close

Teknik Plakat

Dalam dunia seni lukis ada beberapa teknik yg digunakan oleh seniman. Salah satu jenis teknik yg sering digunakan adalah teknik plakat. Teknik ini sering dipakai karena bisa menampilkan gambar dgn kualitas yg baik & pula nilai komersialnya tinggi.

Sayangnya melukis dgn teknik plakat bukan pekerjaan yg mudah. Tidak semua orang bisa melakukannya dgn baik apalagi mereka harus memperhatikan kombinasi warna & pula tekstur. Untuk memahami lebih lanjut terkait dgn teknik plakat bisa Anda simak di bawah ini.

Bahan, Media, & Alat Melukis Plakat

Dalam melukis memakai teknik plakat seseorang harus memahami terlebih dahulu bahan serta media apa saja yg digunakan untuk prosesnya. Secara umum bisa anda simak di bawah ini.

Alat & Bahan

Alat yg sering digunakan adalah kuas yg nantinya akan menyapukan tinta dengan-cara langsung ke media. Secara umum alat & bahan yg dipakai terdiri dari.

  • Kuas
  • Cat untuk melukis

Selanjutnya untuk jenis catnya yg bisa dipakai terdiri dari.

  • Cat air
  • Cat minyak
  • Cat akrilik.

Media yg Dipakai

Penggunaan media sangat penting untuk menentukan bagaimana kualitas dr lukisan yg nantinya dihasilkan. Biasanya media yg digunakan adalah kanvas standar sehingga memiliki permukaan yg cukup luas & datar.

Cara Melukis Teknik Plakat

Cara Melukis Teknik Plakat

Untuk bisa melukis dgn teknik ini, seseorang harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara melukis dgn tepat. Secara umum penulisan yg tepat bisa dilakukan dgn mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Mencari ide terlebih dahulu terkait apa saja yg akan dibuat menjadi lukisan.
  • Membuat ilustrasi kasar dgn menggunakan pensil.
  • Selanjutnya memikirkan warna apa saja yg nantinya akan disatukan pada kanvas.
  • Setelah itu bisa langsung menggunakan cat lukis.
  • Membuat latar belakang.
  • Membuat inti dr lukisan dengan-cara perlahan-lahan.
  • Terkadang harus menunggu beberapa saat agar sedikit kering sehingga warna tak akan saling bercampur lalu hasilnya kurang baik.

Unsur-Unsur Teknik Plakat

Unsur-Unsur Teknik Plakat
Unsur-Unsur Teknik Plakat

Unsur dr seni lukis memakai varian perangkat ini harus dipahami dgn baik oleh semua orang. Secara umum unsur yg ada pada seni ini terdiri dari.

  1. Garis

Unsur pertama yg harus dimiliki oleh teknik ini adalah garis. Garis dlm bentuk apapun entah itu garis lengkung ataupun garis dlm bentuk lurus harus dibuat untuk menciptakan suatu objek.

Karena masih dlm bentuk dasar biasanya komponen ini digunakan untuk ilustrasi kasar sebelum memasukkan cat atau tinta. Ilustrasi ini pula bisa dipakai untuk pelengkap sehingga seseorang harus menambahkannya apabila dibutuhkan.

  1. Bidang

Selanjutnya adalah bentuk bidang yg biasanya merupakan pengembangan dr garis. Bisa seseorang ingin membuat bentuk tertentu maka mereka akan menggunakan garis itu lalu disambungkan sehingga menjadi bidang geometri.

Jenis bidang ini cukup beragam mulai dr kotak hingga bulat. Selain itu bisa pula membentuk bidang lain yg tak simetri atau abstrak sehingga bisa mendapatkan desain yg lebih menarik & tak monoton.

Bidang ini sangat penting untuk menghasilkan suatu lukisan yg menarik. Apalagi seseorang ingin membuat lukisan dgn presisi yg tinggi & tak terlalu abstrak. Jadi bentuk bidang ini akan dipakai sebagai dasarnya.

  1. Bentuk atau 3D

Pengembangan lain dr bidang adalah 3 dimensi atau suatu benda yg memiliki ruangan. Ini sangat menarik & harus dikembangkan dgn baik karena bisa dipakai untuk membuat objek tertentu baik itu dengan-cara kasar atau dengan-cara halus.

Bentuk dasar ini pula sering sekali dipakai untuk membuat ilustrasi di bagian awal sebelum nantinya akan dikembangkan menjadi bentuk yg lain. Meski demikian ada pula lukisan yg memuat objek tiga dimensi ini dengan-cara langsung.

  1. Kombinasi Warna

Kombinasi dr warna pula sangat penting untuk menentukan apakah lukisan yg nantinya dibuat memiliki kualitas yg baik atau tidak. Biasanya pemilihan warna ini harus disesuaikan dgn komposisi dr lukisan yg akan dibuat.

Itulah kenapa seseorang harus memahami komposisi warna dgn baik. Jadi jika ingin mencampurkan beberapa warna mereka tak akan melakukan kesalahan.

  1. Tekstur

Karena cat yg digunakan cukup tebal dibandingkan dgn lukisan standar. Permukaan akan memiliki tekstur yg cukup menarik. Tekstur inilah yg nantinya akan dipakai untuk menambahkan nilai seni.

Biasanya tekstur ini diberikan pada objek tertentu agar terlihat lebih menarik apalagi tatkala disentuh. Jadi anda bisa membuat teksturnya menjadi halus atau kasar agar sesuai dgn tujuan.

  1. Shading

Adanya gelap & pula terang atau setting pula sangat penting. Jadi suatu objek akan terlihat lebih menarik atau terlihat nyata apalagi yg dipakai adalah objek 3 dimensi.

  1. Ruang

Ruang pula menjadi salah satu komponen penting. Jadi seseorang bisa membuat lukisan layaknya suatu ruangan sehingga bisa terlihat sudut pandangnya.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan & Kekurangan
Kelebihan & Kekurangan

Teknik ini memiliki kelebihan & kekurangan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan:

  • Bisa mengaplikasikan banyak bentuk sesuai dgn tujuan.
  • Warna yg digunakan pula bervariasi tergantung dgn pencampuran dr beberapa cat yg digunakan.
  • Bisa menghasilkan objek yg terlihat menarik atau nyata apalagi dgn tekstur yg dibuat bervariasi.

Kekurangan:

  • Dibutuhkan pengalaman yg baik untuk bisa membuat lukisan karena tingkat kesulitannya yg cukup tinggi.
  • Akan sulit memperbaiki apabila ada kesalahan.
  • Kemungkinan besar akan membutuhkan biaya yg lebih tinggi karena jumlah cat yg dipakai cenderung lebih banyak.
  • Membutuhkan alat lukis yg tepat agar proses pengaplikasian warna bisa berjalan dgn baik.

Ciri-ciri Teknik Plakat

Ciri-ciri Teknik Plakat
Ciri-ciri Teknik Plakat

Beberapa ciri khusus dr teknik lukisan plakat biasanya terdiri dr beberapa hal di bawah.

  • Memiliki warna yg menarik & cenderung lebih cerah sehingga Jika dilihat dr kejauhan bisa menarik perhatian.
  • Cat biasanya lebih tebal sehingga bisa menghasilkan tekstur tertentu.
  • Bidang lukis seperti kanvas akan tertutup semuanya sehingga tak terlihat di bagian bawahnya.
  • Biasanya memiliki kombinasi warna yg menarik.
  • Bisa mengambil berbagai jenis tema entah itu bertema alam atau bertema abstrak.

Contoh Lukisan Teknik Plakat

Berikut beberapa contoh lukisan teknik plakat yg sudah dibuat oleh para pelukis.

Perkembangan Teknik Plakat di Indonesia

Sebenarnya ini bukanlah sesuatu yg baru di Indonesia. Apalagi perkembangannya sudah ada sejak beberapa puluhan atau ratusan tahun yg lalu jadi sudah banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat.

Beberapa pelukis yg ada di Indonesia pula menggunakan teknik plakat ini karena dianggap lebih menarik & bisa memberikan nyawa dr lukisan tersebut. Bahkan lukisan ini sering sekali dibanderol dgn harga yg sangat tinggi.

Untuk perkembangannya di beberapa instansi pendidikan seperti universitas khusus seni atau di sekolah sering sekali menggunakan teknik ini untuk belajar. Bahkan terkadang beberapa pelajar atau siswa tak tahu jika mereka sedang membuat teknik plakat dr lukisan.

Dari beberapa ulasan di atas terlihat dgn jelas jika teknik plakat adalah salah satu teknik seni lukis yg sangat menarik. Meski memiliki kecenderungan sulit kelas menengah Semua orang bisa mencobanya terlebih dahulu agar menghasilkan karya seni dgn kualitas yg baik.

Apabila ingin mengembangkan teknik plakat ada baiknya untuk mempelajari beberapa hal. Salah satunya adalah mempelajari teknik pewarnaan yg tepat & pula mengetahui bagaimana tekstur yg harus dimiliki oleh suatu lukisan. Jadi hasil akhir dr lukisan bisa sempurna & nilai jualnya pula tinggi.

  pada gambar disamping panjang ef adalah