close

5 Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

Sebelumnya, di Sosiologiku kita pernah mencar ilmu wacana materi teks eksemplum. Nah jikalau ananda belum tahu apa itu teks eksemplum & mirip apa strukturnya, silakan baca materinya pada artikel tersebut. Secara singkat, teks eksemplum merupakan teks yg menceritakan wacana pengalaman seseorang.

Untuk bisa mempelajari teks eksemplum lebih baik, maka penting untuk membaca misalnya. Nah, biasanya teladan teks eksemplum ini bisa ananda temukan di internet, tergolong di situs Sosiologiku ini. Yup! Pada kesempatan kali ini Sosiologiku akan memberikan contoh-teladan teks eksemplum.

Simak sepuluh contoh teks eksemplum beserta strukturnya berikut ini:

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Salah Memilih Jasa Ekspedisi

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Orientasi

Di pertengahan tahun ini gue sudah menuntaskan masa Sekolah Menengan Atas-ku & berencana untuk melanjutkan studi di salah satu sekolah tinggi tinggi negeri. Universitas yg gue incar adalah salah satu universitas terkenal di provinsi Jawa Tengah. Sementara gue & keluarga berasal dr Jawa Barat.

Tentu ada banyak hal & aspek yg gue pikirkan kenapa gue ingin berkuliah di situ, salah satunya yakni alasannya gue ingin lebih mandiri. Nantinya, di sana gue akan tinggal di sebuah kos-kosan & bisa mencicipi sebuah tantangan gres.

Singkat kisah, berkat kerja kerasku berbulan-bulan mencar ilmu dgn tekun, gue pun behasil lolos di universitas tersebut & tinggal mengirimkan berkas fisik sebagai syarat daftar ulang.

Pihak universitas meminta beberapa lembar fotocopy dokumen mirip ijazah Sekolah Menengan Atas, akta kelahiran, & lain-lain dirikimkan melalui POS atau jasa ekspedisi.

Insiden

Karena pada ketika itu gue berencana menghemat uang, gue pun menentukan sebuah jasa ekspedisi yg namanya tak populer sama sekali. Satu alasanku ketika itu ialah, alasannya adalah jasa logistik tersebut memberikan harga yg sungguh murah dgn jaminan hingga esok hari.

Aku mulai mengemasi dokumen-dokumenku & menghubungi biro atau kurir jasa ekspedisi tersebut untuk menyerahkan paketku. Kami berjumpa di sebuah daerah & gue pun menyerahkan paket tersebut serta mengeluarkan uang ongkos kirimnya.

Awalnya tak ada yg aneh, hingga risikonya hingga esok hari tiba, gue masih belum kunjung menemukan nomor resi paketku. Ku coba hubungi kurir yg kemarin gue temui, namun tak ada jawaban.

Setelah gue cari-cari isu seputar nama jasa ekspedisi tersebut di internet, ternyata itu ialah suatu perusahaan bodong yg membohongi banyak orang dgn kedok jasa pengantaran barang. Aku sangat ketakutan waktu itu, selain rugi materi, gue pula telah memberikan data-data pentingku ke orang yg tak bertanggung jawab.

  Teks Ⅰ Mungkin kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi minuman bersoda.

Interpretasi

Meski pada kesudahannya gue bisa mengantarkembali paketku memakai jasa ekspedisi terpercaya Trawlbens, pasti ini ialah suatu pengalaman berharga. Dari kejadian ini, gue berguru untuk senantiasa mempercayakan kebutuhanku ke entitas yg resmi & terpercaya.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Terlambat Masuk Sekolah

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Saat ini gue bersekolah di salah satu SMA favorit di kotaku. Meski gue bersekolah di kota, namun rumahku berada di desa. Oleh alasannya jarak yg terlalu jauh tersebut, gue pun menyewa sebuah kamar kos semoga jarak ke sekolah bisa lebih erat sehingga lebih mengurangi waktu.

Akan tetapi, alih-alih bisa datang lebih permulaan, gue justru sering sekali meremehkan waktu. Jam masuk sekolahku adalah pukul 07.00 tetapi, pak Satpam sudah direncanakan untuk menutup pintu gerbang pada pukul 06.45.

Terkadang, gue menghabiskan waktu terlalu lama bersiap-siap di kosan atau malah bangkit kesiangan. Sehingga, tak jarang gue tiba di sekolah dgn sisa waktu yg pas-pasan sebelum gerbang ditutup. Bisa dikatakan, gue cukup mujur.

Tetapi, rasanya di hari Senin kala itu, dewi fortuna sedang tak berpihak padaku. Aku bangkit kesiangan & menghabiskan waktu terlalu lama mencari dasi untuk upacara karena gue menaruhnya asal-asalan.

Akhirnya, gue pun terlambat. Ini merupakan kali pertama diriku terlambat di sekolah. Setbanya di depan gerbang sekolah, pak Satpam sudah menyambutku. Aku & murid lain yg pula terlambat pun dieksekusi melaksanakan push up sebanyak 20 kali.

Selain push up, gue pula harus membersihkan halaman & taman depan sekolah selama kurang lebih 20 menit. Malu & duka rasanya gue harus menerima hukuman karena tiba telat. Apalagi, gue dikenal sebagai siswa yg bersungguh-sungguh & pandai, pasti ini sangat jelek untuk citra diriku.

Sejak dikala itu, gue mulai berguru berdiri sempurna waktu biar tak telat & menerima hukuman lagi.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Hewan

Pickles, Burung Pipit yg Sombong

Contoh Teks Eksemplum Tentang Hewan

Orientasi

Di sebuah hutan yg belantara & jauh dr pemukiman insan, diceritakan hidup sekelompok burung pipit. Salah satu dr mereka bernama Peackles. Di hutan itu, ia tinggal dgn kelompoknya.

Di kalangan kelompok burung pipit tersebut, Peackles terkenal selaku seekor burung pipit yg tak memiliki sobat, senantiasa sendiri, & selalu merasa benar sendiri. ia beranggapan bahwa dirinyalah yg paling benar & hal itu membuatnya menjadi sombong.

Di salah satu area hutan tersebut, kelompok burung ipit itu menciptakan sarang sebagai daerah tinggal mereka setelah sebelumnya berpindah dr kawasan lain.

Seluruh anggota kelompok memakai tumpukan jerami sebagai materi utama menciptakan sarang. Namun, berlawanan dgn mereka, Peackles membuat sarangnya memakai potongan kertas origami warna-warni.

  Kepada Pihak Manakah Proposal Itu Sebaiknya Kita Ajukan ? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Halaman 163

Menurutnya, sarangnya lah yg paling elok sebab terbuat dr kertas yg warna-warni. Saat itu, ia tak memikirkan wacana ketahanan sarangnya.

Di sebelah Peackles, ada pula burung pipit lain yg pula sedang menciptakan sarang, ia yaitu Coco. Tidak seperti Peackles, Coco membuat sarangnya dr tumpukan jerami seperti yg yang lain.

Berkebalikan dgn Peackles, Coco terkenal sebagai burung pipit yg dermawan & rendah hati. Karena bersebelahan, tak jarang Peackles mengejek Coco alasannya sarangnya hanya yang dibuat dr jerami.

Saat itu, Coco hanya memberikan nasehat pada Peackles agar memakai tumpukan jerami pula supaya sarangnya lebih kuat & kokoh. Sayang, saran Coco itu ibarat angin kemudian saja bagi Peackles. Ia tak menanggapinya sama sekali.

Insiden

Selang beberapa waktu, semua burung pipit selesai menciptakan sarangnya, tergolong Peackles & Coco.

Siapa yg menyangka, tak lama hujan turun & seluruhnya masuk ke sarang yg sudah mereka buat masing-masing.

Akan tetapi, karena yang dibuat dr kertas saja, maka sarang Peakcles mulai rusak terkena air hujan. Tubuh Peackles pun basah kuyup diguyur air hujan. Ia sangat panik dikala itu.

Untungnya, Coco dgn bahagia hati mempersilakan Peackles untuk masuk ke sarangnya sementara selagi hujan masih turun.

Interpretasi

Pada akhirnya, Peackles meratapi apa yg selama ini ia perbuat. Setelah hujan reda, Peackles kembali membuat sarangnya, kali ini dgn tumpukan jerami.

Sejak dikala itu, Peackles berjanji pada diri sendiri untuk tak lagi arogan & bersikap jelek. Ia sudah tersadar bahwa bergotong-royong kesederhanaan ialah sesuatu yg lebih baik. Terlebih, ia pula merupakan seorang makhluk sosial yg membutuhkan tunjangan orang lain.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Peristiwa Alam

Banjir di Desa Bungamekar

Contoh Teks Eksemplum Tentang Peristiwa Alam

Abstrak

Pada hari Kamis, 5 Desember 2019 kemudian desa Bungamekar, desa tersayang miliku yg terletak di salah satu kota provinsi Jawa Barat terendam banjir hampir seukuran dada orang deawasa.

Hingga dikala ini, keadaan di sini masih belum pulih dengan-cara sepenuhnya. Beberapa keluarga masih mengungsi & ingin menanti hingga keadaan benar-benar aman.

Orientasi

Sebagian besar dr kami di sini masih merasa syok dgn bencana alam banjir ini. Bukan tanpa alasan, alasannya walaupun di animo hujan seperti ketika ini, sebelumnya jarang sekali desa kami bisa terendam banjir separah ini.

Beberapa orang di sini bahkan menganggap bahwa ini ialah banjir terparah yg pernah terjadi di sini.

Pada mulanya, hujan deras terus mengguyur desa Bunamekar terhitung sejak tanggal 1 Desember, empat hari sebelum banjir terjadi.

Sebelumnya, kami masih santai menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, pada tanggal 4 air mulai sedikit naik.

Insiden

Tiba di tanggal 5 Desember, hujan tak berhenti dr pagi hari hingga sore hari, lebih dr 6 jam hujan terus terjadi.

Kemudian pada malam hari, alasannya minim penerangan, air naik dengan-cara tiba-tiba. Tatkala air sudah meraih lutut, para warga mulai panik & berencana untuk mengungsi.

  20 Contoh Teks Ulasan Novel dan Film Beserta Strukturnya

Tetapi, air terus naik hingga meraih ukuran dada orang akil balig cukup akal. Warga-warga yg telat menyelamatkan harta bendanya pun harus nrimo merelakan harta bendanya terendam air.

Interpretasi

Dari peristiwa ini, kami mencar ilmu banyak. Jika suatu hal jarang terjadi sebelumnya, bukan berarti hal tersebut tak akan betul-betul terjadi sama sekali. Sama halnya dgn banjir di desa Bungamekar.

Kami mulai berguru untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, tak mencemari lingkungan sekitar, & perangkat desa mulai mencari solusi untuk mencegah banjir serupa terjadi lagi.

Contoh Teks Eksemplum Fiksi

Kecerobohan Sang Kelinci

Contoh Teks Eksemplum Fiksi

Orientasi

Ceritanya ada sebuah desa di hutan yg dihuni oleh aneka macam macam binatang. Mereka semua hidup dgn damai & harmonis. Di antara mereka semua, ada satu seekor kelinci yg sangat terkenal akan kecepatannya larinya.

Kelinci-kelinci lain di sana bahkan tak ada yg mampu menandingi kecepatan super kelinci tadi. Bukan hanya kecepatan larinya yg luar biasa, kelinci tadi itu bahkan pula mempunyai lompatan yg sungguh tinggi.

Pada suatu hari, desa tersebut mengadakan suatu program perlombaan lari yg bisa dibarengi oleh semua binatang, termasuk kelinci tadi.

Pemenang program lomba tersebut nantinya akan memperoleh sejumlah aneka buah & kuliner yg bisa disimpan sampai beberapa animo ke depan lamanya.

Hadiah ini tentunya sungguh menggiurkan hingga setiap keluarga binatang di sana menginginkannya. Mereka pun mengirimkan masing-masing anaknya yg masih lincah untuk berpartisipasi di perlombaan itu.

Insiden

Tibalah hari perlombaan. Semua hewan sudah berkemas-kemas di garis start untuk memulai perlombaan. Dan kontes pun dimulai.

Dengan kekuatan supernya, kelinci melaju dgn sungguh cepat & meninggalkan peserta-peserta lain. Penonton yg ada di sana pun cuma bisa tertegun & kesengsem melihat kecepatan si kelinci itu.

Sayang, di tengah jalan, alasannya adalah terlalu cepat berlari, si kelinci tak terlalu mengamati jalan. Padahal, jalan perlombaan memang dibentuk sedemikian rupa dgn jebakan-jebakan & rintangan yg cukup sukar.

Ia terus menambah kecepatan, hingga jadinya ia terjebak & masuk ke dlm salah satu lubang jebakan. Setelah ditolong oleh peserta lain untuk naik kembali dr lubang, ternyata kaki sang kelinci terluka.

Terpaksa, ia tak bisa melanjutkan perlombaan. Ia sungguh sedih & menyesal sebab terlalu meremehkan perlombaan dgn mengandalkan kesanggupan larinya. Para penonton pun tak menyangka bahwa si kelinci akan mengalami hal seperti ini.

Interpretasi

Sang kelinci merasa sungguh kecewa. Karena sebelumnya, ia tak pernah menciptakan kesalahan yg membuatnya mirip ini.

Akhirnya, si kelinci belajar untuk tak mengulangi hal serupa. Ia berjanji pada diri sendiri untuk tak meremehkan apapun & berguru lebih konsentrasi.


Nah itulah kumpulan teladan teks eksemplum beserta strukturnya dr Sosiologiku. Setelah mengetahui & membaca pola-acuan di atas, ananda jadi tahu betul mirip apa sebuah teks eksemplum & jadi bisa membuat teks eksemplum sendiri.

Dari kelima pola di atas, mana yg jadi favorit kau? Atau ananda ingin dibuatkan pola gres dgn tema yang lain? Bilang saja di kolom komentar ya!