close

10+ Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi, Cerita Rakyat, Beserta Strukturnya

Apakah kalian pernah mendengar tentang teks  eksemplum sebelumnya ? Teks eksemplum ini sangat berkaitan dgn pengalaman hidup seseorang. Lantas apa yg dimaksud dgn teks eksemplum yg sebenarnya ?

Dalam artikel ini kita akan mengulas tentang pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum, & ciri ciri teks eksemplum. Supaya mempermudah kalian belajar tentang teks eksemplum, kita pula akan memberikan beberapa contoh teks eksemplum pengalaman pribadi ataupun contoh teks eksemplum cerita rakyat.

Berikut ini adalah penjelasan dengan-cara detailnya :


Pengertian Teks Eksemplum


Pengertian Teks Eksemplum
500px.com

Teks eksemplum merupakan teks cerita yg menceritakan tentang perilaku atau tokoh dr sebuah cerita. Ceritanya diawali dgn pengenalan tokoh, setelah itu membahas peristiwa apa saja yg dilalui oleh tokoh, & diakhiri dgn interpretasi dr dlm diri tokoh tersebut.

Teks eksemplum termasuk kedalam karya sastra yg isinya menjelaskan tentang pengalaman hidup seseorang. Berawal dr sebuah peristiwa yg dialami oleh tokoh & kemudian dr peristiwa tersebut terdapat hikmah yg dapat diambil. Tujuannya agar tak melakukan kesalahan yg sama di kemudian hari.


Ciri  Ciri Teks Eksemplum


Ciri Ciri Teks Eksemplum
500px.com

Teks eksemplum mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Berisi tentang suatu peristiwa yg tak di inginkan oleh tokoh.
  2. Mempunyai nuansa naratif.
  3. Pada umumnya menceritakan tentang pengalaman pribadi seseorang.
  4. Terdapat perubahan perilaku pada tokoh untuk tak melakukan kesalahan yg sama.
  5. Menunjukkan urutan peristiwa atau kejadian yg jelas.


Struktur Teks Eksemplum


Struktur Teks Eksemplum
500px.com

Berikut adalah penjelasan tentang struktur teks eksemplum :

  1. Abstrak, adalah inti dr suatu peristiwa sebagai pengantar yg menggambarkan peristiwa yg akan diceritakan.
  2. Orientasi, adalah bagian awal dr teks eksemplum, biasanya berisi tentang pengenalan tokoh.
  3. Insiden, adalah bagian yg menjelaskan tentang kejadian-kejadian yg dialami oleh tokoh. Biasanya tokoh mendapatkan suatu permasalahan atau persoalan.
  4. Interpretasi, adalah bagian yg menjelaskan tentang pesan moral, evaluasi, & akibat yg timbul karena tindakan tokoh. Interpretasi hampir sama dgn koda yg terdapat pada struktur teks anekdot.
  5. Koda, adalah bagian penutup dlm cerita

Baca pula artikel : 7 Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Terlengkap !


Karakteristik Teks Eksemplum


Kaidah Teks Eksemplum
500px.com

Teks eksemplum mempunyai beberapa karakteristik, yaitu :

  1. Berisi peristiwa atau kejadian yg tak sering terjadi.
  2. Menimbulkan penyesalan bagi tokoh.
  3. Menghadirkan diri penulis kedalam interpretasi & koda.
  4. Mengandung nilai-nilai yg disarankan oleh peristiwa.


Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum


Eksemplum
www.miung.com

Berikut ini adalah penjelasan tentang unsur kebahasaan teks eksemplum yaitu :

  1. Menggunakan kalimat kompleks
  2. Menggunakan kata rujukan
  3. Menggunakan konjungsi atau penghubung
  4. Menggunakan kata kerja


Contoh Teks Eksemplum Dongeng Tentang Hewan Beserta Strukturnya


Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya
id.gutbilder.com

Burung Pipit yg Sombong

Orientasi :

Dikisahkan di suatu hutan belantara hiduplah sekelompok burung pipit. Salah satu burung pipit itu bernama Dira. Dira pula tinggal bersama para hewan lainnya. Ia dikenal sebagai seekor burung yg sombong & cenderung suka hidup menyendiri karena Dira selalu merasa bahwa dirinya saja yg paling benar & mampu.

Insiden :

Suatu ketika, sekelompok burung pipit tersebut sedang membuat sarang dr tumpukan jerami. Dengan sabarnya mereka membuat sarangnya agar terlihat kokoh & rapih. Namun lain halnya dgn Dira, ia dgn sombongnya membuat sarang dr potongan kertas warna-warni. Dira menganggap jika menggunakan kertas akan jauh lebih menarik dibandingkan sarang burung pipit lainnya.

Dira pula tak memperhatikan kekokohan dr sarang yg ia buat. Disamping Dira pula ada burung pipit lain yg pula sedang membuat sarang dr tumpukan jerami. Burung pipit itu bernama beti. Beti dikenal sebagai seekor burung pipit yg mempunyai sifat dermawan & rendah hati.

Jadi, sifatnya sangat berbanding terbalik dgn sifat Dira. Lalu Dira pun mengejek sarang kepunyaan Beti. “Hei Beti! Sungguh membosankan warna sarang mu itu, hanya menggunakan tumupukan jerami. Coba deh ananda lihat sarangku, lebih menarik.”

Beti pun hanya diam & dgn bangganya Dira terus membuat sarangnya dr kertas warna-warni. “Sebaiknya ananda membuat sarang menggunakan tumpukan jerami agar jauh lebih kuat.” Saran Beti. Akan tetapi, Dira tetap saja meneruskan membuat sarangnya dgn menggunakan kertas warna-warni itu & menghiraukan saran baik dr Beti.

Setelah beberapa jam kemudian semua burung pipit termasuk Dira sudah menyelesaikan sarangnya. Tiba-tiba hujan turun dgn derasnya & semua burung pipit berlindung di sarang masing-masing. Akan tetapi sarang milik Dira tak bisa melindungi dirinya dr air hujan karena sarangnya terbuat dr kertas.

Dira pun panik & tubuhnya menjadi basah kuyup karena hujan yg sangat deras tersebut. Dan dgn dermawannya Beti menawarkan Dira untuk berlindung di sarangnya. Akhirnya, Dira pun menyesali apa yg sudah ia perbuat. Dira menyesal karena membuat sarang dgn menggunakan kertas warna-warni. Ia pula menyesal karena telah menjadi seekor burung pipit yg sombong. Dengan demikian, Dira mulai membuat sarangnya lagi dgn tumpukan jerami.

Interpretasi :

Sejak kejadian itulah, Dira mengubah sikap & perilakunya. Ia berjanji pada dirinya sendiri tak akan menyombongkan dirinya lagi. Dira pula menyadari bahwa kesederhanaan itu pula sangatlah penting daripada kemewahan serta yg pasti ia tak bisa hidup sendiri. Karena kita adalah makhluk sosial.

Baca pula artikel : Cara Meresensi Buku Pengetahuan yg Baik & Benar


Contoh Teks Eksemplum Singkat


Contoh Teks Eksemplum Singkat
only-05.blogspot.com

Operasi Zebra

Orientasi :

Sebuah peristiwa yg membuat saya sadar, bahwa mentaati peraturan merupakan suatu keharusan. Hampir setiap bulan, saya menyempatkan diri untuk pulang ke Demak, mengingat disanalah tempat saya dilahirkan. Sekarang ini saya tinggal di Semarang, tepatnya saya tinggal di kos-kosan.

Saya kuliah di UNDIP & jarak rumah saya dgn kampus sangat lah jauh, jadi saya memutuskan untuk ngekos di sekitar kampus tersebut. Saya tinggal dgn adik saya yg pula bersekolah di salah satu SMA di Semarang.

Ketika itu saya berangkat dr kosan sekitar pukul 08.00 pagi & kemungkinan akan kembali lagi ke Semarang seminggu setelahnya. Saya pulang dgn menggunakan sepeda motor.

Insiden :

Ketika diperjalanan saya sangat mengantuk, karena sehari sebelumnya saya tak tidur karena ada tugas dr dosen yg harus saya kerjakan. Dengan kondisi tersebut saya menjadi tak fokus dlm mengendarai sepeda motor.

Untuk mencegah hal-hal yg tak di inginkan, saya kemudian menyuruh adik saya untuk bertukar posisi untuk mengendarai sepeda motor. Akan tetapi adik saya belum bisa mengendarai sepeda motor & belum mempunyai SIM karena masih berumur 16 tahun.

Aku sempat berpesan kepadanya untuk tak mengebut atau melanggar rambu-rambu lalu lintas & kalau ada operasi zebra berhenti saja tak usah panik. Setelah seperempat perjalanan, saya melihat tak ada operasi zebra & adik saya terlihat menikmati perjalanan tersebut.

Kemudian saya putuskan untuk beristirahat sebentar. Tak lama berselang, tiba-tiba motor kami oleng & kemudian terjatuh. “Gimana kok bisa jatuh sih ?” saya bertanya ke adik saya. “Itu kak, didepan ada operasi zebra, jadi saya langsung banting stir ke kiri, eh taunya ada selokan.” Jawabnya. “Kan kakak sudah bilang, jangan panik.”

Interpretasi :

Akhirnya motor yg kami kendarai masuk keselokan, beruntung ada warga yg mau membantu kami untuk mengeluarkan motor tersebut dr selokan. Dari kejadian tersebut, saya sadar akan pentingnya mentaati peraturan lalu lintas. Terimakasih Tuhan, karena Engkau masih memberi kami keselamatan.


Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman 


Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman
500px.com

Kebahagian yg Lebur dlm Kesedihan

Si sebuah kota, hiduplah sebuah keluarga. Keluarga itu mempunyai anak yg bernama Citra. Kehidupan dlm keluarga itu selalu di lilit oleh hutang. Kedua orang tua Citra selalu bersyukur setiap cobaan yg menimpa mereka.

Pada suatu ketika, sang Bapak dipecat dr kantornya karena dengan-cara tak sengaja merusak mesin printer milik kantor tersebut. Akhirnya sang Bapak pulang dgn wajah yg tak karu-karuan, lalu ia menceritakan permasalahan ini pada istrinya.

“Bu, hari ini Bapak di pecat dr kantor.” Kata sang Bapak.

“Ya mungkin itu sudah menjadi takdir kita pak.” Jawab istrinya.

“Sekarang Bapak bingung mau mencari pekerjaan dimana. Sekarang ini mencari pekerjaan tak mudah.” Kata sang Bapak.

“Ya sudah pak, tak usah terlalu di pikirkan. Sekarang mari kita makan dulu !” Seru istrinya untuk mengajak makan siang.

Tiba-tiba sang anak menghampiri mereka dgn keadaan sedih. Sepulang sekolah tadi ia selalu memikirkan nilai rapornya yg dibawah rata-rata. Citra sangat bingung sekali, karena ia takut dimarahi oleh kedua orang tuanya.

Bukannya dimarahi, justru Citra mendapati wajah kedua orang tuanya yg lagi bersedih. Sejak kejadian inilah Citra giat belajar agar bisa meraih cita-citanya & agar bisa membantu masalah yg dihadapi oleh kedua orang tuanya.

Sejak saat itu pula, Ayah Citra jatuh sakit karena selalu memikirkan pekerjaan yg tak kunjung di dapatkan.

Pada suatu hari, Citra sedang melaksanakan Ujian kenaikan kelasnya. Demi meraih nilai yg tinggi, Citra rajin belajar dr jauh-jauh hari. Beberapa hari setelah melaksanakan ujian, akhirnya ia berhasil mendapatkan nilai yg memuaskan.

Tidak disangka ia mendapat nilai terbaik dr semua nilai teman-temannya. Tatkala bel berbunyi, Citra berlari pulang dgn wajah yg sangat senang karena ia tak sabar untuk menunjukkan pada orang tuanya.

Namun perasaan bahagia itu tak berlangsung lama karena melihat sebuah jasad yg terbaring di rumahnya. ia melihat ibunya yg menangis karena melihat jasad ayahnya yg sudah tertutup dgn kain kafan.

Citra pun mulai meneteskan air matanya. Betapa sedihnya Citra tatkala ingin menunjukkan nilai yg ia dapat pada ayahnya, justru ayahnya telah terlebih dahulu tiada.

Ia sadar bahwa kematian pula akan datang dengan-cara tiba-tiba. Ia pula sadar bahwa untuk mebahagiakan kedua orang tuanya bukan hanya dr nilai saja. Namun masih banyak cara yg lainnya. Jadi bagaimanapun keadaan kita, kita harus selalu berusaha untuk membahagiakan kedua orang tua kita.

Baca pula artikel : 3 Contoh Kliping Beserta Langkah-Langkah dlm Membuatnya !


Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman Pribadi


Contoh Teks Eksemplum Cerita Rakyat
500px.com

Boros

Pada suatu hari ada seorang pria bernama Arya yg suka sekali menghabiskan uang jajannya & bahkan ia habiskan uang jajannya itu untuk hal-hal yg tak bermanfaat.

Dia berperilaku seperti itu dikarenakan ia merasa bahwa orang tuanya adalah keluarga yg kaya raya & serba berkecukupan.

Ketika ia beranjak remaja, perilaku borosnya pun semakin menjadi-jadi. Apalagi ditambah dgn adanya pacar yg ia miliki. Padahal orang tuanya sering sekali mengingatkan ia agar tak boros.

Karena mencari uang itu tak semudah apa yg kita bayangkan. ia tetap saja menghambur-hamburkan uangnya tanpa melihat bagaimana jerih payah kedua orang tuanya untuk mendapatkan uang.

Lalu pada suatu ketika, orang tua Arya jatuh bangkrut dlm bisnisnya sehingga menyebabkan keadaan keluarga mereka menjadi sangat miskin & serba kekurangan.

Belum lagi ditambah hutangnya pada Bank yg semakin membuat keadaan menjadi lebih parah. Hal itu membuat Arya menjadi frustasi karena ia tak terbiasa dgn kehidupan yg serba kekurangan. Hingga kejadian itu membuat Arya bunuh diri.

Oleh karena itu hendaklah kita menumbuhkan sikap untuk menghemat agar kita dapat menabung sebagian dr uang yg kita miliki & yg pasti akan bermanfaat di masa yg akan datang. Jangan seperti Arya yg selalu menghambur-hamburkan uangnya.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan
panduanbank.com

Perhiasan emas seperti cincin, kalung, gelang, & anting-anting sangat disukai kaum perempuan. Bukan hanya menjadi impian wanita dewasa untuk mengenakannya namun pula para remaja seperti anak-anak sekolah usia SD, SMP, SMA, atau mahasiswa.

Dewasa ini banyak anak-anak SMA sudah berani untuk mengenakan perhiasan di sekolah. Sekolah pun melarang hal tersebut untuk melindungi murid-muridnya. Hal ini karena maraknya tak kriminal perampokan & pencurian yg sering terjadi.

Sebagian orang berpandangan , adanya larangan mengenakan perhiasan merupakan kebijakan yg tak terdapat di dlm kurikulum pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, beberapa sekolah menetapkan larangan penggunaan perhiasan dengan-cara berlebihan saat mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Beberapa siswi yg eksis tentunya memerlukan aksesoris pendukung untuk menunjukan eksistensi mereka. Namun yg disayangkan, orang tua mereka tak protes dgn anak mereka yg mengenakan perhiasan ke sekolah. Di samping itu, beberapa siswi membantah bahwa perhiasan yg dikenakannya tak berlebihan. Alasan yg sering dilontarkan mereka salah satunya adalah karena fashion & peninggalan keluarga.

Akhirnya solusi terbaik yg bisa dilakukan oleh pihak sekolah adalah mengeluarkan surat himbauan pada wali murid. Himbauan tersebut berisi larangan untuk mengenakan perhiasan yg berlebihan di sekolah. Pihak sekolah berharap agar para orang tua siswa dapat menimbang dampak buruknya.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Sahabat

Contoh Teks Eksemplum Tentang Sahabat
news.detik.com

Ayu adalah siswa yg saat ini sedang menempuh pendidikan di bangku sekolah dasar. Selain sebagai siswa, ia pula menjual kue di kantin sekolah untuk mengurangi beban orang tua dlm hal pembiayaan pendidikannya. Kondisi ekonomi keluarganya yg bisa dibilang sulit tak menyurutkan niatnya untuk terus bersekolah.

Suatu hari, Ayu tak masuk sekolah. Setelah lebih dr seminggu Ayu tak datang ke sekolah, teman-teman sekolahnya pun menjenguknya di rumahnya. Teman-temannya mendapatkan kabar dr para tetangganya bahwa kini Ayu berjualan kue di terminal. Ayu harus menjajakan dagangan kuenya untuk membayar biaya pendidikannya.

Saat ini orang tua Ayu sedang tak memiliki uang sehingga uang yg dikumpulkan oleh Ayu pun harus diserahkan pada orang tuanya. Mengetahui hal tersebut, teman-teman Ayu berinisiatif menemui Ayu di terminal. Mereka mencari Ayu lantas memborong semua kue jualannya. Hal tersebut mereka lakukan selama satu minggu.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Abstrak

Contoh Teks Eksemplum Tentang Abstrak
www.agoda.com

Ini adalah cerita perjalanan dua tahun lalu, saat gue & orang tuaku mengunjungi Thailand. Aku mengikuti kegiatan seminar & konferensi internasional & ditemani ayahku. Kurang lebih sekitar 7 hari kami menghabiskan waktu di sana. Waktu itu gue menghabiskan 4 hari untuk seminar & konferensi, 3 hari untuk jalan-jalan bersama ibuku. Kami habiskan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata di Bangkok & pusat oleh-oleh. Kunjungan ini sungguh sangat menyenangkan, pada hari terakhir di Bangkok kami mengalami pengalaman yg cukup menakutkan. Pengalaman itu adalah hotel tempat kami menginap yg ternyata berhantu.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Diri Sendiri

Contoh Teks Eksemplum Tentang Diri Sendiri
cadencesf.com

Melakukan aktivitas dgn tak berhati-hati akan membawa dampak buruk bagi diri sendiri atau orang lain. Banyak pengalaman buruk akibat tindakan ceroboh  & gegabah yg pernah gue lakukan. Seperti pada tahun 2019 silam, ayah & ibuku mengizinkanku mengendarai motor & membelikanku sepeda motor baru. Ini menjadi hadiah terbaik yg pernah gue terima dr orang tuaku selama ini.

Perasaanku sungguh bahagia mendapatkan sepeda motor baru yg gue impikan. Hampir tiap hari gue keluar untuk jalan-jalan dgn sepeda motor baruku. Aku berkeinginan untuk mengunjungi tempat-tempat menarik yg ada di kotaku meskipun gue baru bisa mengendarai motor.

Hingga suatu hari, gue mengendarai sepeda motor dgn kecepatan tinggi & tiba-tiba mengerem dengan-cara mendadak hingga gue terjatuh. Akupun merasa kesakitan karena kedua lututku berdarah. Syukurnya gue tak sampai terjerembab ke selokan yg penuh dgn air comberan.

Untuk pulang ke rumah gue diantar oleh seorang bapak-bapak yg baik hati. Aku duduk di boncengnya sambil menahan sakit. Perasaanku sungguh campur aduk, antara takut dimarahi orang tua & keinginan untuk segera mengabari mereka. Aku sangat sedih karena motorku rusak, kaca lampu & spion pecah. Aku pun berjanji ke depan akan berhati-hati dlm berkendara & tak ngebut-ngebut lagi.

Contoh Teks Eksemplum Peristiwa Alam

Contoh Teks Eksemplum Peristiwa Alam
voi.id

Desa Sukamaju saat ini sedang berduka karena setelah hujan deras selama 3 hari berturut-turut tanpa henti mengakibatkan terjadinya longsor di pemukiman warga dekat lereng bukit. Banyak rumah warga yg terkena longsor. Bahkan bencana ini pula menelan korban jiwa.

Musibah ini berawal pada Selasa, 7 September 2021 tepatnya pada dini hari pukul 4 pagi. Tanah di lereng bukit tersebut telah terkikis air hujan. Sudah sejak Sabtu malam desa tersebut diterpa hujan disertai dgn angin kencang. Sebelum terjadi longsor, warga masih berlindung di rumahnya masing-masing. Mereka merasa aman & tak pernah berpikir akan terjadi bencana.

Senin pagi hujan sudah mulai reda. Warga pun tampak sedikit lega. Tetapi sekitar jam 5 sore hujan kembali mengguyur. Tatkala hujan tak kunjung berhenti, salah seorang warga yg merasakan pergerakan tanah di dlm rumahnya. Kemudian warga tersebut keluar dr rumahnya & berteriak bahwa telah terjadi tanah longsor.

Tidak sedikit warga yg masih terlelap tak menyadari adanya tanah longsor. Beberapa warga tak sempat keluar menyelamatkan diri. Beberapa tertimpa reruntuhan bangunan. Kerugian diperkirakan mencapai milyaran rupiah. Peristiwa tanah longsor ini pula terjadi akibat kelalaian warga. Beberapa warga bekerja menebang hutan lalu kayunya dijual ke kota tanpa menanamnya kembali. Mereka tak menyadari fungsi pohon sebagai penampung air hujan. Di samping itu hutan di desa Sukamaju tak pernah direboisasi. Warga desa Sukamaju tak dapat berbuat banyak. Dengan tatapan penuh rasa penyesalah mereka menyaksikan peristiwa longsor itu terjadi di hadapan mereka sendiri.

Contoh Teks Eksemplum Cerita Rakyat

Contoh Teks Eksemplum Cerita Rakyat
suryakepri.com

Ada seekor harimau kecil yg mulai beranjak remaja, ia sedang mencari makanan di padang rumput. Namanya Mbondo, badannya gembul & taringnya masih kecil. Mbondo merasa tatkala besar nanti ia akan menjadi raja hutan & hewan tekuat sehingga ia menjadi sombong. Ia sering berkumpul bersama harimau lain & memamerkan aumannya yg berbunyi kecil. Di samping itu, ia pula suka menakut-nakuti hewan lain. Kadang-kadang Mbondo mengajak hewan lain untuk berlomba lari.

Mbondo pun sering memenangkan lomba lari tersebut sehingga membuatnya semakin sombong. Ia merasa kalau menjadi hewan paling hebat di kawasan padang rumput itu. Makin lama Mbondo menjadi tak memiliki sikap hormat pada harimau lain yg lebih tua. Ia pula sering mengejek harimau di atasnya akan cepat lengser karena sudah lemah.

Pada suatu hari ada seekor harimau tua meminta bantuan pada Mbondo, “Nak, tolong carikan buah-buahan segar di pohon dekat danau itu, kakek sudah sangat lapar & ingin memakan buah-buahan yg manis. Kakek sudah tak sanggup untuk memanjat”.

Dengan nada agak sombong Mbondo menjawab, “Aduh kakek, kakek ini kan sudah tua. Tapi masih merepotkan orang lain saja. Jangan minta yg aneh-aneh kek”. Mendengar jawaban Mbono, kakek harimau tersebut pergi dgn rasa penuh kecewa.

Bukan hanya itu saja kesombongan Mbondo. Suatu saat ada anak burung yg terluka & terjatuh. Hewan-hewan lainnya berusaha menolong anak burung itu & meminta pertolongan Mbondo. Namun, Mbondo menolak mentah-mentah permintaan mereka & pergi dgn sombongnya.

Di hari yg lain, saat Mbondo sedang berjalan-jalan di padang rumput, ia tak sengaja menginjak sebuah gundukan. Ternyata gundungan tersebut adalah tempurung kura-kura yg sudah tua. Kura-kura tua tersebut berusaha mengangkat tubuhnya agar Mbondo sadar telah menginjaknya. Saat itu Mbondo pun sadar telah menginjak tubuh kura-kura tua itu. Sekalipun ia tahu kesalahannya yg telah menginjak kura-kura tua itu, Mbondo tak berniat meminta maaf. Justru ia marah-marah & berkata, “Dasar kura-kura tua bodoh, jalan tak lihat-lihat, gue hampir saja terjatuh karenamu”.

Bahkan, Mbondo pun menendang kura-kura tua itu hingga terpental jauh. Dengan rasa sakit & kecewa kakek kura-kura itu mengatakan, “Jadi anak muda jangan sombong, tubuhmu sehat & kuat, tapi perilakumu sungguh buruk”.

Kakek kura-kura tua itu pula menasihati Mbondo agar menghormati & menyayangi hewan-hewan lainnya. “Suatu hari nanti ananda akan menjadi dewasa. Kamu akan sadar bahwa di atas langit masih ada langit”, kata si kakek kura-kura sembari pergi.

Sesaat kemudian awan mendung mulai menyelimuti padang rumput. Awan mendung itu begitu gelap, namun Mbondo tak pula beranjak dr tempat itu. Ia masih menunjukan rasa sombongnya pada si kakek kura-kura tua. Ia membandingkan dirinya dgn kakek kura-kura yg lamban & pendek.

Beberapa saat kemudian hujan turun dgn deras disertai dgn angin kencang. Bunyi petir menggelegar membuat suasana semakin mencekam. Meskipun begitu, tak membuat Mbondo pergi dr tempatnya. Bunyi petir yg bersahutan membuat Mbondo terjatuh & ketakutan.

Lain halnya dgn kakek kura-kura tua yg telah masuk ke dlm tempurungnya untuk melindungi diri dr cuaca & situasi buruk. Kakek kura-kura tua mendekati Mbondo sehingga Mbondo menatap kakek kura-kura dgn penuh penyesalan.  Ia menyesal karena telah menghina kakek kura-kura. Ia pun minta maaf pada kakek kura-kura. Ia pula berjanji tak akan menyombongkan diri lagi.

Contoh Teks Eksemplum Fiksi

Contoh Teks Eksemplum Fiksi
www.idntimes.com

Kisah Kelinci & Kura-Kura

Abstrak

Di sebuah desa yg dihuni berbagai hewan kecil yg rame & harmonis, hiduplah seekor kelinci yg terkenal dgn kecepatannya sehingga tak ada seekor pun hewan lain yg mampu menandinginya.

Suatu saat desa tersebut mengadakan perlombaan yg diikuti oleh hampir semua hewan, termasuk pula si kelinci. Namun, si kelinci mengalami kecelakaan karena kelalaiannya sehingga membuatnya kalah.

Orientasi

Di suatu desa yg penduduknya cukup ramai & penghuninya harmonis, ada seekor kelinci yg lincah & memiliki kecepatan super. Kelinci super ini mampu berlari dgn kecepatan yg luar biasa di luar kemampuan para kelinci lainnya. Bukan hanya itu, lompatannya pula terkenal tinggi & pula belum pernah melakukan kesalahan selama hidupnya.

Insiden

Di suatu hari, diadakanlah lomba lari di desa. Lomba ini terbuka untuk hewan-hewan kecil di desa itu. Hadiah yg diperebutkan sangat menggiurkan, yaitu bermacam-macam buah & makanan yg bisa disimpan hingga beberapa musim ke depan. Tentu semua hewan menginginkannya. Tiap keluarga hewan-hewan kecil merekomendasikan anak-anaknya yg kuat & lincah untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Pada saat hari penyelenggaraan lomba dimulai, semua hewan yg menjadi peserta lomba sudah berkumpul & berbaris di garis start, termasuk si kelinci.

Di sana nampak pula seekor kura-kura yg ada di samping si kelinci turut pula menjadi peserta lomba.

Si kelinci hebat pun menertawakan si kura-kura karena ia tahu kalau kura-kura sangat lambat & ia berpikir kura-kura sudah pasti tak sanggup melawannya.

Si kelinci dgn sombong menghina kura-kura dgn kalimat ejekan yg menyakitkan. Tetapi si kura-kura hanya menanggapi dgn tersenyum.

Ketika peluit dibunyikan, si kelinci segera berancang-ancang & langsung berlari dgn sangat cepat. Hewan lain yg menjadi peserta hanya bisa bengong melihatnya kemudian melanjutkan perjalanan.

Sedangkan si kura-kura dengan-cara perlahan melangkahkan kakinya & fokus memperhatikan jalan yg ada di depannya.

Si kelinci sangat percaya diri & sangat yakin kalau ia akan memenangkan lomba lari ini. Ia terus berlari dgn cepat tanpa memperhatikan peserta lain & situasi jalanan yg ada di depannya.

Sebenarnya jalur perlombaan tersebut bisa dibilang sulit karena banyak rintangan & jebakan yg sudah disiapkan agar peserta tak mudah untuk menang. Si kelinci tak memperhatikannya & terus berlari dgn cepat tanpa henti. Beberapa hewan yg tak mau kelinci memenangkan lomba pula berusaha mengejar dgn menambah kecepatan lari mereka tanpa memperhatikan jalan.

Berbeda dgn si kura-kura, ia lebih fokus dgn dirinya sendiri & sangat berhati-hati memperhatikan dgn baik jalan yg dilewati. Ia bisa melihat rintangan & jebakan yg telah dibuat & melewatinya dgn hati-hati. Ia mampu lolos & melewati setiap rintangan yg ada. Sedangkan hewan-hewan lain terjebak pada rintangan & tak dapat melewatinya.

Begitu pula dgn si kelinci. Ia terus meminta tolong karena terjatuh ke dlm salah satu jebakan yg cukup dalam.

Si kura-kura dgn baik hati menolong is kelinci dgn melemparkan seutas tali. Kemudian si kelinci menggigit tali hingga sampai ke permukaan. Ternyata kaki si kelinci mengalami luka. Si kura-kura memberinya obat & melanjutkan perjalanan hingga mencapai garis finish. Dan ia menjadi satu-satunya yg bisa mencapai garis finish & menjadi pemenangnya.

Interpretasi

Karena kesombongannya si kelinci mengalami kekalahan & merasa sangat kecewa. Akhirnya hatinya tersentuh saat ia memperoleh pertolongan dr si kura-kura. Ia pun berjanji untuk tak berlaku sombong lagi & meminta maaf serta berterima kasih pada si kura-kura.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksemplum Tentang Kesehatan
www.kabargames.id

Abstrak

Ketika awal kelas X ada sebuah aplikasi yg cukup populer di kalangan anak-anak SMA, yaitu aplikasi membaca dengan-cara online.

Hampir semua anak khususnya di kelasku mencoba aplikasi tersebut, termasuk diriku. Aku mencoba membaca dgn mematikan lampu kamar untuk merasakan sensasi yg berbeda.

Aku mulai membaca dgn pencahayaan handphone yg terang. Berkali-kali gue melakukan kebiasaan tersebut sehingga tanpa gue sadari penglihatanku mulai memburam.

Membaca merupakan jendela untuk menambah pengetahuan. Akan tetapi, jika kita melakukannya dgn cara yg salah berisiko menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan kita, yaitu kesehatan mata. Seperti diriku, penglihatanku menjadi bermasalah karena cara membaca yg salah.

Orientasi

Pada suatu hari di kelasku digemparkan dgn aplikasi membaca online yaitu Wattpad. Karena gue sangat hobi baca, gue pun tertarik dgn aplikasi membaca tersebut. Hampir tiap hari gue membaca melalui aplikasi tersebut. Aku tak memikirkan bahaya radiasi handphone untuk kesehatan mata.

Insiden

Setelah berjam-jam membaca gue berusaha mencari posisi yg nyaman dgn tiduran di atas kasur. Saat membaca cerita horor gue mematukan lampu untuk menambah suasana. Lama-lama mataku terasa perih akibat pancaran sinar handphone & tanpa cahaya lampu kamar. Sesekali gue mengucek mata untuk berusaha mengurangi rasa perih tersebut.

Pada suatu hari saat sedang kegiatan belajar mengajar, guru menyuruh kami untuk mencatat apa yg ada di depan. Namun saat gue berusaha membacanya tulisan justru terlihat buram & tak jelas.

Awalnya gue hanya membiarkan saja hal tersebut. Aku pikir ini bukan sesuatu yg besar. Namun, makin lama pandanganku semakin tak jelas sehingga gue putuskan untuk memberitahu orang tuaku.

Keesokan harinya gue pergi ke toko optik yg ada dokternya untuk memeriksakan kondisi mataku. Ternyata gue mengalami rabun jauh minus 1,5. Dokter menyuruh agar gue memakai kacamata. Aku pun menurut saja untuk menghindari risiko yg lebih parah.

Interpretasi

Dari peristiwa yg gue alami itu, akupun sadar seharusnya sejak dulu gue menyadari pentingnya kesehatan mata. Tidak seharusnya gue membaca di tempat gelap.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum, ciri ciri teks eksemplum beserta contoh teks eksemplum singkat beserta strukturnya tentang pengalaman pribadi & cerita rakyat. Semoga dapat menambah wawasan ananda tentang teks eksemplum.

  Ketika Kerusuhan, Jakarta?