close

6 Karakteristik Gunung Meletus yang Wajib Kamu Kenali!

Gunung Meletus tergolong bencana alam yg menakutkan. Indonesia yg terletak di cincin Api Pasifik, yakni salah satu negara yg paling rentan dgn peristiwa gunung meletus. Namun tragedi gunung meletus bisa diantisipasi. Karena pada umumnya gunung api menunjukkan gejala sebelum meletus.

Gunung api yg akan meletus akan memperlihatkan tanda-tanda, yg perlu didiketahui. Berikut merupakan Karakteristik atau gejala gunung meletus.

1. Suhu di Sekitar Gunung Naik

Memingkatnya suhu di sekeliling gunung pasti akan dicicipi oleh penduduk yg tinggal di sekitar gunung berapi, di mana suhu menjadi lebih padas disebabkan oleh aliran magma yg mengarah ke kawah gunung.

2. Mata Air di Sekitar Gunung Mengering

Sumber mata air yg mengering di sebabkan oleh lapisan yg memanas akibat mangma yg merambat diperut bumi, sehingga mampu mengakiatkan sumber sumber air di sekeliling gunung mengering.

3. Terdengar Suara Gemuruh

Suara gemuruh yg keluar dr gunung berapi intensitasnya akan kian sering. Suara gemuruh ditimbulkan dikala gunung berapi akan meletus & biasanya terdengar pada ketika malam hari.

4. Terjadi Gempa Vulkanik

Gempa terjadi lantaran magma yg berada dlm perut bumi yg kian aktif, Selain menjadikan suara gemuruh, menimbulkan panas, pula mengakibatkan getaran-getaran yg sering terjadi dgn intensitas gempa yg cukup tinggi.

5. Terjadi Hujan Abu

Turunya hujan abu ini merupakan suatu tanda gunung berapi akan meletus atau telah mengalami erupsi & kemungkinan akan meletus dgn daya yg sungguh besar.

  Karakteristik hutan : 1) Pepohonannya besar dan tinggi.

6. Keluarnya Awan Panas

Kepulan asap yg keluar dr kawah gunung berapi mengambarkan aktivitas magma semakin tinggi & siap untuk meletus. Asap yg keluar berwarna coklat atau putih dgn kepulan asap yg sungguh besar.