4 Contoh Teks Ceramah Singkat Beserta Strukturnya

Orang lebih suka mendengar dr pada membaca, maka budaya ceramah sangat populer & mendapat tempat di hati masyarakat. Anda sering tampil menyampaikan materi pidato? Anda butuh banyak contoh teks ceramah yg bagus & berkualitas sesuai dgn kebutuhannya.

Bagaimana struktur teks ceramah? Kamu bisa memelajarinya dlm artikel ini.

Pengertian Teks Ceramah

Ceramah merupakan penyampaian materi tentang agama yg disampaikan oleh seorang ustaz, kyai atau orang yg memiliki otoritas di bidang pengetahuan agama. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan inspirasi, informasi & motivasi agar audiens bertambah semangat dlm beribadah & beramal saleh.

Ceramah termasuk salah satu  metode dakwah paling populer & banyak digunakan oleh para kyai & ustaz sejak dulu hingga sekarang. Mereka biasanya menyampaikan ceramah pada jamaahnya di dlm musala, masjid & komunitas-komunitas pengajian tertentu.

Penyampaian ilmu melalui ceramah sangat populer karena termotivasi oleh sabda nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam:

“Mencari ilmu mulai dr kandungan hingga liang lahat”.

Bukan hanya itu, seorang muslim pasti menyadari bahwa ilmu agama adalah ilmu terapan yg bisa mereka praktikkan dlm kehidupan sehari-hari. Berbeda dgn ilmu yg lainnya, yaitu yg tak semua bisa dipraktikkan.

Baca juga: Teks Ceramah, Pengertian, Tujuan Dan Pembukaan Ceramah yg Menarik

Struktur Ceramah

Sebuah teks ceramah biasanya terdiri dr tiga bagian penting. Meliputi; pembukaan, isi & penutup.

Berikut penjelasannya dengan-cara detail:

Pembukaan Ceramah

Pada pembukaan teks ceramah ini seorang penceramah perlu menyajikan sesuatu yg menarik, isu yg sedang berkembang, permasalahan yg dihadapi banyak orang & pandangan yg menggelitik pendengar. Sehingga mereka merasa tertarik & penasaran dgn materi ceramahnya.

Materi Ceramah

Seorang penceramah menyampaikan gagasan, pemaparan & materi inti pada tahapan ini. Ia perlu menyampaikan materi dgn ilustrasi yg menarik. Sesekali dgn selingan canda tawa & guyon yg tak mengganggu materi inti yg ia sampaikan.

Materi ceramah ini merupakan gagasan besar yg ingin penceramah sampaikan pada audiensnya.  Pada bagian ini ia bisa menyampaikan materi dengan-cara terstruktur, sistematis & poin-poin penting sehingga mudah diingat oleh audiens.

  3 Perbedaan Antara Ideologi Negara Sosialisme Dengan Ideologi NegaraLiberalisme

Penceramah perlu menyampaikan materi dgn argumentasi & dasar yg kuat. Baik argumentasi yg bersumber dr hukum primer; al Quran, Hadis atau keterangan ulama yg punya kapasitas & kaliber dunia yg keilmuannya diakui.

Penutup Ceramah

Dalam penutup ini seorang penceramah menyampaikan kesimpulan, inti dr materi yg ia sampaikan sebelumnya. Kesimpulan ini akan membantu pendengar untuk memperoleh hikmah dr materi yg ia sampaikan selama beberapa waktu yg lalu.

Boleh dibilang penutup merupakan intisari yg penceramah sampaikan sebelum menutup ceramahnya.

Dalam penutup ceramah ini seorang penceramah pula menyampaikan permohonan maaf serta salam penutup.

Contoh Teks Ceramah yg Menarik

Contoh Teks Ceramah Tentang Kesehatan

Pembukaan Ceramah

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Kepada bapak ibu guru yg berbahagia, izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan ceramah tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Kesehatan merupakan anugerah terbesar Allah untuk kita, namun kita sering lupa menjaganya. Akhirnya, tubuh kita jadi sakit.

Materi Ceramah

Satu hal yg sering kita lalaikan dlm hidup ini adalah kesehatan. Kesehatan merupakan pemberian Tuhan untuk kita. Banyak orang yg lalai menjaga kesehatannya hingga tubuhnya sakit. Mereka berangkat pagi pulang sore, bekerja keras untuk mengumpulkan uang. Di sela-sela kesibukannya, mereka lupa untuk makan & memenuhi kebutuhan tubuh. Ini adalah sebuah kezaliman.

Bila kita lalai menjaga kesehatan, maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Akhirnya, jatuh sakit & tak bisa beribadah dgn tenang. Bukan hanya itu, aktivitas kita pula akan terganggu.

Maka, menjaga kesehatan merupakan kewajiban kita. Bukan hanya itu, menjaga kesehatan adalah bagian dr menjalankan amanah Allah karena kesehatan adalah pemberian Allah yg harus kita jaga sebaik-baiknya. Tanpa tubuh yg sehat, kita tak bisa beribadah dengan  tenang.

Penutup

Tubuh yg sehat merupakan nikmat terbesar Allah untuk hidup ini. tentu, setelah nikmat Iman Islam & ihsan. Nikmatnya sehat, melebihi nikmatnya harta, uang & emas permata. Jadi, mumpung kita sehat, yuk mensyukuri nikmat sehat.

Demikian materi ceramah yg bisa saya sampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan. Semoga apa yg saya sampaikan ini bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf yg sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Tentang Kenakalan Remaja

Pembukaan Ceramah

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Bapak ibu guru yg berbahagia, sahabat sahabatku tercinta. Pada siang hari ini saya berdiri di sini untuk menyampaikan materi tentang  kenakalan remaja.

Remaja adalah generasi yg sangat ditunggu kehadiran. Pemuda hari ini adalah pemimpin di masa yg akan datang. Kita yg hari ini masih berseragam sekolah, tiap hari berangkat ke sekolah kadang tak terpikirkan untuk menjadi pemimpin atau orang penting di masa yg akan datang.  Tetapi kita harus menyadari bahwa mau tak mau kita harus menggantikan orang tua, guru & pemimpin kita di masa mendatang.

Materi Ceramah

Salah satu masalah sosial yg belum bisa teratasi dgn baik adalah kenakalan remaja. Sebagai generasi yg ada di masa transisi dr masa anak-anak ke masa dewasa, remaja sering merasa belum mampu mengendalikan dirinya. Sehingga mereka  melampiaskan kekesalannya dgn berbuat nakal.

  Apa Tujuan Pembangunan Sosial

Sebenarnya, kenakalan itu bukan sebuah aib asalkan dlm batas tertentu & tak berlebihan.  Betapa tidak, remaja ada dlm masa pencarian jati diri. Mereka masih mencari tahu siapa jati diri mereka, apa cita-cita & impian mereka

Remaja yg nakal adalah remaja yg belum tahu siapa jati dirinya sehingga mereka ada dlm proses pencarian jati diri.

Saat melihat teman kita yg masih nakal, kita tak boleh memfonis & menghakimi sendiri. Sebaliknya, kita harus memberi dukungan agar mereka sadar & kembali ke jalan yg benar.

Kita harus memotivasi mereka bahwa remaja hari ini adalah pemimpin yg akan datang

Sebagaimana sabda nabi pemuda hari ini adalah pemimpin yg mendatang

Inilah beberapa cara untuk menangkal & mengatasi kenakalan remaja:

  1. Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya
  2. Mencari teman terbaik
  3. Menghiasi diri dgn akhlak mulia
  4. Berteman dgn anak yg punya semangat belajar
  5. Dan memperbaiki diri

Kita harus menyadari bahwa masa remaja adalah masa terbaik untuk memupuk impian & cita-cita harus yakin bahwa kita akan menjadi orang benar orang besar & orang yg bermanfaat di masa yg akan datang.

Penutup Ceramah

Bila ada remaja yg nakal, itu sesuatu yg wajar. Mereka ada dlm masa pencarian jati diri.  Tentu, masa pencarian jati diri ini tak boleh terlalu lama. Kita harus segera menemukan siapa jati diri kita. Salah satunya adalah dgn membangun impian & cita-cita terbaik. Agar kita bisa mengisi masa remaja kita dgn belajar, ilmu pengetahuan & pengalaman.

Semua kita lakukan agar kita tak terjerumus pada kenakalan remaja.

Demikian materi ceramah tentang kenakalan remaja yg bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Contoh Teks Ceramah Tentang Kebersihan

Pembukaan Ceramah

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Izinkan saya berdiri di sini untuk menyampaikan ceramah tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Kebersihan merupakan bagian penting dr kehidupan manusia. Tanpa kebersihan yg terjaga, maka tak ada bedanya antara manusia dgn hewan. Mereka tak tahu ilmu untuk mengenal Allah, akhlak & tak punya hati.

Materi Ceramah

Kita harus selalu berusaha untuk menjaga kesehatan; baik kesehatan diri, pribadi di lingkungan rumah & apa pun yg ada di sekitar kita. Menjaga kesehatan merupakan sebagian penting dr keimanan seorang manusia. Hal ini sebagaimana sabda nabi Muhammad Shallallallahu Alaihi WaSallam

النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ

“Kebersihan adalah Sebagian dr Iman”

Seseorang dikatakan beriman dengan-cara sempurna bila mereka mampu menjadi kebersihan diri rumah & lingkungannya dgn baik.

Kebersihan yg terjaga menjadi barometer keislaman seseorang dengan-cara sempurna.

Seorang muslim yg memiliki ilmu tinggi, rajin beribadah, rajin mengaji tetapi tak menjaga kebersihan diri rumah & lingkungannya, maka keimanan belum sempurna.

Memang menjaga kebersihan itu sesuatu yg berat bila kita belum terbiasa, maka kita perlu membiasakan diri, keluarga & lingkungan kita untuk menjaga kebersihan. Kita sudah terbiasa menjaga kebersihan, maka kebiasaan ini akan terjaga & sulit untuk kita  melanggarnya.

Karena sudah menjadi kebiasaan. Terbiasa, maka sulit baginya untuk mengerjakan sesuatu yg tak bisa saya lakukan bila seseorang terbiasa menjaga kebersihan, maka hasil baginya untuk berbagi kontak membuang sampah sembarangan.

Penutup Ceramah

Kepedulian menjaga kebersihan menjadi tolak ukur keimanan seseorang dengan-cara sempurna seseorang yg tak mau menjaga kebersihan boleh dibilang keimanannya tak sempurna.

Maka kita perlu peduli tahu & sadar bahwa kebersihan adalah sesuatu yg penting dlm agama kita yg mulianya agama Islam. Bila kita menjaga kebersihan dgn serius maka kita telah menjalankan ajaran agama dgn tepat sebaliknya bila kita lalai dr menjaga kebersihan kita telah meninggalkan ajaran penting dlm Islam apabila ibu guru sahabat-sahabatnya berbagai hal yg bisa saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Contoh Ceramah Tentang Pendidikan Pasca Pandemi

Pembukaan Ceramah

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Saya  berdiri di sini untuk menyampaikan materi tentang pendidikan pasca  pandemi.

Tanpa kita sadari datang lebih cepat banyak orang yg galau & bingung menghadapi masa  pandemik.  Banyak usaha gulung tikar banyak toko tutup walaupun begitu pendidikan tetap harus berjalan & tak boleh berhenti.

Kita harus kembali menghidupkan pendidikan. Bahkan pendidikan harus lebih maju kredibel & berkualitas dr sebelumnya.  Pendidikan akan menjamin kreativitas kecerdasan keterampilan & peradaban manusia.

Isi Ceramah

Menjalankan belajar dr rumah melalui media digital daring.  Pendidikan harus kembali normal & lebih maju.  Jangan sampai membuat kita mundur ke belakang.

Sebaliknya, pasca pandemi kita harus terbiasa dgn belajar keras belajar jarak jauh belajar tuntas.

Ada di dlm kelas ada dlm buku tetapi pendidikan terbaik ada dlm dada jiwa & semangat manusia.

Bila seseorang telah memiliki semangat & antusias belajar maka mereka akan tetap belajar di mana pun mereka berada. Mereka bukan belajar karena memiliki seragam yg bagus, duduk di kursi yg bagus, kelas yg representatif & buku-buku penunjang yg lengkap tetapi mereka mau belajar karena mereka yakin bahwa belajar adalah perintah Tuhan untuk mereka. Hal ini sebagaimana firman Allah dlm al Quran:

“Bacalah dgn (menyebut) nama Rabbmu Yang telah Menciptakan. ia telah menciptakan manusia dr segumpal darah. Bacalah, & Rabbmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dgn perantaran qolam (pena). ia mengajar pada manusia apa yg tak diketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq: 1-5)

Penutup Ceramah

Belajar adalah ruh & kehidupan manusia. Tanpa belajar ilmu & pembelajaran, maka manusia akan turun derajatnya menjadi seperti hewan. Pembeda utama antara manusia dgn hewan ada pada ilmu pengetahuan & otaknya. Otak tak akan pernah terisi ilmu pengetahuan, pemahaman, kesadaran tanpa proses belajar.

Inilah yg bisa saya sampaikan terkait tentang pembelajaran pasca pandemi. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Kesimpulan

Untuk bisa menyampaikan materi ceramah dgn tepat, maka ananda perlu banyak membaca contoh teks ceramah  yg berkesan & berbobot. Bila ananda mau belajar, maka materi ceramahmu akan berbobot & bermutu. Sebaliknya, bila ananda tak mau belajar, maka materi ceramahmu ya gitu-gitu saja. Tak akan banyak berdampak bagi pendengarnya.