close

10+ Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam dan Strukturnya

Di dlm kehidupan kita terdapat banyak sekali peristiwa & fenomena alam. Misalnya mirip pelangi, hujan, banjir, tsunami & lain sebagainya. Penjelasan mengenai fenomena alam tersebut akan dijawab oleh kumpulan contoh teks eksplanasi fenomena alam yg ada di postingan ini.

Lalu, kenapa & bagaimana fenomena alam tersebut bisa terjadi? Pertanyaan ini bisa dijawab oleh teks eksplanasi fenomena alam.

Karena menjawab kenapa & bagaimana proses terjadinya suatu insiden merupakan salah satu tujuan teks eksplanasi.

Peristiwa alam merupakan salah satu hal yg senantiasa mempunyai penjelasan logis & ilmiah. Karena hal tersebut umumnya siswa diberikan tugas untuk bikin teks eksplanasi insiden alam.

Bagi ananda yg masih bingung bagaimana membuatnya & perlu referensi, silahkan baca contoh teks eksplanasi fenomena alam beserta strukturnya model Sosiologiku berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Banjir

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Banjir
Ilustrasi tragedi banjir

Pernyataan Umum

Banjir adalah suatu fenomena alam berupa naiknya air sehingga menutupi permukaan tanah di wilayah tertentu. Banjir pula termasuk ke dlm potongan siklus hidrologi, yaitu siklus air di permukaan bumi yg mengalir menuju bahari.

Melalui siklus hidrologi tersebut, mampu dipahami bahwa banyaknya kapasitas air di permukaan bumi dipengaruhi oleh absorpsi air ke dlm tanah & pula curah hujan.

Urutan Sebab-Akibat

Proses terjadinya banjir dapat dibedakan menjadi 2, yakni dengan-cara alamiah & non-alamiah.

Secara alamiah banjir disebabkan oleh hujan setempat & propagasi limpasan dr daerah hulu di satu wilayah tangkapan. Sementara dengan-cara non-alamiah, banjir mampu terjadi dikarenakan ulah manusia.

Proses terjadinya banjir dengan-cara alamiah adalah mulai dr turunnya hujan. Air hujan yg jatuh ke permukaan bumi kemudian akan tertahan & dikonsumsi oleh berkembang-tanaman.

Setelah itu air akan masuk ke dlm tanah & mengalir ke tempat yg lebih rendah. Kemudian terjadilah proses penguapan & air mulai keluar ke permukaan.

Sementara itu, proses terjadinya banjir dengan-cara non-alamiah karena ulah manusia dimulai dr tindakan mencampakkan sampah sembarangan. Sampah yg dibuang tak pada tempatnya akan menyebabkan pedoman air tersumbat.

Karena hal tersebut, air malah akan terapung di tempat pembuangan itu. Seiring waktu, air akan semakin menguap tinggi kemudian keluar ke permukaan & menyebabkan terjadinya banjir.

Setidaknya ada 3 pengaruh tragedi banjir, yaitu pengaruh primer, pengaruh sekunder & pengaruh tersier (jangka panjang).

  • Dampak primer: kerusakan fisik seperti rusaknya jalan raya, jembatan, kendaraan beroda empat atau bangunan.
  • Dampak sekunder: penyakit, gagal panen, kurangnya persediaan air higienis & pangan, lumpuhnya transportasi.
  • Dampak tersier/jangka panjang: ekonomi runtuh balasan berkurangnya jumlah pelancong, biaya pembangunan kembali & pula kelangkaan bahan pangan.

Interpretasi

Oleh lantaran itu saya mengajak untuk kembali tertib membuang sampah. Jangan buang sampah asal pilih atau ke area sungai yg justru mampu menimbulkan banjir & efeknya kembali ke diri kita sendiri.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tsunami

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami
Tsunami

Pernyataan Umum

Tsunami terdiri dr 2 suku kata, yakni “tsu” yg memiliki arti pelabuhan & “nami” yg bermakna gelombang & berasal dr bahasa Jepang.

Para mahir biasa menyebutnya dgn seismic sea waves (gelombang laut akhir gempa) atau tidal wave (gelombang pasang).

Tsunami adalah gelombang laut yg datang dengan-cara secara tiba-tiba dgn kecepatan tinggi menuju kawasan pantai. Tsunami bisa disebabkan oleh gempa di bawah laut atau acara gunung berapi.

Urutan Sebab-Akibat

Saat terjadi gempa & kemudian permukaan dasar laut naik & turun di sepanjang patahan, maka pada saat itulah tsunami dapat terbentuk.

Patahan dr gempa tersebut menimbulkan keseimbangan air terganggu. Patahan berukuran besar akan menciptakan gelombang air yg besar juga.

Sesaat setelah gempa selesai, air maritim akan surut. Dan kemudian kembali ke pesisir dlm wujud gelombang besar berupa tsunami.

  Setelah Kamu Membaca Cerpen Pohon Keramat, Simpulkan Unsur Cerpen, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP

Tsunami pula dapat terjadi karena letusan gunung berapi di dlm bahari yg menyebabkan naiknya pergerakan air di sekitarnya.

Kecepatan gelombang tsunami jauh lebih besar dibandingkan gelombang biasa. Bahkan bisa hingga 700 km/jam atau nyaris menyamai kecepatan pesawat.

Tinggi gelombang tsunami berkisar antara 50 sampai 100 meter & menyebar ke segala arah. Ketinggian gelombang tersebut dipengaruhi oleh kedalaman & bentuk pantai.

Oleh sebab itu, gempa bumi di dasar bahari sangat mungkin menyebabkan tsunami.

Interpretasi

Karena mampu menimbulkan kerusakan besar atau bahkan merenggut ribuan nyawa sekaligus, tsunami menjadi salah satu petaka yg paling berbahaya bagi manusia.

Maka dr itu kita mesti senantiasa waspada & menyiapkan diri untuk menghadapi insiden alam tsunami. Meskipun tak semua letusan gunung berapi & gempa mengakibatkan tsunami.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gempa Bumi

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam
Dampak gempa bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi yaitu suatu guncangan yg disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. Guncangan tersebut berasal dr dasar bumi.

Ada beberapa daerah tertentu yg rentan mengalami musibah gempa bumi. Daerah tersebut merupakan daerah-kawasan di sekitar gunung merapi aktif & wilayah di sekeliling lautan luas.

Urutan Sebab-Akibat

Pergeseran atau gerakan lapisan dasar bumi & letusan gunung merapi yg sangat kuat merupakan penyebab kenapa gempa bumi teradi.

Tidak cuma itu, gempa bumi pula berjalan dlm waktu yg sungguh singkat tetapi efeknya sangat besar terhadap lingkungan sekitar.

Getaran penyebab gempa bumi tersebut kemudian menyebar ke segala penjuru & meruntuhkan banyak bangunan. Kejadian mirip ini pula banyak memakan korban jiwa.

Gempa bumi dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu gempa bumi vulkanik & tektonik. Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yg disebabkan oleh letusan gunung berapi.

Sementara gempa bumi tektonik ialah gempa bumi yg disebabkan oleh pergerakan lapisan kerak bumi sehingga bumi mengalami pergantian.

Berdasarkan teori tektonik Plate, terdapat beberapa lapisan produksi yg ada di dlm bumi. Kebanyakan kawasan yg berlapiskan kerak tersebut bisa hanyut sewaktu-waktu hingga mengapung ke suatu lapisan yg ibarat salju.

Lapisan itu kemudian mengalami pergerakan yg sungguh pelan. Sehingga mengakibatkan pecahan atau tabrakan antarlapisan. Inilah penyebab terjadinya gempa bumi.

Interpretasi

Bencana alam gempa bumi tak mengenal ekspresi dominan. Bisa terjadi kapan saja. Walau demikian, bisanya gempa cuma terjadi di wilayah-wilayah tertentu saja.

Misalnya seperti di perbatasan plat pacific lantaran area tersebut sebagian besar dikelilingi gunung berapi. Sebab hal tersebut, area itu populer dgn sebutan “lingkaran api”.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tanah Longsor

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tanah Longsor
sumber: youtube.com

Pernyataan Umum

Tanah longsor yaitu sebuah peristiwa alam geologi yg terjadi karena adanya pergerakan tanah atau batuan massa.

Tipe atau jenisnya bisa berbagai macam mirip jatuhnya bebatuan atau gumpalan tanah berukuran besar.

Ada 2 aspek penyebab tanah longsor, yakni aspek pemicu & aspek pendorong. Faktor pemicu adalah aspek yg menimbulkan materi pembuat longsor bergerak.

Sementara aspek pendorong adalah aspek yg mempengaruhi kondisi materinya. Meski ada 2 faktor tersebut, penyebab tanah longsor yg paling utama tetap gravitasi yg menghipnotis lereng curam.

Urutan Sebab-Akibat

Indonesia terkadang mengalami bencana alam tanah longsor ini. Kebanyakan disebabkan karena hujan deras & pula gempa bumi.

Peristiwa alam gempa bumi menimbulkan lempeng bawah tanah bergerak hingga tergeser. Akibatnya tanah menjadi longsor.

Proses terjadinya tanah longsor dimulai dr meresapnya air hujan ke dlm tanah. Kemudian beban di dlm terpengaruh lantaran hal tersebut & berada di atas batas maksimalnya dlm mengandung air.

Selanjutnya tekstur tanah mulai berganti. Tatkala air sudah memasuki ke bagian tanah yg kedap air, maka tanahnya akan menjadi licin. Oleh sebab itu, terjadilah pergerakan tanah yg cepat.

Akhirnya permukaan tanah mengalami pelapukan. Begitupun struktur lapisan tanahnya mulai dr bawah sampai yg ada di dasar.

Itulah yg menimbulkan tanah bergerak hingga keluar lereng & menimbulkan tanah longsor terjadi.

Interpretasi

Bencana tanah longsor tentu mengakibatkan kerugian yg cukup besar, mulai dr hilangnya harta benda, kerusakan gedung yg terdampak, saluran kendaraan terputus hingga korban jiwa.

Sulit untuk menyelamatkan diri dr kejadian tanah longsor ini. Karena kecepatan tanah longsor bisa meraih 100 km/jam. Dan umumnya korban yg selamat pula akan mengalami stress berat yg cukup parah.

Oleh karena itu, tatkala mendengar bunyi gemuruh di dekat jurang atau tebing, segera bergerak menjauh & pergi ke dataran yg stabil.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Hujan

Contoh Teks Eksplanasi Hujan
Hujan

Pernyataan Umum

Jumlah air di dunia ini selalu mengikuti siklus yg namanya siklus hidrologi. Siklus hidrologi merupakan peredaran air yg akan selalu berlangsung dimulai dr atmosfer ke bumi, kemudian kembali lagi ke atmosfer.

Siklus tersebut berjalan lewat beberapa proses, antara lain proses evaporasi, kondensasi & presipitasi.

Dalam proses evaporasi, air yg ada di permukaan bumi berubah bentuk menjadi uap/gas akhir panasnya matahari. Evaporasi mampu terjadi pada air sungai, waduk, reservoir, maritim & pula air dr tanaman.

Urutan Sebab-Akibat

Tumbuh-tumbuhan menyerap air melalui akarnya. Sementara energi panas dr matahari mengakibatkan air dr dlm tanaman kembali keluar dlm bentuk uap.

  Kunci Jawaban Tugas Bahasa Indonesia Robohnya Surau Kami, Halaman 107 Kelas 11 SMA

Proses pengambilan air yg dilakukan akar tanaman kemudian kembali menguap tersebut merupakan proses transpirasi.

Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap akan berubah menjadi air lagi. Kemudian butiran-butiran air muncul akhir dr proses kondensasi yg membenturkan tetesan air kecil (tiny droplet) dgn tetesan air lainnya di udara.

Adanya gravitasi bikin butiran air tersebut turun ke bumi. Dan itulah yg kita sebut dgn hujan atau presipitasi. Apabila temperatur udara turun menyentuh angka di bawah 0 derajat Celcius, maka butiran air tadi akan berubah jadi salju.

Saat hingga ke bumi, air hujan bergerak & mengalir dr tempat yg tinggi ke tempat yg rendah. Pergerakan air ini disebut fatwa permukaan tanah karena pergerakannya ada di atas permukaan tanah.

Aliran air ini akan masuk ke tempat tangkapan, yakni wilayah menuju sistem jaringan sungai, danau atau waduk.

Dalam jaringan sungai, air ini mengalir mulai dr sungai yg kecil ke sungai yg besar. Sampai kesannya berada di verbal sungai atau yg pula disebut estuary, tempat bertemunya sungai dgn maritim.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Hujan Es

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan
Terjadinya hujan es

Pernyataan Umum

Dalam ilmu meteorologi, hujan es disebut pula hail. Atau presipitasi yg terdiri atas bola-bola es.

Proses pembentukannya yakni melewati kondensasi uap air yg ada di atmosfer dgn lapisan berada di atas level beku.

Es yg tercipta lantaran proses ini lazimnya mempunyai ukuran yg besar. Karena ukuran besarnya itu, walaupun sudah turun ke arah yg lebih rendah dgn suhu yg hangat, tak semua esnya bisa mencair.

Tidak hanya di negara-negara subtropis saja, hujan es pula mampu terjadi di wilayah ekuator.

Urutan Sebab-Akibat

Proses lainnya yg bisa membuat hujan es yaitu riming. Pada proses ini uap air terpesona ke pemukaan benih-benih es. Karena adanya pengembunan secara tiba-tiba tersebut, maka terbuatlah es berukuran besar.

Ada pula hujan es yg disertai puting beliung, hal ini disebabkan oleh awan dgn jenis sel tunggal berlapis (CB) yg akrab dgn permukaan bumi. Tapi bisa pula berasal dr awan multi sel yg tumbuh vertikal.

Luas area hujan esnya dengan-cara horizontal sekitar 3 hingga 5 meter & berjalan singkat sekitar 3 hingga 5 menit. Jenis awan seperti ini lazimnya berupa mirip bunga kol & yg dikenal sebagai awan Cumulonimbus.

Awan dgn kandungan uap air yg tertiup angin ke tempat masbodoh, akan meraih titik embun (dew point) kemudian mengembun. Dan lantaran terlalu berat akan jatuh sebagai hujan.

Setelah menjadi air, jika tertiup oleh angin thermis yg naik ke ketinggian dgn temperatur di bawah titik beku, maka air tersebut membeku menjadi es.

Kemudian lantaran ikatan antarmolekul es sebagai benda padat jauh lebih kuat dibandingkan air, maka es akan jatuh dlm bentuk yg tak beraturan, bahkan bisa seukuran kepalan tangan. Inilah yg disebut fenomena hujan es.

Interpretasi

Walaupun Indonesia terletak di daerah tropis, namun hujan es pula pernah terjadi di Indonesia. Hujan es mampu memunculkan kerusakan serius, khususnya kerusakan kaca & jendela, penerbangan, dunia otomotif, bidang peternakan & yang lain.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pelangi

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi
Pelangi yg indah

Pernyataan Umum

Pelangi yakni salah satu fenomena alam yg sungguh indah. Fenomena ini tercipta karena pembiasan cahaya matahari oleh butiran-butiran air.

Berbagai macam warna indah saling berjajar di dlm pelangi yg terlihat di langit. Secara biasa bentuk pelangi adalah busur dgn masing-masing ujung yg mengarah pada titik berlawanan.

Pelangi terlihat bagai busur cahaya dgn ujung yg mengarah ke horizon ketika terjadi hujan ringan. Tak jarang pula pelangi timbul di sekitar teladas.

Urutan Sebab-Akibat

Pelangi timbul disebabkan oleh cahaya yg menyimpang menjauhi partikelnya & membias. Pelangi tak akan mampu dilihat tatkala malam hari atau ketika mendung.

Hal ini menunjukan dgn jelas bahwa pelangi adalah insiden alam yg terjadi lantaran pembiasan cahaya.

Pada mulanya, cahaya matahari akan melewati tetes air hujan, kemudian dibelokkan atau dibiaskan ke tengah tetes air hujan. Hingga cahaya putihnya berkembang menjadi warna-warna spektrum.

Interpretasi

Kita bisa menyaksikan pelangi tatkala hujan ketika matahari bersinar berlawanan arah dgn kita menghadap. Kaprikornus posisi kita berdiri harus berada di antara tetesan air & matahari di belakang kita.

Mudahnya, kita selaku pengamat, kemudian pusat busur pelangi & matahari mesti berada di satu garis lurus. Dengan begitu kita bisa menikmati indahnya warna-warni pelangi.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Petir

Contoh Teks Eksplanasi Petir
Petir

Pernyataan Umum

Petir merupakan salah satu fenomena yg bisa diterangkan dengan-cara ilmiah. Petir terlihat dlm bentuk kilatan cahaya yg kemudian diikuti dgn suara gemuruh yg menggelegar. Tatkala musim hujan tiba, umumnya petir muncul.

Biasanya ada selisih waktu antara cahaya kilat & suara gemuruhnya. Hal tersebut mampu terjadi karena adanya perbedaan kecepatan rambatan antara kilat & suara, di mana kilatan cahayanya selalu jauh lebih cepat.

Urutan Sebab-Akibat

Perbedaan memiliki peluang antara bumi, awan & awan lainnya merupakan penyebab adanya petir. Hasil gesekan antarawan menciptakan muatan positif di satu segi & muatan negatif di sisi lain. Peristiwa tersebut terjadi sesaat sebelum hujan.

  4 Contoh Teks Diskusi yang Bisa Kamu Duplikasi

Kemudian karena adanya presipitasi air hujan, akan terjadi benturan antarair & pula awan yg mengakibatkan perpindahan elektron dlm kecepatan tinggi.

Kombinasi kejadian tersebut merupakan pemicu hadirnya petir. Hal ini menunjukan bahwa petir yaitu suatu fenomena yg berupa arus listrik bertegangan tinggi & sangat berbahaya.

Interpretasi

Sebaiknya bila terjadi hujan, berdiam dirilah di dlm rumah atau berteduh di tempat yg kondusif dr sengatan listrik.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Bulan

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam
Fenomena alam gerhana bulan

Pernyataan Umum

Gerhana bulan menjadi salah satu fenomena alam yg sering dilihat oleh manusia. Peristiwa alam ini terjadi jika bulan beroposisi dgn matahari.

Tapi tak selamanya oposisi bulan dgn matahari ini mampu menghasilkan fenomena gerhana bulan.

Sebab adanya kemiringan sebesar 5 derajat bidang orbit bulan kepada bidang ekliptika. Tatkala terjadi perpotongan antara bidang orbit bulan dgn bidang ekliptika, maka akan menciptakan dua titik yg disebut dgn istilah node.

Gerhana bulan cuma akan terjadi bila bulan beroposisi dgn titik node tersebut. Setidaknya bulan membutuhkan waktu sekitar 29,53 hari untuk bergerak dr satu titik ke titik oposisi yg lain.

Urutan Sebab-Akibat

Berdasarkan fakta, tatkala terjadi gerhana bulan sebenarnya penampakan bulannya masih bisa dilihat. Hal tersebut diakibatkan oleh sinar matahari yg tersisa, dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi.

Sinar matahari yg dibelokkan tersebut mempunyai spektrum cahaya berwarna kemerahan. Oleh alasannya adalah itulah, saat terjadi fenomena alam gerhana bulan, maka bulan terlihat lebih gelap, biasanya berwarna cokelat, jingga atau merah gelap.

Kamu bisa memperhatikan gerhana bulan dgn mata telanjang tanpa cemas akan adanya ancaman.

Interpretasi

Saat bayangan bumi menutupi sebagian atau seluruh penampang bulan, maka ketika itu terjadilah gerhana bulan.

Terutama pada ketika bumi menempati posisi antara bulan & matahari, berada di satu garis lurus yg sama. Akan membuat sinar matahari tak bisa sampai ke bulan karena dihalangi oleh bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Matahari

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Matahari
Gerhana matahari 2017

Pernyataan Umum

Gerhana matahari ialah satu fenomena alam yg biasa terjadi hanya 25 tahun sekali saja.

Gerhana ini merupakan fenomena yg disebabkan karena bayangan yg dibuat oleh bulan atau bumi & terletak dlm satu garis lurus. Cahaya matahari yg terhalang oleh bumi atau bulan akan membentuk gerhana.

Urutan Sebab-Akibat

Gerhana matahari mulai terjadi tatkala bayangan bulan mengalami pergerakan hingga menutupi permukaan bumi.

Bayangan bulan mampu menutupi cahaya matahari dengan-cara sepenuhnya walaupun ukuran bulan lebih kecil dibandingkan dengan matahari.

Hal ini dikarenakan jarak bulan yg rata-rata 384.400 km lebih akrab dr bumi dibandingkan matahari yg jarak rata-ratanya 149.680.000 km.

Fenomena alam gerhana matahari terjadi pada dikala bulan ada di antara bumi & matahari tatkala fase bulan baru.

Sebagian gerhana matahari terjadi pada ketika penumbra bulan menutupi wilayah di permukaan bumi.

Akibatnya cuma sebagian cahaya matahari saja yg bisa hingga ke wilayah tersebut. Sehingga terjadi fenomena alam gelap sebagian.

Karena lintasan bulan yg tak lingkaran tepat, bayang-bayangnya tak bisa mencapai permukaan bumi. Kondisi mirip ini disebut gerhana matahari cincin.

Pada ketika umbra bulan menutupi daerah di bumi. Maka terjadilah gerhana matahari total pada daerah tersebut sehingga keadaannya sungguh gelap. Biasanya gerhana matahari total berlangsung selama 6 menit.

Interpretasi

Diperlukan pelindung mata khusus atau metode menyaksikan gerhana matahari dengan-cara tak pribadi apabila ingin memperhatikan fenomena alam yg satu ini.

Jangan gunakan kacamata sun glasses karena tak aman digunakan, tak bisa menyaring radiasi inframerah yg bisa menghancurkan retina mata.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pemanasan Global

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pemanasan Global
Es mencair dampak pemanasan global

Pernyataan Umum

Pemanasan global merupakan suatu kondisi di mana suhu bumi meningkat sehingga menjadi lebih panas. Pemanasan global pula biasa disebut dgn istilah global warming.

Dampak jelek pemanasan global yg paling utama ialah perubahan iklim yg sungguh ekstrim. Naiknya suhu di udara menjadikan es di kutub utara & selatan mencair.

Sehingga akan mempunyai pengaruh pada ekosistem & lingkungan di kutub yg menjadi penyebab kepunahan beberapa makhluk hidup di sana.

Urutan Sebab-Akibat

Pemanasan global disebabkan oleh kurangnya kesadaran manusia dlm mempertahankan alam semesta.

Pemanasan global pula disebabkan oleh imbas rumah beling, kenaikan gas rumah beling, polusi udara kendaraan bermotor & industri, penggundulan hutan besar-besaran & beberapa faktor yang lain.

Keinaikan suhu bumi membuat perubahan iklim yg esktrim sehingga ada perubahan curah hujan, terjadinya topan disertai angin, perubahan pola cuacu, bahkan petaka yg bisa merenggut korban jiwa.

Naiknya suhu bumi merupakan balasan radiasi yg dipancarkan sinar matahari menuju atmosfer bumi. Sebagian sinar ini menjelma infra merah yg kemudian diserap udara & bumi.

Dampak pemanasan global di antaranya es di kutub yg mencair sehingga air maritim naik & menjadikan banjir di beberapa wilayah.

Kemudian pengaruh yang lain yakni kenaikan curah hujan, susah memprediksi cuaca, timbulnya penyakit yg berbahaya, kenaikan proses penguapan air dlm tanah hingga menyebabkan kekeringan.

Interpretasi

Pemanasan global menjadi masalah yg serius & bisa mempunyai pengaruh pada seluruh makhluk hidup di bumi jika tak ditanggapi dgn serius.

Diperlukan usaha untuk menghidupkan kesadaran para insan untuk menghemat aspek penyebab pemanasan global & mempertahankan bumi.

Karena sesungguhnya balasan paling fatal pemanasan global ialah kepunahan makhluk hidup tergolong insan karena musibah yg sungguh besar.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Aurora

Bila acuan di atas dirasa kurang, ananda bisa menonton video teladan teks eksplanasi ihwal fenomena alam aurora berikut ini.

Video teladan teks eksplanasi fenomena alam

Nah itulah beberapa pola teks eksplanasi perihal fenomena alam yg sering kali terjadi di bumi kita.

Menurut kamu, teks eksplanasi fenomena alam mana yg paling mempesona? Coba sharing di komentar & bagikan artikel ini di media sosial ananda juga, ya!