6 Jenis Danau Berdasarkan Proses Terbentuknya

Danau yg sering kita lihat di pinggir jalan atau danau yg menjadi tempat wisata mempunyai bentuk cekungan yg berada di permukaan bumi yg dipenuhi dgn air.

Asal muasal air dlm suatu danau ini dr sungai, hujan, hingga air tanah. Terdapat dua jenis danau jika dilihat dr ajaran airnya, yakni danau aliran & danau tertutup. Ketahui pula jenis sungai menurut airnya.

Pada biasanya, sifat air danau ialah tawar, namun terdapat beberapa danau yg memiliki sifat air cukup asin terlebih bila lokasi danau erat dgn daerah pantai.

Selain itu, danau pula mempunyai bentuk hingga proses terbentuknya danau yg berlainan-beda. Jika ananda lihat danau dr jarak jauh, maka ananda akan melihat bentuk danau yg berbeda, seperti ada yg memanjang atau berupa lingkaran tak tepat.

Bagi ananda yg ingin lebih mengetahui wacana perbedaan jenis danau berdasarkan proses terbentuknya yg ada di Indonesia maupun di luar negeri, ananda mampu simak ulasan ini sampai selesai!

Jenis Danau dr Proses Terbentuknya

1. Danau Tektonik

Terdapat jenis danau tektonik yg terbentuk akhir terjadinya suatu peristiwa tektonik, salah satunya imbas dr terjadinya gempa bumi. Terjadinya gempa yg sering kita rasakan ini menciptakan proses patahan yg ada di permukaan tanah.

Dengan adanya patahan tersebut, permukaan tanah pun akan merosot & membentuk suatu cekungan. Bagian cekung tersebut akan terisi air dr aneka macam sumber yg sudah disebutkan hingga terbentuklah sebuah danau yg kita sering lihat.

  Curah hujan di Indonesia

Ternyata, Indonesia mempunyai beberapa danau tektonik yg beradai di beberapa wilayah tertentu, yakni Danau Singkarak yg terletak di Sumatra Barat dgn pemandangan indah & ajaran air melalui trowongan yg akan menembus ke bukti barisan hingga batang anai.

Adapaun Danau Tempe yg menjadi jenis danau tektonik yg membentang melalui tiga kabupaten, yakni Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidenreng Rappang, hingga Kabupaten Soppeng.

2. Danau Vulkanik

Selanjutnya terdapat danau vulkanik yg terbentuk karena adanya kawah lubang kepunden yg disebabkan oleh letusan gunung berapi. Peristiwa ini terjadi dikala gunung api yg meletus akan mengeluarkan batuan hingga menutup kawasan kepunden yg rontok. Melalui insiden ini, terdapat bekas lubang yg hasilnya akan membentuk danau.

Air dlm danau tersebut berasal dr air hujan yg turun hingga menyanggupi dlm jumlah yg banyak. Terdapat beberapa pola danau vulkanik di indonesia mirip Danau Kerinci yg berada di Jambi & Danau Kelimutu yg ada di Flores.

3. Danau Tektovulkanik

Terdapat jenis danau tektovulkanik yg terbentuk karena adanya proses campuran dr proses vulkanik & proses tektonik. Saat terjadinya gunung api meletus, maka akan ada sebagian tanah ataupun bebatuan yg menutupi penggalan gunung yg patah & merosot yg menciptakan sebuah cekungan yg membentuk danau.

Terdapat jenis danau tektovulkanik di Indonesia adalah Danau Toba yg berada di Sumatera Utara sekaligus menjadi tempat wisata populer dgn kenampakan alam memukau.

4. Danau Karst

Jenis danau karts biasanya ditemukan di kawasan yg penuh dgn watu kapur. Terbentuknya danau karts dikarenakan terjadinya abrasi atau adanya pelarutan watu kapur.

Dengan begitu, bekas erosi akan membentuk suatu cekungan yg dipenuhi dgn air hingga membentuk sebuah danau.

  9 Fakta seputar Danau Toba, Danau Terluas di Indonesia!

Beberapa acuan danau karst di Indonesia adalah Danau Maobu Buton yg terletak di Lalibo, Sulawesi Tenggara.

5. Danau Glasial

Salah jenis danau yg tak ada di Indonesia yakni jenis danau glasial. Sebab jenis danau ini terbentuk lantaran adanya abrasi glasial pada zaman es dilluvium. Penampakan danau jenis ini pun tampakindah & airnya tampaksangat biru.

Kalau ananda penasaran dgn jenis danau glasial, terdapat berbagai jenis danau ini yg didapatkan di mancanegara, mirip Danau Michigan & Danau Ontario yg terletak di sekitar perbatasan Amerika Serikat & Kanada.

Serta terdapat Danau Superior yg menjadi danau air tawar kedua paling besar di dunia & ada pula Danau Mc.Kanzie yg berada di Australia.

Jika ananda ingin tau kenapa jenis danau glasial tak ada di Indonesia, maka jawabannya lantaran jenis danau ini cuma terdapat di kawasan kutub. Apalagi Indonesia hanya mempunyai 3 iklim saja, jadi sungguh tak mungkin ada jenis danau glasial.

6. Danau Buatan

Jenis danau bikinan atau bisa disebut sebagai waduk atau bendungan sangat lazim didapatkan di Indonesia. Jenis danau ini terbentuk lantaran dibentuk oleh insan. Biasanya danau dibentuk untuk memenuhi kepentingan tertentu, seperti untuk irigasi ataupun pembangkit listrik.

Terdapat berbagai macam danau buatan yg bisa ananda datangi selaku tempat wisata menawan, seperti Waduk Jatiluhur di Purwakarta, Waduk Gajah di Wonogiri, hingga Waduk Asahan di Sumatera Utara.

Di sana, ananda akan menyaksikan danau bikinan insan selayaknya mirip danau yg terbentuk lantaran musibah, jadi tak kalah bagus pemandangannya!