6 Unsur Unsur Komunikasi Beserta Pengertian & Jenis Jenisnya

Apakah kalian sudah mengetahui pengertian dr komunikasi ? Dalam kehidupan sehari-hari, kita tak pernah lepas dgn yg namanya komunikasi. Entah itu berkomunikasi dgn keluarga, teman, ataupun sahabat.

Tapi apa sih pengertian dr komunikasi itu sendiri ? Mungkin kalian memiliki definisi sendiri-sendiri mengenai pengertian komunikasi ini. Dalam artikel ini kita akan coba mengupas mengenai pengertian atau definisi komunikasi, unsur unsur komunikasi, & tujuan kita berkomunikasi.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :


Pengertian Komunikasi


Pengertian Komunikasi
500px.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman serta penerimaan sebuah pesan atau berita dr dua orang atau lebih agar pesan yg dimaksud bisa dipahami.

  6 Cara Mudah Membuat Henna Beserta Tips Memakainya

Secara umum, pengertian komunikasi merupakan suatu interaksi atau sebuah proses simbolik yg menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dgn membangun hubungan antar sesama manusia, melalui pertukaran infomrasi untuk menguatkan sikap & tingkah laku orang lain & berusaha untuk mengubahnya.

Istilah komunikasi sendiri berasal dr kata komunism yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi pula berasal dr kata communico yg berarti membagi.


Tujuan Komunikasi


Manfaat & Tujuan Komunikasi
500px.com

Berikut ini adalah beberapa tujuan berkomunikasi :

  1. Agar yg disampaikan komunikator dapat dipahami oleh komunikan. Supah mudah untuk dipahami oleh komunikan maka komunikator butuh menerangkan pesan utama dgn sejelas mungkin.
  2. Supaya dapat mengerti orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat mengerti individu yg lainnya dgn kemampuan mendengar apa yg dibicarakan oleh orang lain.
  3. Supaya pendapat kita dapat diterima oleh orang lain. Komunikasi serta pendekatan persuasif merupakan langkah yg efektif agar ide kita dapat diterima oleh orang lain.
  4. Menggerakan orang lain untuk melakukan suatu hal. Komunikasi serta pendekatan persuasif dapat membangun kesamaan persepsi dgn orang lain lalu menggerakannya sesuai dgn apa yg kita inginkan.


Unsur Unsur Komunikasi Menurut Para Ahli


Unsur Unsur Komunikasi Menurut Para Ahli
500px.com

Menurut Aristoteles, ada tiga unsur komunikasi yaitu siapa yg berbicara, apa yg dibicarakan, & siapa yg mendengarkannya.

Pandangan Aristoteles ini menurut sebagian besar para ahli komunikasi dinilai lebih tepat untuk mendukung suatu proses komunikasi publik dlm bentuk pidato atau retorika.

Hal ini disebabkan pada zaman Aristoteles retorika menjadi bentuk komunikasi yg sangat populer bagi masyarakat Yunani pada saat itu.

Unsur Komunikasi Menurut Claude E Shannon & Warren Weaver

Unsur komunikasi yaitu pengiriman, transmitter, penerima, tujuan, & signal. Kesimpulan tersebut berdasarkan atas studi yg mereka lakukan mengenai pengiriman pesan radio & telpon.

Unsur Komunikasi Menurut Charles Osgood Gerald Miller & Melvin L De Fluer

Mereka menambahkan efek & umpan balik sebagai unsur unsur komunikasi. Umpan balik & efek sebagai unsur komunikasi yg nantinya akan lebih banyak dikembangkan pada proses komunikasi antarpribadi & komunikasi massa.

Unsur Komunikasi Menurut Joseph de Vito,  Sereno, Erika Vora

Mereka menilai lingkungan adalah unsur komunikasi yg tak kalah pentingnya dlm mendukung terjadinya proses komunikasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kita jelaskan menganai unsur-unsur komunikasi dengan-cara umum. Kamu bisa membacanya dibawah ini :


Unsur Unsur Komunikasi / Komponen Komunikasi


Komponen Komponen Komukasi
500px.com

Terdapat beberapa unsur komunikasi, antara lainnya adalah :

1. Komunikator

Komunikator merupakan pihak yg bertindak sebagai pengirim pesan dlm proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator adalah seseorang atau sekelompok orang yg memiliki inisiatif untuk menjadi sumber dlm sebuah hubungan atau interaksi.

Komunikator tak hanya berperan sebagai pengirim pesan saja. Akan tetapi pula memberikan sebuah respon atau tanggapan & menjawab dr proses komunikasi yg sedang berlangsung.

Baik itu dengan-cara langsung maupun tak langsung.

2. Pesan atau Informasi

Pesan atau informasi merupakan keseluruhan apa yg disampaikan oleh komunikator. Pesan bisa berupa sebuah kata-kata, tulisan, gambaran, atau sebuah perantara lainnya.

Pesan ini mempunyai inti, yaitu mengarah pada usaha untuk mengubah sikap & tingkah laku orang lain.

Inti pesan akan selalu mengarah pada tujuan akhir komunikasi tersebut.

3. Sarana Komunikasi atau Channel

Sarana komunikasi atau channel dapat disebut dgn media yg digunakan sebagai penyalur pesan dlm sebuah proses komunikasi.

Pemilihan sarana atau media dlm proses komunikasi tergantung pada sifat berita yg akan disampaikan.

4. Komunikan atau Receiver

Komunikan adalah sebutan bagi orang yg menerima pesan atau berita yg disampaikan oleh komunikator. Komunikan dapat terdiri dr satu roang atau lebih & bisa pula dlm bentuk kelompok.

Dalam sebuah proses komunikasi, komunikasi merupakan elemen penting karena dialah yg menjadi sasaran komunikasi & bertanggung jawab untuk bisa mengerti pesan yg disampaikan dgn baik & benar.

5. Umpan Balik atau Feedback

Umpan balik bisa diartikan sebagai jawaban komunikan atas pesan yg diberikan oleh komunikator kepadanya. Pada komunikasi yg dinamis, komunikator & komunikan akan terus menerus bertukar peran.

6. Dampak atau Effect

Dampak adalah efek perbedaan yg dialami oleh komunikan sebelum & sesudah menerima pesan. Apabila sikap & tingkah laku komunikan berubah sesuai dgn isi pesan, maka komunikator telah berhasil dgn baik.

Dampak atau effect sesungguhnya dapat dilihat dr personal opinion, public opinion, ataupun majority opinion.

Namun semua itu mengarah pada perubahan yg terjadi pada komunikan setelah menerima pesan yg disampaikan oleh komunikator.


Jenis Jenis Komunikasi


Jenis Jenis Komunikasi
500px.com

Komunikasi dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Komunikasi Personal

Komunikasi personal adalah komunikasi yg ditujukan pada satu orang saja atau tunggal.

2. Komunikasi Kelompok

Komunikasi kelompok merupakan komunikasi yg ditujukan pada kelompok-kelompok tertentu.

3. Komunikasi Massa

Komunikasi massa merupakan komunikasi yg ditujukan pada massa atau komunikasi yg menggunakan media massa.


Faktor yg Harus diperhatikan dlm Proses Komunikasi


Faktor dlm Berkomunikasi
500px.com

Komunikasi yg efektif harus dilakukan dgn empat tahapan yaitu pengumpulan fakta, perencanaan, komunikasi, & evaluasi. Jadi jika belum melakukan keempat hal ini, maka bisa dikatakan komunikasi yg ananda lakukan belum efektif.

1. Pengumpulan Fakta

Mengumpulkan fakta & data sebelum seseorang melakukan komunikasi atau interaksi dgn orang lain.

2. Perencanaan

Berdasarkan fakta & data itu dibuat sebuah rencana atau planning tentang apa yg akan dibicarakan & bagaimana cara mengemukakaknya.

3. Komunikasi

Setelah melakukan sebuah perencanaan, maka tahapan yg akan dilakukan selanjutnya adalah berkomunikasi.

4. Evaluasi

Penilaian & analisa diperlukan untuk melihat bagaimana hasil dr komunikasi tersebut.

Fungsi Komunikasi

Beberapa fungsi dr komunikasi antara lain:

  • Menyampaikan informasi
  • Bentuk interaksi dgn orang lain
  • Penyampai pendapat agar dapat diterima oleh masyarakat luas
  • Media menambah wawasan & ilmu pengetahuan
  • Sebagai bentuk ekspresi