close

Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan salah satu contoh pranata yg ada di dlm Negara Indonesia. Tentunya, dgn adanya lembaga tersebut, kehidupan manusia dlm bidang ekonomi dapat menjadi lebih teratur. Tidak hanya berlaku untuk satu orang saja, namun akan mengatur ekonomi dengan-cara keseluruhan.

Pengertian Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan salah satu pranata yg bergerak dibidang ekonomi. Dengan adanya lembaga tersebut, maka kebutuhan manusia akan menjadi lebih terjaga. Hal tersebut pula sangat berperan penting dlm proses produksi maupun distribusi segala kebutuhan manusia.

Tujuan Lembaga Ekonomi

Tujuan dibentuknya lembaga ekonomi adalah untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan yg diperlukan oleh manusia dengan-cara berkelanjutan. Dengan adanya jaminan tersebut, maka keberlangsungan hidup akan menjadi lebih baik lagi.

  Apakah Persamaan Kedua Tulisan Itu ? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 121 Kelas 9 SMP

Ciri-Ciri Lembaga Ekonomi

Setiap lembaga yg ada di Negara Indonesia pastinya memiliki ciri khusus. Hal tersebut pula berlaku dlm lembaga ekonomi. Ciri-ciri yg dimaksud adalah:

  1. Setiap lembaga ekonomi selalu memiliki lambang yg di dalamnya terdapat suatu arti.
  2. Setiap lembaga ekonomi harus memiliki sebuah asas yg terbilang cukup jelas.
  3. Lembaga ekonomi harus memiliki tujuan akhir yg akan dicapai.
  4. Lembaga ekonomi berperan penting dlm koordinasi terkait dgn jalannya proses distribusi.
  5. Lembaga ekonomi menjadi salah satu unit yg bekerja.
  6. Asas gotong royong & kekeluargaan merupakan asas wajib yg harus ada di dlm lembaga ekonomi.
  7. Setiap karyawan yg ada di bawah naungan lembaga ekonomi harus memiliki jiwa kewirausahaan.
  8. Lembaga ekonomi harus bisa mengawasi dr jalannya roda ekonomi.
  9. Memiliki sifat kokoh dlm berbagai keadaan yg akan dilewati.

Fungsi Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi memiliki 2 fungsi utama. Fungsi yg pertama adalah berperan penting menjadi faktor penghubung setiap pelaku ekonomi. Sementara itu, fungsi yg kedua adalah berperan penting dlm permasalahan distribusi barang maupun jasa.

Lembaga ekonomi tak hanya memiliki fungsi utama saja. Lembaga ekonomi masih memiliki fungsi kecil lainnya, seperti di bawah ini:

  1. Lembaga ekonomi berperan sebagai pedoman yg dianut oleh manusia dlm mendapatkan bahan pangan.
  2. Setiap harga jual dr suatu barang akan berpedoman teguh pada lembaga ekonomi.
  3. Lembaga ekonomi dapat menjadi suatu pedoman dlm permasalahan pemakaian tenaga kerja.
  4. Setiap upah atau gaji yg diberikan pada para pekerja akan berpedoman pada lembaga ekonomi.
  5. Lembaga ekonomi pula mampu menjadi sebuah pedoman dlm permasalahan pemutusan kontrak tenaga kerja.
  6. Suatu lembaga ekonomi pula mampu menjadi suatu identitas dr masyarakat.

Unsur-Unsur Lembaga Ekonomi

Diperlukan beberapa unsur dlm suatu lembaga ekonomi. Unsur-unsur ini akan saling berkaitan & tak bisa dipisahkan satu dgn yg lainnya.

1. Unsur Budaya Simbolis

Beberapa hal yg meliputi unsur budaya simbolis di antaranya adalah hak paten, merek dagang, slogan, & lagu komersial.

2. Unsur Budaya Manfaat

Toko, pasar, pabrik, kantor, formulir, & blangko merupakan hal penting yg ada di dlm unsur budaya manfaat.

3. Unsur Pola Perilaku

Adanya lembaga ekonomi dapat menimbulkan beberapa pola perilaku seperti efisiensi, profesionalisme, penghematan, & pula adanya sebuah pencarian keuntungan.

4. Unsur Ideologi

Beberapa ideologi yg masuk ke dlm unsur lembaga ekonomi adalah liberalisme, manajerial, kebebasan berusaha, tanggung jawab, & hak buruh.

5. Unsur Kode Spesifikasi

Empat hal penting yg harus ada di dlm unsur kode spesifikasi adalah seperti kontrak, lisensi, akte perusahaan, & kontrak monopoli.

Bagian-Bagian Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi dikelompokkan menjadi beberapa bagian agar bisa berjalan dgn lebih maksimal. Bagian-bagian tersebut adalah seperti di bawah ini:

1. Produksi

Bagian produksi merupakan suatu kegiatan untuk menghasilkan suatu produk maupun jasa. Tujuannya adalah untuk mencari keuntungan bersama. Bagian produksi dibagi lagi menjadi beberapa jenis kegiatan, yakni:

a. Industri

Bagian industri meliputi beberapa kegiatan yg sering dilakukan oleh masyarakat modern. Kegiatan tersebut adalah seperti mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi.

b. Ekstraktif

Kegiatan ini merupakan pengambilan bahan baku dr alam. Bahan baku tersebut tak akan diolah kembali, atau dgn kata lain langsung dijual dgn bentuk yg sama.

c. Agraris

Agraris merupakan kegiatan bercocok tanam yg dilakukan pada suatu lahan. Beberapa contoh hasil bercocok tanam tersebut seperti buah-buahan, sayuran, kayu, & lain sebagainya.

d. Jasa

Jasa adalah suatu kegiatan yg memberikan pelayanan bagi setiap konsumen yg membutuhkan.

e. Perdagangan

Perdagangan yaitu suatu kegiatan menjual & membeli suatu barang ataupun jasa.

2. Distribusi

Distribusi merupakan suatu kegiatan penyaluran suatu barang jadi pada seorang pembeli. Agen merupakan salah contoh orang yg bergerak di bidang pendistribusian suatu barang.

3. Konsumsi

Konsumsi merupakan kegiatan membeli suatu barang maupun jasa. Tujuan mereka membeli kedua hal tersebut adalah untuk digunakan dlm memenuhi kebutuhan hidup.

Struktur Lembaga Ekonomi

1. Sektor Industri

Salah satu ciri yg dimiliki oleh sektor industri adalah kegiatan produksi suatu barang. Lembaga ekonomi yg ada di dlm sektor ini menjadi lebih kompleks seperti rangkaian yg saling berhubungan antara satu sama lain.

2. Sektor Agraris

Beberapa tahap yg ada di dlm sektor agraris adalah seperti sederhana, transisi, & modern. Tahap tersebut akan berjalan sesuai dgn perkembangan yg dilalui manusia.

3. Sektor Perdagangan

Sektor perdagangan merupakan sebuah kegiatan penyaluran suatu barang dr penjual ke pembeli. Kegiatan di dlm sektor ini selalu memperhatikan suatu keuntungan, cara bertransaksi, & pula adanya semangat untuk menjadi seorang wirausaha.

Contoh Lembaga Ekonomi

  1. Lembaga keuangan merupakan suatu lembaga yg bergerak di sektor keuangan. Lembaga ini biasanya menyediakan jasa bagi masyarakat luas.
  2. Badan Usaha Milik Negara atau BUMN merupakan suatu lembaga yg sebagian besar pendanaan modalnya berasal dr negara.
  3. Bank merupakan suatu bidang usaha yg memberikan pelayanan kredit pada masyarakat.

Lembaga ekonomi merupakan bagian cukup vital dlm tatanan negara. Tanpa adanya lembaga ini, keberlangsungan ekonomi di sebuah negara bisa berjalan tak teratur. Akibatnya, akan ada banyak kesenjangan sosial di masyarakat yg bermula dr persoalan ekonomi. Lembaga ekonomi pula sangat penting dlm hubungan ekonomi internasional antar negara. Dan umumnya lembaga ekonomi tersebut memiliki jangkauan internasional.