumatera yakni pada daerah barat pulau Sumatera terdapat  pegunungan Bukit Barisan yg membentang panjang hingga 1500 km. Di bukit barisan itu ada puluhan gunung yg tak aktif & gunung masih aktif, contohnya : Sinabung di Sumatra Utara & gunung Kerinci di Sumatra Barat & Jambi. Pulau Sumatra memiliki beberapa danau, misalnya Danau Toba di Sumatra Utara & Danau Singkarak di Sumatra Barat.

Pada daerah  timur pulau banyak  sungai-sungai besar yg mempunyai muara di sana, yakni : Sungai Siak di Riau, sungai Batang Hari di Sumatra Barat & Jambi & sungai Musi di Sumatra Selatan
  Buatlah Contoh Contoh Budaya Eropa Seperti yang Ditulis Pada Tabel Poin 2 dalam Bentuk Foto atau Video